Mengenal Gym dan Fitness, Apa Sih Bedanya?

Wajib Dibaca Juga!

Mulai menjalani hidup sehat biasanya dibarengi dengan pola makan yang sehat dan olahraga teratur. Mungkin beberapa dari kalian berpikiran untuk ikut kelas olahraga. Nah, pada tahap awal mungkin kalian akan dibingungkan dengan perbedaan antara fitness dan gym.

Ya, banyak orang bingung akan perbedaan fitness dan gym. Ini sangat wajar sebab istilah dua kata dan arti yang hampir mirip. Lalu, apa sih perbedaannya? Simak ulasan di bawah ini ya.

Gym

Shutterstock/4 PM production

Untuk mengenal perbedaan fitness dan gym, mulai dengan membahas apa itu gym. Studio atau tempat gym adalah tempat untuk melakukan berbagai aktivitas fisik. Umumnya, tempat gym ini berupa ruangan indoor yang lengkap dengan berbagai alat-alat olahraga.

Tempat gym didesain untuk olahraga angkat beban, strength training, dan masih banyak lagi. Namun, biasanya dalam satu tempat gym tidak disediakan kelas terpisah yang ditawarkan studio olahraga seperti kelas zumba, aerobik, dan lain-lain. 

Hanya saja, tempat gym dipenuhi alat yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan setiap pelanggan yang datang. Setiap orang di sini biasanya berlatih sendiri dan bukan berkelompok. Namun di tempat gym biasanya disediakan trainer untuk pemula atau orang yang membutuhkan.

Fitness

Shutterstock/Mix Tape

Berbeda dengan gym, fitness adalah gaya hidup sehat dan kegiatan yang tidak hanya sebatas angkat beban. Di dalamnya banyak aktivitas fisik yang dilakukan seperti sit up, push up, atau olahraga lain seperti berenang, bersepeda, dan masih banyak lagi.

Untuk melakukan kegiatan ini tidak diperlukan tempat khusus. Kalian bisa melakukannya di mana saja. Kesamaan dari fitness dan gym terletak pada tujuannya, yaitu untuk membuat tubuh lebih sehat dan bugar.

Selain itu, ada juga yang disebut dengan fitness center. Ini mirip dengan gym, bisa untuk melakukan aktivitas fisik. Dulunya ini dinamakan health club.

Banyak jenis dan bentuk dari fitness center, dengan beragam kelas-kelas yang dapat diikuti. Jadi di sini, ada jadwal kelas yang bisa diikuti sesuai dengan fleksibilitas anggotanya.

Lebih jauh lagi, perbedaan gym dan fitness center ada di fitur dan infrastrukturnya. Fitness center biasanya lebih lengkap dengan adanya fasilitas kolam renang, lapangan, klinik, loker, kamar mandi, dan lain-lain.

Tidak menutup kemungkinan juga bahwa orang yang ikut kegiatan fitness center dapat menemukan komunitas baru. Jadi, jangan heran apabila Anda bisa menemukan lingkungan atau komunitas baru saat beraktivitas di fitness center

Manfaat gaya hidup sehat

Shutterstock/Maridav

Setelah memahami perbedaan fitness dan gym, menarik juga untuk mengulik manfaat menjalani gaya hidup sehat atau manfaat yang bisa kamu dapatkan saat melakukan gaya hidup sehat. Apabila kalian pemula yang memutuskan untuk mendaftarkan diri menjadi anggota gym atau fitness center, berikut ini ulasannya.

  • Mengusir stress

Setelah melakukan aktivitas seharian yang sulit dan membuat pikiran menjadi tidak tenang, olahraga di gym bisa jadi obat pengusir stres yang ampuh. Memang saat melakukan olahraga tubuh akan berkeringat, tapi disitulah bentuk relaksasi yang baik.

  • Sumber motivasi

Jika kalian tipe orang yang memerlukan motivasi untuk konsisten olahraga, daftar sebagai anggota gym atau fitness bisa jadi pilihan. Sebab, jika sudah membayar rasanya sangat sayang untuk melewatkan kelas olahraga. Dan ini akan menjadi kebiasaan hidup sehat baru.

  • Bertemu teman baru

Di tempat gym dan fitness kalian bisa memperluas koneksi dengan mengenal teman-teman yang suka olahraga. Ini bisa terwujud baik saat bergabung dalam gym, fitness center, maupun olahraga virtual. Ini akan membuat sesi olahraga makin seru.

Nah jadi itulah perbedaan gym dan fitness yang harus kalian ketahui. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk kalian.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer