Lakukan 7 Hari Workout Plan Ini untuk Turunkan Berat Badan, Pasti Efektif!

Wajib Dibaca Juga!

Ketika kamu ingin mulai diet, merubah gaya hidup menjadi lebih sehat adalah langkah penting pertama. Selain menjaga pola makan yang teratur dan sehat diperlukan juga olahraga teratur untuk memaksimalkan diet.

Kadang kita suka bingung ingin melakukan olahraga apa atau merasa bosan dengan olahraga yang sama setiap hari. Nah, untuk itu diperlukan perencanaan untuk olahraga mingguan dan menentukan olahraga apa saja yang akan dilakukan.

“Membuat workout plan untuk menurunkan berat badan setiap minggu membuat Anda seimbang dalam hal kebugaran, dengan variasi gerakan dari kardiovaskular dan kekuatan,” kata Sarah Chadwell, pelatih pribadi bersertifikat.

Chadwell memberikan workout plan untuk menurunkan berat selama 7 hari agar dapat menciptakan defisit kalori yang aman, yang memungkinkan penurunan berat badan secara signifikan setiap minggu.

Hari 1: Kaki dan Kardio

Source: Pexels

Di hari pertama kamu bisa latihan kardio dan beberapa otot besar seperti kaki. Chadwell mengatakan latihan gabungan antara kardiovaskular dan kekuatan sangat efektif membakar lemak dan meningkatkan daya tahan otot serta kardiovaskular.

Hari 2 : Latihan Dada

Source: Pexels

Kebanyakan wanita menganggap latihan dada adalah olahraga favorit pria, namun untuk wanita itu juga tak kalah penting lho. Melatih dada dapat membantu para wanita meningkatkan postur dan kekuatan tubuh bagian atas.

Untuk melakukan workout plan untuk menurunkan berat satu ini kamu cukup lakukan latihan dada sebanyak tiga set dengan 15-20 repetisi. Setelah itu kamu dapat beristirahat selama satu menit di setiap setnya. Untuk latihan ini pilihlah kombinasi latihan yang berbeda setiap minggunya.

Hari 3: Latihan HIIT

Source: Pexels

Di hari selanjutnya kamu bisa melakukan latihan HIIT. Latihan HIIT (latihan interval intensitas tinggi) adalah bentuk latihan yang telah terbukti meningkatkan metabolisme dan membangun kekuatan, mengemas manfaat yang sama dari latihan aerobik intensitas rendah dan sedang dalam waktu yang jauh lebih singkat.

Kamu bisa melakukan latihan HIIT 10-30 menit sekali latihan, dengan waktu pendek kalori yang keluar justru besar karena untuk melakukan workout plan untuk menurunkan berat satu ini memerlukan banyak energi.

Hari 4: Istirahat

Source: Pexels

Istirahatlah! Ya, istirahat juga diperlukan dalam workout plan untuk menurunkan berat untuk pemulihan. Bahkan, untuk kamu pemula mungkin perlu waktu istirahat hingga tiga hari sampai tubuh kamu terbiasa dengan tekanan olahraga. Jika Anda tetap ingin olahraga, dengan latihan ini dapat membantu menenangkan otot kamu yang sakit.

Hari 5: Tubuh Bagian Atas dan Lengan

Source: Pexels

Banyak wanita tidak melakukan latihan untuk tubuh bagian atas mereka. Banyak alasan yang menyertainya. Namun ini juga penting, cobalah latihan mengangkat beban untuk melatih otot lengan, awali dengan bobot yang ringan.

Hari 6: Circuit Training

Source: Pexels

Workout plan untuk menurunkan berat selanjutnya adalah latihan sirkuit. Ini efektif untuk menggerakan seluruh tubuh hanya dalam satu sesi, dengan latihan untuk membangun otot sekaligus kardio untuk mengikis lemak. Cobalah latihan sirkuit yang berfokus pada inti atau rutinitas berat badan untuk memperkuat perut, lengan, dan kaki.

Hari 7: Punggung

Source: Pexels

Di akhir minggu kamu bisa melakukan pelatihan punggung, ini membantu membentuk postur tubuh dengan tepat. Latihan punggung atas dan tengah membantu mencegah nyeri punggung bawah dan cedera. Oleh karena itu, kamu harus melakukan latihan punggung secara efisien.

Itulah workout plan untuk menurunkan berat badan yang bisa kamu coba di rumah. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer