Kalian Susah Tidur? Ini 4 Obat Alami untuk Insomnia

Wajib Dibaca Juga!

Salah satu kebutuhan tubuh kalian adalah tidur. Sayangnya, masih banyak orang mengeluh susah tidur alias insomnia. Cara paling mudah untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan menerapkan sleep hygiene. Kalian bisa juga dengan perawatan dokter, seperti mengikuti terapi atau minum obat tidur.

Susah tidur tidak hanya membuat mata mengantuk. Dalam jangka panjang, kekurangan tidur bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Mulai dari gampang sakit hingga rentan mengalami kecelakaan yang mungkin bisa mengancam keselamatan jiwa.

Dokter biasanya akan merekomendasikan kalian untuk melakukan terapi perilaku kognitif untuk mengatasi insomnia, minum pil tidur, atau suplemen yang mengandung melatonin.

Namun, ada cara lain yang mungkin bisa kalian pertimbangkan, yakni minum obat insomnia alami (herbal), seperti berikut:

1. Teh Chamomile

Shutterstock/teatian

Chamomile adalah obat insomnia alami yang bisa kalian pilih. Menurut studi pada Journal of advanced nursing menunjukkan bahwa teh chamomile dapat mengurangi masalah tidur pada ibu yang baru saja melahirkan.

Efek menenangkan dari chamomile bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks, sehingga membuat ibu yang baru saja melahirkan dapat tidur lebih mudah.

Teh chamomile beda dengan teh dari pucuk daun teh, yang mengandung kafein yang mungkin bisa menyebabkan susah tidur pada orang yang sensitif.

Teh ini dibuat dari daun, bunga, dan batang chamomile kering yang kemudian diseduh dengan air panas dengan tambahan madu dan perasan jeruk lemon.

2. Akar Valerian

Shutterstock/beta7

Valerian adalah tanaman herbal asal Eropa dan sebagian wilayah Asia. Sudah bertahun-tahun lamanya, akar valerian sering digunakan sebagai pengobatan alami untuk mengatasi gejala kecemasan, depresi, menopause, hingga  sulit tidur.

Bagi kalian penderita insomnia, obat insomnia alami yang satu ini mungkin bisa membantu. Beberapa penelitian pun telah melaporkan bahwa dengan mengkonsumsi 300-900 mg valerian sebelum tidur dapat memicu rasa kantuk lebih cepat, sekaligus meningkatkan kualitas tidur.

Penelitian yang dimuat dalam American Journal of Medicine menyatakan bahwa asupan valerian jangka pendek masih tergolong aman untuk dewasa. Yang terpenting, akar valerian sebaiknya tidak ibu hamil dan menyusui konsumsi.

3. Makanan mengandung glycine

Shutterstock/nnattalli

Glycine merupakan obat insomnia alami asam amino yang memainkan peran penting dalam kerja sistem saraf tubuh. Studi pada salah satu jurnal menunjukkan bahwa zat ini dapat kembali ritme sirkadian, yakni jam biologis tubuh yang mengatur waktu kalian untuk bangun dan tidur.

Caranya dengan mengaktivasi reseptor NMDA di suprachiasmatic nucleus (SCN), yaitu bagian otak yang mengendalikan ritme sirkadian. Dengan begitu, ritme sirkadian bisa berfungsi lebih baik dan membuat tidur kalian juga jadi lebih nyenyak.

Kalian bisa mendapatkan zat ini dari berbagai makanan seperti ikan, daging sapi, kacang kedelai, dan daging ayam.

4. Lavender

Shutterstock/Halil ibrahim mescioglu

Obat insomnia alami tidak selalu dalam bentuk makanan atau ekstrak yang bisa kalian konsumsi. Kalian juga bisa memanfaatkan dalam bentuk minyak aromaterapi seperti lavender.

Pada sebuah jurnal tahun 2015 menunjukkan peserta yang menghirup minyak esensial lavender selama 2 minggu rutin, melaporkan dapat tidur dengan mudah dan tidak terbangun di malam hari.

Efek ini berasal dari komponen linalool yang berinteraksi dengan zat kimia otak GABA untuk merelaksasikan otak sehingga membantu menghilangkan kecemasan dan stres yang mengganggu tidur.

Itulah 4 obat insomnia alami yang bisa kalian gunakan. Mengatasi insomnia tidak hanya bisa kalian lakukan dengan minum obat herbal saja. Kalian juga perlu menerapkan gaya hidup yang mendukung agar tidak lagi insomnia.

Contohnya tidur lebih awal dan bangun pagi secara rutin, menghindari minum kopi atau makan malam menjelang tidur, serta menahan diri untuk bermain ponsel di kamar tidur.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer