Tips Ampuh Nabung Untuk Beli Rumah, Cobain Yuk!

Wajib Dibaca Juga!

Banyak orang bercita-cita untuk membeli rumah dengan berbagai macam cara. Nah, untuk bisa membeli rumah kalian bisa mulai menabung dari sekarang. Beli rumah memanglah tidak mudah, oleh sebab itu diperlukan niat, rencana yang matang dan tentunya konsistensi untuk mewujudkan cita-cita mempunyai rumah idaman.

Kalian bisa memulai dengan langkah kecil, untuk memulai semuanya. Jika saat ini kalian masih bingung langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk membeli rumah. Yuk simak sampai habis artikel nabung untuk beli rumah satu ini.

1. Tentukan Harga Rumah yang Ingin Dibeli

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan cara menentukan harga rumah yang akan dibeli. Sebelum mulai menabung tentunya kalian harus tahu berapa target yang ingin dicapai. Oleh sebab itu, ini menjadi langkah yang krusial sebelum kalian menabung.

2. Atur Strategi Penyimpanan

Setelah menentukan harga rumah yang akan kalian beli, selanjutnya bisa atur bagaimana kalian menyimpan uang. Contohnya,  jika ingin mengumpulkan dana untuk DP rumah lakukan penyimpanan deposito jangka pendek selama 1 tahun.  Tips nabung untuk beli rumah satu ini dilakukan agar uang untuk pembayaran uang muka terkumpul tanpa mengalami risiko.

3. Atur Pengeluaran Bulanan

Setelah mengatur strategi penyimpanan, hal yang wajib kalian lakukan agar nabung untuk beli rumah bisa berjalan dengan lancar adalah dengan mengatur pengeluaran bulanan. Mengatur pengeluaran bulanan ini, bisa kalian terapkan dengan cara menyimpan 40% dari penghasilan. Sehingga selama menabung untuk membeli rumah, pengeluaran bulanan kalian tidak terganggu.

4. Tentukan Instrumen untuk Penyimpanan Uang

Dengan menempatkan uang dalam deposito jangka pendek, kalian dapat mengumpulkan uang muka untuk pembelian rumah idaman. Kalian juga dapat menggunakan instrumen investasi untuk meningkatkan sumber keuangan kalian. Sebagai contoh, kalian bisa memilih instrumen emas sebagai salah satu tabungan jangka panjang.

5. Tentukan Jangka Waktu Menabung 

Jika kalian memilih rumah dengan harga yang cukup tinggi, kalian bisa tentukan jangka waktu nabung sesuai dengan harga rumah yang diinginkan. Kalian harus ingat bahwa harga properti rata-rata akan mengalami kenaikan. Tentunya ini mengharuskan kalian untuk meningkatkan tabungan jika ingin mewujudkan rumah impian tersebut.

6. Lunasi Hutang

Hal ini paling penting karena dapat mempengaruhi cash flow saat menabung. Periksa semua hutang yang belum dibayar seperti kartu kredit, cicilan mobil, dll. Lunasi utang sebisa mungkin sebelum memutuskan untuk menghemat uang untuk membeli rumah. Sehingga kalian tidak perlu membayar biaya hidup sehari-hari.

7. Cari Penghasilan Tambahan

Jika kalian merasa penghasilan belum bisa untuk membeli rumah impian, mencari uang tambahan bisa sangat membantu. Carilah pekerjaan freelance yang bisa dikerjakan di mana saja tapi tidak mengganggu pekerjaan utama kalian. Contohnya seperti menulis, desain, dan lain-lain yang bisa dikerjakan secara remote.

8. Terapkan Simpanan Autodebet

Tips nabung untuk beli rumah selanjutnya adalah menyimpan uang dengan menerapkan sistem autodebet akan memudahkan kalian untuk menabung. Ini membuat kalian bisa terus konsisten menabung tiap bulannya, karena bisa langsung ditarik sesuai nominal yang sudah ditentukan di awal. Tak hanya itu, sistem ini juga dapat membantu kalian terhindar dari hal sepele seperti lupa menyisihkan uang untuk tabungan rumah.

9. Investasi

Selain menyimpan dalam deposito atau menabung emas, kalian  juga bisa melakukan investasi jangka panjang seperti saham atau reksadana. Namun, kalian harus tahu risiko dalam melakukan investasi saham atau reksadana ini berbeda dengan deposito maupun emas. Apalagi saham, risiko yang bisa didapatkan cukup tinggi, meski hasil yang akan didapatkan juga bisa lebih tinggi dari deposito atau emas.

Jadi itu dia guys beberapa cara nabung untuk beli rumah yang bisa kalian coba, semoga bisa tercapai ya membeli rumah impian!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer