Mau Mengatasi Masalah Tidur? Coba 7 Makanan Ini

Wajib Dibaca Juga!

Jika kalian sering begadang karena kesulitan tidur, salah satu penyebabnya bisa karena kalian masih memikirkan sesuatu atau kebiasaan yang tidak sehat, seperti ngemil, main game, menonton drama atau film hingga larut malam, atau bekerja.

Sulit tidur atau insomnia, memang bisa menyerang siapa saja. Walaupun banyak cara yang dilakukan seperti tidur lebih awal, namun bagi sebagian orang akan tidak berdampak apapun.

Untuk menghindari minum obat tidur setiap harinya, kalian dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang produktif sehingga membantu kamu tidur lebih cepat. Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi makanan-makanan tertentu sebelum tidur.

Berikut rekomendasi minuman dan makanan untuk mengatasi insomnia yang dapat membantu kalian.

1.  Pisang

ShutterstockPaulo Vilela

Pisang merupakan buah-buahan yang dapat membantu kalian yang mengalami kesulitan tidur. Karena pisang memiliki kandungan zat magnesium dan kalium, serta triptofan sehingga membuat otot lebih rileks.

Kandungan triptofan pada buah pisang juga membantu untuk memicu produksi zat serotonin di otak.

2. Salmon

Shutterstock/Maria_Usp

Makanan untuk mengatasi insomnia selanjutnya adalah salmon. Bukan rahasia umum lagi kalau salmon memiliki kandungan yang kaya akan omega 3. Ternyata kandungan asam lemak omega 3 di ikan salmon bisa untuk mengurangi hormon stress yang juga dapat menenangkan pikiran.

Kalian dapat mengkonsumsi ikan salmon yang dipanggang dengan olive oil lalu sajikan dengan saus kesukaan. Tambahkan juga berbagai sayuran hijau untuk menambahkan cita rasa.

3. Buah Ceri

Shutterstock/Melica

Sebuah studi mengungkapkan bahwa buah ceri terbukti dapat meningkatkan zat melatonin dalam tubuh. Kandungan melatonin di buah ceri menjadi yang tertinggi dibandingkan dengan buah lainnya.

Kandungan melatonin yang tinggi dalam buah ceri ini dapat menjaga kesehatan sel-sel di tubuh. Sel yang sehat dapat membuat tubuh semakin sehat. Hal ini lah yang membuat buah ceri merupakan makanan untuk mengatasi insomnia.

4. Kacang Almond

Shutterstock/Krasula

Sama seperti pisang. Kacang almond juga salah satu makanan untuk mengatasi insomnia. Almond dikenal sebagai pengganti cemilan yang baik bagi seseorang yang sedang diet. Karena memiliki kandungan nutrisi yang sangat kaya, misalnya kandungan serat yang tinggi, protein, dan lemak tak jenuh di dalamnya.

Selain itu, kacang almond memiliki kandungan magnesium dan triptofan, sama seperti buah pisang. Zat ini dapat membantu otot tubuh kalian menjadi lebih rileks.

5. Sayuran hijau

Shutterstock/Daxiao Productions

Sayuran hijau diketahui banyak mengandung serat, vitamin, magnesium, kalsium dan sebagainya. Misalnya seperti sayur bayam dan pakcoy, memiliki kandungan yang kaya akan magnesium dan Vitamin B.

Sehingga menjadi makanan untuk mengatasi insomnia. Dengan mengkonsumsi sayuran ini dapat membuat tidur kalian menjadi lebih nyenyak dan pulas.

6. Susu

Shutterstock/Pixel-Shot

Sejak kecil pasti kalian sering diberikan nasihat dari orang tua untuk minum susu sebelum tidur. Jika iya, maka pertahankanlah rutinitas tersebut ya!

Karena susu dapat menjadi obat penenang dan membuat tidur kalian menjadi lebih pulas. Susu kaya akan kandungan kalsiumnya yang dapat membantu dalam merangsang otak dalam memproduksi hormon melatonin yang dapat membuat tidur kalian lebih nyenyak.

7. Alpukat

Shutterstock/Larisa Blinova

Makanan untuk mengatasi insomnia yang terakhir adalah buah alpukat. Mungkin banyak yang belum tahu bahwa alpukat dapat membantu mengatasi insomnia.

Alpukat mengandung vitamin B yang cukup tinggi, sehingga dapat mengatur kualitas tidur kalian. Dengan mengkonsumsi alpukat saat makan siang dan malam hari dapat membuat kalian tidur lebih nyenyak.

Nah, segera coba makanan diatas ya biar kalian tidak terganggu insomnia lagi. Selamat tidur ya!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer