5 Cara Atasi Bruntusan Untuk Kulit Wajah, Bisa Pakai Teh Hijau?

Wajib Dibaca Juga!

Siapa yang tidak merasa kesal disaat bangun tidur dan melihat wajah di kaca ternyata terdapat beruntusan yang ada di wajah, alias wajah penuh dengan jerawat. Pasti akan membuat suasana hati tidak mengenakan sepanjang hari, terlebih disaat kalian ingin menghadiri acara penting atau pernikahan teman di luar rumah.

Lantas bagaimana cara mengatasi bruntusan dengan cepat. Bruntusan atau biasa disebut dengan  jerawat pasir merupakan jerawat yang muncul ditandai dengan bintil-bintil kecil secara bersamaan.

Karena adanya jerawat ini membuat sebagian orang menjadi kurang percaya diri dengan tampilannya, jenis jerawat ini terasa kasar jika disentuh.

Berikut cara mengatasi bruntusan dengan cepat untuk wajah kalian yang bisa di coba.

1. Mengoleskan Teh Hijau

Shutterstock/kazmulka

Dengan menggunakan teh hijau merupakan salah satu cara mengatasi bruntusan pada wajah. Bahwa teh hijau sudah bukan rahasia umum lagi memberikan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan.

Cara mengatasi bruntusan pada wajah dengan teh hijau kalian bisa membeli produk teh hijau untuk wajah dan tinggal di oleskan saja, banyak yang menjual produk tersebut di pasaran. 

Atau juga kalian dapat memakai sabun muka yang memiliki kandungan teh hijau di dalamnya yang berguna untuk membersihkan wajah dari kotoran dan minyak yang memicu bruntusan.

Kandungan flavonoid dan tanin di dalam teh hijau memiliki kemampuan untuk melawan peradangan dan bakteri penyebab jerawat. Para peneliti telah melaporkan bahwa antioksidan epigallocatechin 3 gallate (EGCG) yang tinggi merupakan kandungan dalam teh hijau.

2. Membuat Masker Madu

Shutterstock/Lordn

Madu memiliki banyak manfaat, selain digunakan sebagai pemanis alami, madu juga memiliki manfaat yang dapat menghilangkan bruntusan dengan cepat. dengan madu ini juga merupakan salah satu cara mengatasi bruntusan.

Madu manuka merupakan salah satu jenis madu mentah yang banyak dipakai dan digunakan untuk obat alami pada jerawat. Kalian juga bisa memakai masker madu untuk mengatasi jerawat tersebut.

Untuk membuatnya kalian cukup mencampurkan madu dengan kayu manis, kemudian oleskan pada kulit wajah kalian, diamkan selama 8-10 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

3. Menggunakan Es Batu

Shutterstock/chesterf

Pasti kalian tidak mengira bahwa dengan es batu merupakan cara mengatasi bruntusan. Selain dapat digunakan untuk minuman, es batu salah satu alternatif mengatasi jerawat pasir.

Hal ini dikarenakan efek dingin yang ada di es berpotensi untung meredakan peradangan sementara waktu, tetapi efeknya juga akan cepat menghilang. Akan tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba es batu sebagai cara mengatasi bruntusan.

Kalian hanya perlu membungkus es batu dengan kain tipis atau bisa menggunakan kain kompres. Setelah itu letakkan kain pada jerawat selama satu menit. Lakukan hal tersebut 1 hinga 2 kali sehari setelah membersihkan wajah.

4. Melembabkan Wajah dengan Lidah Buaya

Shutterstock/sundaemorning

Lidah buaya termasuk tanaman sukulen (batang dan daun tebal) yang telah lama menjadi obat alami jerawat. Gel yang ada pada lidah buaya bisa membuat meredakan bruntusan pada wajah dengan cepat. Hal ini dikarenakan potensi gel yang dapat meningkatkan efektifitas obat penghilang jerawat.

Pernah ada riset tentang perbandingan penggunaan tretinoin topikal dengan dan gel lidah buaya dengan penggunaan tretinoin dan plasebo dalam riset dari Journal of Dermatological Treatment.

Hasilnya kelompok yang menggunakan tretinoin dan lidah buaya memiliki lebih sedikit jerawat yang memerah. Oleh sebab itu lidah buaya merupakan salah satu cara mengatasi bruntusan.

5. Memakai Tea Tree Oil

Shutterstock/Lyubov Levitskaya

Cara mengatasi bruntusan yang terakhir yaitu menggunakan tea tree oil. Tea tree oil atau biasa disebut dengan minyak pohon teh memang dipakai untuk mengatasi kulit berjerawat sudah sejak lama. Tea tree oil dapat mengatasi kulit berjerawat dari yang ringan hingga yang parah. 

Penggunaan sabun cuci muka gel yang mengandung tea tree oil dapat membantu mengatasi jerawat, hal itu telah disebutkan dalam penelitian yang dimuat di Australasian Journal of Dermatology (2017).

Akan tetapi hal ini tidak dapat sembarangan digunakan oleh semua orang. Karena ada beberapa kulit yang memiliki reaksi alergi terhadap minyak tea tree tersebut.

Untuk kalian yang sedang mengalami bruntusan, bisa gunakan beberapa cara di atas. Bisa juga dibarengi dengan makan sehat dan pola hidup sehat agar hasilnya lebih maksimal.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer