Kenali Jenis-jenis Gaya Untuk Berenang, Mudah Dipelajari!

Wajib Dibaca Juga!

Renang adalah salah satu  olahraga yang paling populer dan memiliki kejuaraan internasional sendiri. Ada sekitar tujuh jenis gaya renang yang harus dipahami saat belajar berenang, terutama untuk keperluan olahraga. 

Saat berenang, hampir semua bagian tubuh bergerak. Tentunya ini baik untuk menjaga kebugaran dan kesehatan. Tidaklah mengherankan bahwa berenang sering digunakan untuk menyehatkan dan menenangkan tubuh. 

Apakah kalian ingin menguasai olahraga renang? Yuk simak 7 jenis gaya renang berikut! 

1. Gaya Bebas 

Shutterstock/Gorodenkoff

Gaya bebas adalah salah satu gaya paling terkenal dan paling banyak digunakan. Di antara gaya lainnya, gaya ini paling mudah dipelajari, cepat dan efektif. 

Sementara teknik pernapasan menggunakan posisi tangan saat berada di atas kepala untuk mengayuh, kepala digoyang ke kanan atau ke kiri untuk menarik napas melalui mulut. 

Cara melakukan gaya bebas pertama-tama berbaring menyamping di air, lalu arahkan jari-jari kaki kalian, lalu dorong dengan gerakan naik turun yang cepat dan penuh tenaga. Sementara itu, dua tangan kalian harus terus mengayuh.

2. Gaya Punggung 

Shutterstock/sportpoint

Serupa dengan teknik gaya bebas, gaya punggung dilakukan dengan teknik yang sama, tetapi dilakukan dengan menggunakan backhand. 

Teknik pernapasan gaya punggung mudah dilakukan karena kepala menghadap ke atas. 

Cara melakukan jenis gaya renang ini adalah gaya punggung dilakukan dalam posisi terlentang horizontal. Lalu kaki kemudian ditendang dengan tendangan pendek dan terus menerus. Selama waktu ini, lengan bergerak bergantian.

 3. Gaya Dada 

Shutterstock/Peakstock

Gaya dada adalah gaya renang yang sering diajarkan kepada pemula karena tekniknya yang relatif mudah dipelajari. Selain itu, gaya renang ini tidak mengharuskan kalian untuk menahan kepala mereka di dalam air, membuat pernapasan lebih mudah. 

Mirip dengan gaya bebas, tubuh bergerak antara posisi yang lebih horizontal dan posisi pemulihan yang lebih tegak, dimana tubuh ditarik keluar dari air untuk bernafas. 

Cara melakukan jenis gaya renang ini adalah dengan dua kaki melakukan tendangan “katak” secara simetris dengan menarik kedua kaki ke arah bokong, lalu menendangnya ke samping dengan gerakan melingkar sampai saling menyentuh.

Saat melakukan jenis gaya renang ini, kalian dapat membayangkan  kaki katak. Sementara itu, lengan bergerak dalam pola seperti segitiga simetris.

4. Sayap Kupu-kupu 

Shutterstock/YES Market Media

Gaya pukulan yang berbeda, pukulan kupu-kupu adalah teknik lanjutan dan cukup sulit untuk dipelajari. Meski harus melalui proses belajar yang melelahkan, teknik ini juga sangat menyenangkan untuk dilakukan. 

Cara melakukan jenis gaya renang ini adalah dengan meletakkan tubuh dalam posisi  horizontal di atas perut. Kemudian tubuh bergerak bergelombang, diikuti dada lalu pinggul.

5. Gerakan Samping 

Shutterstock/sirtravelalot

Gerakan samping pinggul adalah salah satu teknik renang lama yang jarang digunakan dalam kompetisi. 

Namun, gaya ini penting dipelajari untuk pertahanan diri. Oleh karena itu, penyelamat sering menggunakan model ini saat melakukan misi penyelamatan. 

6. Gaya Trudgen  

Isle of Dogs Life – wordpress.com

Gaya trudgen dikembangkan oleh perenang Inggris John Trudgen, dikembangkan dari gaya samping. Dari segi teknik dan bentuk, gaya ini merupakan kombinasi gaya bebas dan gaya samping. 

Cara melakukan jenis gaya renang ini adalah dengan lengan kiri diangkat, kaki satunya diluruskan untuk bersiap menendang. Kemudian, saat lengan diturunkan, luruskan kaki dan rapatkan untuk melakukan tendangan gunting. 

7. Dog Style 

Shutterstock/Kudryashova Vera

Seperti namanya, teknik pukulan anjing adalah pukulan, pukulan yang menggunakan gerakan anjing saat berada di dalam air. 

Cara melakukan jenis gaya renang ini adalah dengan kepala  di atas air. Lalu kaki dan tangan bergerak seperti anjing.

Jadi itulah 7 jenis gaya renang yang bisa kalian coba. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer