Menyiasati Keterbatasan di Rumah Kecil! Ini 6 Tips Dekorasi Agar Cantik dan Nyaman

Wajib Dibaca Juga!

Sebuah rumah dengan lahan sempit biasanya dibangun dengan gaya rumah kecil atau  minimalis. Maka dari itu, desain interior dan dekorasinya harus menyesuaikan dengan konsep tersebut.

Konsep minimalis yang paling menonjol adalah memiliki bentuk sederhana dan terlihat cantik juga modern. Perabotan dan dekorasi tidak ada yang terlalu dominan atau berukuran besar, sehingga menimbulkan suasana yang nyaman.

Banyak cara yang bisa kalian gunakan untuk mempercantik rumah kecil atau minimalis, misalnya dengan membeli furniture atau cat yang tepat. Tetapi, untuk melakukan dekorasi yang maksimal. Berikut rekomendasi tips dekorasi rumah kecil kalian supaya nyaman dan terlihat cantik.

1. Memilih Warna yang Cerah dan Tetap Netral

Source: Shutterstock/David Hughes

Memiliki hunian dengan gaya minimalis memang terlihat seperti dekorasi rumah sederhana, tetapi setiap sudut harus dipilih agar menemukan unsur yang tepat. Misalnya saja untuk pemilihan cat, dimana sangat krusial untuk menciptakan suasana yang diinginkan.

Tips dekorasi rumah kecil yang bisa kalian lakukan untuk pemilihan cat adalah dengan memilih warna dinding yang terang dan dapat menciptakan kesan modern serta suasana yang nyaman. Warna terang seperti putih, abu-abu dan pastel merupakan ciri khas dari rumah minimalis.

2. Memanfaatkan Cahaya Matahari

Source: Shutterstock/nikkimeel

Pencahayaan alami yang cukup bisa memberi kesan yang lebih nyaman pada hunian kalian. Selain membuat ruangan lebih hangat, tips dekorasi rumah kecil ini tidak merepotkan kalian untuk menambah banyak dekorasi yang justru membuat ruangan jadi berantakan.

Kalian cukup menambahkan tirai tipis sebagai dekorasi yang memungkinkan sinar matahari masuk lebih banyak, serta mencerahkan segala sesuatu yang dilaluinya.

3. Gabungkan dengan Elemen Alami

Source: Shutterstock/Tasha Cherkasova

Tips dekorasi rumah kecil selanjutnya adalah dengan menyeimbangkan tampilan ruang putih dan garis ramping dengan bahan alami, seperti kayu atau keranjang anyaman.

Kalian bisa meletakkan beberapa batang bunga atau tanaman hias yang memiliki warna senada di atas meja untuk mencerahkan suasana.

Salah satu elemen kunci dari gaya minimalis adalah tampilan alami yang sederhana, misalnya tempat duduk atau rak buku yang terbuat dari kayu.

4. Pilihlah Furnitur Multifungsi dan Kecil

Source: Shutterstock/Carlos Amarillo

Karena rumah minimalis memiliki ciri khas sederhana dan minim akan barang, maka tips dekorasi rumah kecil harus menggunakan furniture yang bentuknya simpel dan multifungsi.

Pilihan furniture kecil sebagai dekorasi rumah kecil kalian adalah salah satu cara untuk memunculkan karakter dari rumah itu sendiri.

Contoh perabotan multifungsi yang bisa kalian gunakan adalah meja sekaligus rak buku, kasur dengan rak buku di kolongnya atau kasur tingkat dengan meja belajar di bagian bawah.

5. Gunakan Karpet dengan Motif Modern

Source: Shutterstock/New Africa

Tips dekorasi rumah kecil ini bisa kalian gunakan untuk desain ruang tamu dan keluarga tanpa sekat, kalian bisa menggunakan karpet modern dengan motif kotak besar atau motif abstrak yang mampu memberikan kesan modern pada ruang tamu minimalis yang kalian idam-idamkan.

Motif abstrak dan kotak ini akan memberikan kesan minimalis lebih kuat pada desain ruang tamu kalian. Selain motifnya, kalian juga harus memilih karpet berbahan lembut dan nyaman di kaki untuk menyempurnakan ruang tamu yang minimalis.

6. Temukan Ruang Penyimpanan yang Cerdas

Source: Shutterstock/RYosha

Kalian mungkin belum banyak mengetahui bahwa konsep minimalis adalah tentang menjaga kekacauan seminimal mungkin. Tidak peduli seberapa keras kalian mencoba melakukannya, kebiasaan suka menumpuk barang, pakaian kotor, ataupun piring di wastafel membuat kalian sulit untuk mencapai konsep minimalis.

Namun semua itu bisa diakali dengan tips dekorasi rumah kecil satu ini, yakni dengan memanfaatkan berbagai sudut ruangan untuk penyimpanan cerdas.

Itulah beberapa tips dekorasi rumah kecil yang bisa kalian implementasikan. Dengan begini kalian tidak perlu bingung lagi bagaimana untuk dekorasi terbaik hunian kalian.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer