Trend Thrift Shop, Kamu Harus Tahu ini!

Wajib Dibaca Juga!

Saat ini, berbelanja secara thrift atau thrift shop menjadi sangat populer. Karena metode belanja ini bisa membuat kamu berkesempatan mendapatkan fashion dengan kualitas terbaik meski bekas pakai atau seken dengan harga miring. Bahkan, tren belanja ini digadang-gadang bisa membantu mengurangi limbah pakaian, lho!

Jadi, Apa Itu Thrift?

Singkatnya thrift adalah berbagai produk seken atau bekas baik lokal maupun impor. Biasanya terdiri dari barang-barang yang ditawarkan dengan harga yang sangat murah. Mulanya, arti kata thrift adalah keberuntungan. Jadi, secara sederhananya thrift mengacu pada perlakuan ekonomis yang dilakukan oleh masyarakat yaitu dengan menghemat biaya yang dikeluarkan saat pembelian suatu produk dan diyakini lebih beruntung karena bisa lebih menghemat.

Kini, toko barang bekas atau thrift store tak hanya menawarkan pakaian, kamu bisa menjumpai berbagai produk lainnya, seperti peralatan rumah tangga, mebel, dan masih banyak lagi. 

Berbagai Manfaat Belanja di Thrift Shop

Dengan mayoritas tekstil dan garmen bisa dibilang tidak mudah didaur ulang. Hadirnya thrift adalah solusi terbaik yang bisa kamu pilih untuk membantu mengurangi berbagai dampak negatif tersebut. Berikut manfaat lain dengan berbelanja di thrift shop ini :

1. Bisa Menghemat Anggaran

Menggunakan barang branded dengan harga miring tentu menjadi incaran setiap orang. Nah dengan konsep thrift yang menjual produk impor bekas pakai ini sudah pasti harganya lebih murah sehingga kamu bisa menghemat anggaran bukan? Meskipun harganya terbilang murah, tapi produk yang ditawarkan tidak murahan kok.

2. Bisa Mendapatkan Barang Langka

Bagi pecinta fashion style era 70-80an, ataupun produk lainnya seperti buku maupun koleksi untuk dijadikan koleksi. Konsep belanja thrift ini memberikan kesempatan untuk memperoleh produk tersebut yang bisa dibilang langka lho.

3. Barang Baru Setiap Waktu

Menariknya dalam konsep berbelanja thrift ini kamu akan menemukan produk baru secara terus menerus. Hal ini dapat membuat kamu tidak bosan untuk berbelanja.

Nah, setelah mengetahui keuntungan berbelanja thrift, berikut tips belanja di thrift store nih :

1. Pastikan Warna Tidak Kusam

Yang pertama dapat dilihat dalam memilih produk thrift adalah warna. Oleh karena itu, pastikan kamu mendapatkan produk dengan warna yang cerah dan tidak kusam.  Maksud dari pemilihan warna ini juga bermaksud melihat kualitas serta perawatan produk tersebut oleh pemilik seblumnya.

2. Cek Kebersihannya

Periksa dengan teliti apakah pakaian yang hendak kamu beli masih dalam kondisi terbebas dari noda. Jangan lupa untuk mencuci pakaiannya sebelum kamu memakainya. Meskipun saat ini sudah banyak thrift shop yang menjual dalam keadaan sudah di cuci dan pastikan

3. Kualitas

Kualitas pasti menjadi hal yang paling kita perhatikan saat membeli suatu produk. Meskipun pada produk thrift kemungkinan besar memiiki kualitas yang bagus, karena berasal dari fashion brand terkenal. Kamu tetap perlu teliti dalam melihat kualitas produknya seperti, terdapat sobekan yang tidak terlihat mata, kancing yang terlepas, resleting yang tidak ada, dan lain sebagainya.

Selain itu, sering dijumpai produk thrift dengan kualitas original ataupun premium. Hal ini para pemburu thrift shop dan penjualnya perlu memiliki wawasan terhadap produk thrift yang dibeli atau dijual.

Meskipun begitu berbelanja barang bekas atau thrift shop memang menghadirkan pengalaman seru tersendiri. Siapa tahu kamu beruntung mendapatkan pakaian impor yang sudah lama diinginkan. Jangan lupa lakukan tips dan selamat mencoba!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer