Menjadi Lebih Asri, Ini 7 Jenis Bonsai yang Bisa Jadi Hiasan Rumah

Wajib Dibaca Juga!

Aglaonema, sansevieria, maupun kaktus kerap dijadikan sebagai tanaman hias di rumah. Namun, kalian juga bisa menjadikan tanaman bonsai untuk membawa nuansa alam ke dalam hunian kalian.

Jenis tanaman bonsai telah dijadikan sebagai tanaman hias sejak ratusan tahun lalu. Nilai seni yang tinggi pada tanaman ini menjadikan bonsai memiliki keunikannya sendiri.

Meskipun tidak semua jenis tanaman bisa kalian jadikan bonsai, namun ada jenis tanaman bonsai untuk dirumah yang bisa jadi pilihan kalian sebagai koleksi. Berikut daftar jenis tanaman bonsai yang bisa menjadi pilihan kalian.

1. Bonsai Cemara

Shutterstock/rweisswald

Cemara adalah pohon berdaun semak yang dapat tumbuh di alam liar hingga puluhan meter. Jenis tanaman bonsai ini akan membawa nuansa alami dari pohon cemara ke dalam rumah kalian.

Jenis tanaman cemara yang sering digunakan untuk bonsai adalah cemara sinensis dengan liukan batang yang nyentrik. Jenis cemara ini tak sekadar sebagai koleksi, melainkan juga bisa kalian pamerkan dalam kontes bonsai.

2. Bonsai Bougenville

Shutterstock/silvester A F Diaz

Jenis tanaman bonsai ini memiliki daya tarik pada bunga dan daunnya. Warna tanaman bunga kertas ini mulai dari kuning, putih, pink, ungu, hingga warna magenta. Banyak masyarakat Indonesia yang menanam bougenville jenis glabra berwarna pink keunguan dengan ciri bunga pada tanaman ini tipis namun lebar.

Lantaran memiliki beragam pilihan warna yang cantik, bonsai bougenville banyak diminati untuk hiasan dalam rumah maupun perkantoran.

3. Bonsai Kelapa

Shutterstock/Agustina Dwi Jayanti

Pohon kelapa yang tumbuh tinggi menjulang bisa kalian jadikan sebagai bonsai. Jenis tanaman bonsai yang digunakan yakni kelapa gading merah, gading susu, dan kelapa albino. Meski membuat tanaman kelapa sebagai bonsai tidaklah mudah, namun jika berhasil melakukannya akan menghasilkan nilai seni yang tinggi.

Selain itu, harga jual bonsai kelapa cukup tinggi hingga jutaan rupiah. Semakin tua umurnya, bonsai kelapa akan semakin unik dan mahal.

4. Bonsai Beringin

Shutterstock/Roberto Moreno Gonzalez

Beringin merupakan tanaman yang identik dengan daun yang rimbun dan ukuran yang besar. Karena ukurannya yang besar, beringin jarang ditanam di pekarangan rumah.

Dengan jenis tanaman bonsai ini, kalian bisa meletakkan beringin kerdil di dalam rumah. Bentuk pohon yang kokoh dengan daun rimbun membuat bonsai beringin jadi daya tarik sendiri bagi kolektor bonsai.

5. Bonsai Anggur

Shutterstock/Sergio Arjona

Pohon anggur adalah tanaman tumbuhan merambat yang cukup sulit untuk dibonsai. Akan tetapi, jenis tanaman bonsai ini akan menampilkan karakter pohon anggur bersamaan dengan buahnya, menjadikan tantangan tersendiri bagi penyuka bonsai.

Secara alami pohon anggur menyukai iklim yang panas dan sinar matahari yang tinggi. Sifat itulah yang menjadikan pohon anggur sangat cocok dengan karakter bonsai.

6. Bonsai Sakura

Shutterstock/ko-twin

Bonsai sakura adalah salah satu jenis tanaman bonsai untuk dirumah yang banyak digemari masyarakat. Tanaman yang berasal dari Jepang ini bisa kalian hadirkan di rumah dengan teknik bonsai.

Keindahan bonsai sakura terletak pada warna lembut bunganya. Ketika bunganya mekar bersamaan, akan membuat tanaman bonsai semakin terlihat cantik.

7. Bonsai Kesemek

SoulofJakarta

Kesemek merupakan tanaman yang berasal dari Asia Timur dan Amerika Utara yang cukup familiar digunakan dalam budidaya bonsai. Jenis tanaman bonsai yang sering digunakan yaitu kesemek Amerika dan kesemek Texas.

Tantangan yang akan kalian hadapi dalam membonsai pohon kesemek adalah cabangnya yang kadang tumbuh jarang-jarang. Jadi, sebelum memangkas cabang, kalian harus pastikan itu memang tidak dibutuhkan.

Pohon ini juga tergolong dalam tanaman yang tumbuh lambat sehingga memungkinkan hanya perlu dipindah pot satu atau dua tahun sekali.

Itulah beberapa jenis tanaman bonsai yang bisa menjadikan rumah kalian menjadi rindang dan segar. 

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer