Kalian Mau Jadi YouTuber Pemula? Ini 6 Kamera yang Bisa Kalian Andalkan

Wajib Dibaca Juga!

Membuat konten di YouTube kini telah menjadi ladang uang yang sangat menguntungkan jika kalian tahu cara mengelolanya dengan benar. Agar kalian bisa menjadi YouTuber yang sukses, tentunya kalian akan membutuhkan kamera YouTuber untuk vlog yang mumpuni.

Hal ini tentu akan mempengaruhi hasil video. Jika video yang kalian hasilkan buram atau tidak jernih, maka penonton akan merasa tidak nyaman menikmati video kalian. Maka dari itu, penting bagi kalian untuk memilih kamera yang baik dan berkualitas.

1. Fujifilm X-A10

Source: Shutterstock/wanrung stock

Kalian mencari kamera untuk vlog dengan harga terjangkau? Maka Fujifilm X-A10 bisa jadi pertimbangan kalian. Kamera untuk Youtuber ini adalah kamera mirrorless yang dilengkapi dengan lensa kit 16-50mm f/3.5-5.6 OIS II. Dalam kamera ini, memiliki rentang ISO 200-6400 dan terdapat  pula sensor APS-C beresolusi 16,3 MP.

Layar kamera ini juga dapat ditekuk hingga 180 derajat dan ada pula fitur eye-detection AF dan Portrait Enhancer untuk meningkatkan detail subjek kualitas foto. Dengan budget mulai Rp2,5 jutaan saja, kalian sudah bisa memiliki kamera ini.

2. Canon EOS 1200D

Source: Shutterstock/Litepix

Brand yang terkenal dengan seri kamera DSLR ini sangat cocok untuk kalian yang mencari kamera untuk YouTuber pemula. Canon EOS 1200D ini hadir dengan sensor APS-C CMOS 18MP, prosesor Digic 4, sensitivitas ISO 100-6400, kualitas video capture hingga 1080p HD dengan pengaturan exposure.

Kamera ini dibanderol mulai dari Rp2 jutaan dan cocok untuk dipertimbangkan buat kalian yang mempunyai budget lebih. Jika diperlukan, kalian juga bisa membeli lensa tambahan untuk menunjang konten akun YouTube kalian.

3. Panasonic Lumix GH5

Source: Shutterstock/Bauhauze

Kamera untuk YouTuber berikutnya adalah Panasonic Lumix GH5. Kamera yang digunakan oleh Deddy Corbuzier ini dijual dengan harga sekitar Rp22 jutaan. Dengan harga yang fantastis, kualitas dari kamera ini sudah tidak harus dipertanyakan lagi.

Kamera ini memiliki kemampuan merekam video 4K 4:2:2 10-bit, dengan frame rate hingga 60 fps, dan video Full HD hingga 80 fps secara internal. Jika diperlukan, kalian juga bisa menambah aksesoris untuk menunjang performa kamera ini.

4. Sony ZV-1

Source: Shutterstock/Lukmanazis

Sony ZV-1 adalah salah satu kamera untuk vlog terbaik untuk saat ini, khususnya untuk model yang compact. Kekuatan terbesar kamera untuk YouTuber ini ada pada kombinasi lensa 24/70mm f/1.8-2.8 yang cerah dengan sistem Real-Time Tracking dan Real-Time Eye AF milik Sony.

Kamera yang dibanderol mulai dari Rp9 jutaan ini mengusung sensor 1 inci yang lebih besar dari kamera smartphone saat ini. Ditambah lagi, ada microphone port 3,5 mm yang menjadikan rekaman video dengan kualitas audio yang baik pun jadi lebih mudah.

5. Canon PowerShot G7X Mark II

Source: Canon Indonesia

Rekomendasi kamera untuk YouTuber selanjutnya adalah Canon PowerShot G7X Mark II. Kamera ini menggunakan sensor CMOS 1.0 dengan resolusi 20.1 MP dan prosesor DIGIC 7. Untuk merekam video kamera ini mampu merekam video Full HD dengan resolusi 1080p.

Di kisaran harga Rp7 juta, Canon PowerShot G7X Mark II patut kalian pertimbangkan jika ingin mulai membuat konten dengan gambar yang jernih dan berkualitas.

6. Sony Alpha A7

Source: Belajar Fotografi

Sony Alpha A7 memiliki resolusi sebesar 23,4MP dengan sensor 35mm full-frame Exmor. Selain itu, kamera untuk vlog ini juga dilengkapi dengan prosesor Bionz X yang dapat memproses gambar tiga kali lebih cepat.

Semakin lengkap, Sony Alpha A7 hadir dengan algoritma auto focus yang diklaim memiliki 117 phase-detection points dan 25 contrast detection point. Dengan ini, video dan gambar tangkapan kamera ini dipastikan lebih jernih, lebih tajam, dan lebih cerah. Kamera untuk YouTuber ini dibanderol mulai dari harga Rp13 juta.

Itu dia deretan kamera untuk YouTuber dan kamera untuk vlog terbaik yang bisa jadi pilihan kalian. Mana kira-kira yang akan kalian beli?

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer