Bikin Nostalgia Masa Kecil, Ini Film Indonesia Terbaik Tahun 2000-an

Wajib Dibaca Juga!

Bagi kalian pecinta film khususnya ingin nostalgia sedikit bersama film-film Indonesia tahun 2000-an, pas banget kali ini kita akan bahas film yang bisa bangkitin kenangan kalian nih.

Tentu saja Indonesia banyak memiliki film berkualitas, tapi jika berbicara soal film nostalgia sepertinya lima film ini benar-benar berkesan di masanya. Yuk intip film-film ini, siapa tahu kalian ingin menonton lagi kan.

1. Petualangan Sherina

Source: Pikiran Rakyat

Film ini sudah tentu terkenal dan legend banget ya. “Petualangan Sherina” mengisahkan seorang gadis cerdas nan periang bernama Sherina yang harus pindah rumah dengan sang ayah, Darmawan yang bekerja di perkebunan milik Ardiwilaga.

Mau tidak mau Sherina harus meninggalkan teman-temannya di Jakarta dan melanjutkan sekolahnya di Bandung. Tak butuh waktu lama untuk Sherina bisa beradaptasi di lingkungan barunya. Sifatnya yang bersahabat membuatnya mudah memiliki banyak teman. Di sekolah ini ada juga anak yang tak ingin kalah dengan anak lainnya yaitu Sadam.

Film Nostalgia tahun 2000-an satu ini menampilkan aksi kedua bocah Sherina dan Sadam yang harus menyelamatkan diri dari para penculik, serta mengumpulkan bukti kejahatan sang penculik.

2. Joshua Oh Joshua

Source: Grid-ID

Film Nostalgia satu ini banyak membuat para penontonnya menitihkan air mata. Film ini menceritakan seorang anak bernama Jojo yang merupakan anak pemulung pintar di sekolahnya. Dia berteman dekat dengan Jejen yang juga anak pemulung yang memiliki sejuta mimpi.

Setiap hari Jojo dan Jejen mengamen di pasar untuk mencari uang. Jojo diketahui punya ibu yang jahat yang kerap memarahi dan menyiksanya. Namun, hal itu tidak membuat Jojo benci dengan sang Ibu.

Suatu hari Jojo diketahui bukanlah anak kandung dari sang pemulung. Sampai sini kalian pasti udah pada tau kan? Pasti kangen mau nonton!

3. Ada Apa dengan Cinta

Source: Rappler

Film nostalgia selanjutnya adalah “Ada Apa dengan Cinta” (AADC) yang mengisahkan kisah asmara siswi SMA bernama Cinta dan Rangga. Diceritakan Cinta adalah siswi yang cantik, pintar dan periang dan jago membaca puisi. Cinta juga memiliki hubungan yang erat dengan keempat geng-nya yaitu Alya, Carmen, Maura, dan Milly.

Suatu ketika ada lomba puisi di sekolah dan membuat Cinta dan teman-temannya terkejut karena Cinta tidak menang dalam lomba kali ini. Sebab lomba tersebut dimenangkan oleh Rangga. Ini membuat Cinta sangat kesal.

Hubungan mereka mulai dekat ketika Cinta mengambil buku Rangga yang jatuh dari tangannya dan ia bawa pulang lalu membacanya. Setelah itu buku itu dikembalikan ke Rangga dan ia sangat berterima kasih pada Cinta.

4. Laskar Pelangi

Source: Universitas Ciputra

Film nostalgia “Laskar Pelangi” diadaptasi dari novel best seller dengan judul yang sama karya Andrea Hirata. Film yang disutradarai oleh Riri Riza ini menceritakan kehidupan sekumpulan anak yang bersekolah ini bernama SD Muhammadiyah Gantong Pulau Belitung.

Sekolah ini adalah satu-satunya tempat bersekolah anak-anak miskin di desa tersebut. SD ini juga terancam ditutup oleh dinas pendidikan karena kekurangan murid. Pemerintah memberi syarat minimal ada 10 siswa yang bersekolah namun hanya ada sembilan siswa yang mendaftar di SD tersebut.

Saat itu kepala sekolah hampir menyerah, tapi salah satu guru tetap percaya akan ada satu lagi siswa yang mendaftar. Kemudian, nasib sekolah terselamatkan dengan hadirnya Harun dan Lintang.

Sejak saat itu, Bu Muslimah mendidik ke 11 muridnya dengan segala keterbatasannya dan menamai mereka dengan julukan anak-anak Laskar Pelangi.

Jadi itulah empat film nostalgia di tahun 2000-an yang bikin kamu kangen. Film-film terbaik ini akan selalu memikat dengan jalan cerita yang menarik. Kalau kamu sendiri suka film yang mana?

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer