Bingung dengan “Jendela Makan” Diet OCD Deddy Corbuzier? Simak Begini Caranya

Wajib Dibaca Juga!

Ada berbagai jenis diet yang sudah tidak asing lagi, seperti diet mayo, diet paleo, diet alkaline, diet sehat air putih, dan masih banyak lainnya. Tidak sedikit pula orang yang menggunakan jalur singkat dengan menggunakan suplemen dan obat-obatan.

Beberapa tahun belakangan ini diet bernama OCD atau Obsessive Corbuzier’s Diet sedang naik daun. Diet ini dicetuskan oleh podcaster Deddy Corbuzier pada tahun 2013 silam. Hingga kini, banyak orang yang telah merasakan bagusnya diet OCD ini.

Berbeda dari jenis diet lainnya, diet ini mengenalkan konsep “Jendela Makan”. Maksudnya adalah kamu bebas makan dengan batas porsi normal pada jam tertentu. Masih bingung? Simak bagaimana cara diet OCD di bawah ini ya!

1. Jendela Makan Pertama

Source: Pexels

Di jendela makan diet OCD pertama, kamu memiliki waktu makan selama 8 jam lalu dilanjutkan berpuasa selama 16 jam. Contohnya, kamu bisa mulai makan pukul 10 pagi, kamu akan bebas makan apapun dalam jumlah normal hingga 8 jam kemudian, tepatnya pukul 6 sore.

Lalu, 16 jam ke depan kamu harus berpuasa atau tidak makan makanan apa pun kecuali minum. Tapi ingat, hanya minum air mineral dan bukan minuman lain ya.

Jendela makan pertama diet ini diperuntukan para pemula ya, jika tubuh kamu sudah bisa beradaptasi maka kamu bisa lanjut ke tingkatan selanjutnya.

2. Jendela Makan Kedua

Source: Pexels

Nah, jika kamu sudah beradaptasi dengan jendela makan pertama, maka kamu bisa lanjut ke diet OCD tahap ini. Tentu saja disini kamu memiliki jendela waktu yang berbeda, yakni dengan waktu bebas makan selama 6 jam dan sisanya 18 jam kamu harus berpuasa.

Jika tubuh kamu merasa ‘kaget’ saat awal-awal menggunakan jendela makan kedua maka kamu bisa mix atau mengkombinasikan dengan jendela makan pertama. Misalnya, jika 4 hari pertama kamu menggunakan jendela makan pertama, maka 3 hari sisanya kamu menggunakan jendela makan kedua.

Lakukan ini hingga tubuh kamu sudah terbiasa dengan jendela makan kedua diet OCD.

3. Jendela Makan Ketiga

Source: Pexels

Setelah terbiasa pada jendela makan kedua, maka kamu bisa meningkatkan ke diet OCD jendela makan ketiga. Di sini, waktu kamu semakin terbatas, yakni bebas makan selama 4 jam dan 20 jam sisanya kamu harus berhenti makan atau berpuasa.

Sama seperti kamu melatih diri dengan jendela makan kedua, di tahap ketiga diet OCD ini kamu bisa mix dari jendela makan pertama hingga ketiga dalam waktu seminggu hingga tubuhmu terbiasa.

4. Jendela Makan Keempat

Source: Pexels

Yang terakhir adalah tahap diet OCD yang cukup mengerikan didengar karena kamu harus berpuasa full selama 24 jam. Lalu, kapan kamu diberi waktu untuk makan? Kamu dibebaskan untuk makan sesuai jam pilihanmu, namun 24 jam kemudian kamu harus berpuasa.

Contohnya jika kamu makan pukul 10 pagi, maka kamu boleh makan lagi pada pukul 10 pagi keesokan harinya. Tentu saja, agar tubuhmu tidak drop tiba-tiba kamu bisa mengkombinasikan dengan jendela makan lainnya. Hingga tubuhmu benar-benar bisa beradaptasi.

Itulah, 4 cara melakukan diet OCD dengan benar. Hendaknya kamu mengikuti sesuai dengan jendela waktu dari pertama hingga keempat.

Perlu diingat ya, jangan memaksakan diri untuk langsung mencoba jendela makan kedua atau keempat langsung. Atau tubuhmu akan drop dan justru akan membuatmu sakit.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, kamu bisa menerapkan rutin berolahraga dan banyak minum air putih. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer