5 Kuliner Indonesia Yang Go International, Sampai Ada Yang Jadi Kuliner Terenak Di Dunia Lho!

Wajib Dibaca Juga!

Indonesia merupakan negara yang terkenal kaya akan wisata, pemandangan alam, serta banyak kuliner yang menjadi bukti indahnya negeri dengan keanekaragaman yang ada dan nyata.

Nah, maka dari itu banyak sekali wisatawan mancanegara yang tidak bisa move on dari Indonesia terutama dengan kuliner wajib Indonesia nya yang dapat mereka kenang kembali ke negara asalnya.

Meski demikian, tak semua makanan khas Indonesia dikenal dunia karena terbatasnya informasi dan kurang paparan ke media Internasional. Bagi dunia, ada beberapa makanan Indonesia yang cukup populer dan dikenal baik.

Biasanya, makanan ini yang dicari para warga negara asing saat sedang berkunjung ke Indonesia, baik dalam kunjungan wisata maupun bisnis. 

Kuliner sendiri merupakan kegiatan yang berhubungan dengan memasak atau kreativitas dalam persiapan makanan. Kuliner juga dapat dimaknai sebagai hasil olahan yang berupa masakan berupa lauk-pauk, panganan maupun minuman.

Kreativitas memasak ini terkait dengan praktik budaya masing-masing komunitas dan ritus sosial yang terkait dengan makanan. Kuliner merupakan bagian dari identitas suatu bangsa. Resep umumnya diturunkan dari generasi ke generasi, memperbarui dan memperbarui dengan perjalanan sejarah.

Penasaran ya kuliner apa saja yang terpopuler dan di inget oleh wisatawan mancanegara? Mau coba cicipi? Yuk, simak! Berikut adalah deretan kuliner wajib Indonesia yang harus dicoba:

1. Bakso

Shutterstock/Odua Images

Kuliner wajib Indonesia pertama adalah hidangan bakso yang dapat ditemukan di seluruh Indonesia dengan berbagai variasi. Pada dasarnya, bakso adalah daging giling yang dicampur tepung dan bumbu kemudian dibulatkan dan direbus hingga matang.

Bakso disajikan dengan kuah gurih yang terbuat dari kaldu sapi serta bumbu-bumbu lain. Mudahnya pembuatan bakso membuat berbagai daerah di Indonesia berkreasi menghasilkan bakso unik yang menarik minat para konsumen.

2. Rendang

Shutterstock/w1snu.com

Rendang merupakan makanan khas Indonesia dan menjadi salah satu makanan terenak di dunia. Karena kuliner ini menjadi kuliner terfavorit dikalangan dunia.

Bahan utama rendang adalah daging sapi yang direbus dalam santan disertai bumbu lain seperti bawang putih, jahe, laos, cabai merah, daun kunyit, bawang merah, daun jeruk dan juga rempah seperti kemiri, ketumbar, kapulaga, kayu manis, pala, cengkeh hingga asam kandis.

3. Gado-Gado

Shutterstock/rori buchori

Gado-gado merupakan hidangan yang berisi tauge, kol, kentang, bayam, dan lain sebagainya yang direbus hingga matang kemudian disiram dengan saus kacang yang manis, pedas, dan gurih.

Gado-gado biasanya disajikan dengan potongan tahu, tempe, atau telur. Makanan ini merupakan hidangan yang sehat dan cocok untuk para vegetarian karena tidak mengandung daging tapi sangat lezat untuk disantap.

4. Sate

Shutterstock/Ariyani Tedjo

Sate ayam adalah makanan khas Indonesia yang menjadi salah satu daftar kuliner wajib indonesia. Sate Ayam dibuat dari daging ayam.

Pada umumnya sate ayam dimasak dengan cara dipanggang dengan menggunakan arang dan disajikan dengan pilihan bumbu kacang atau bumbu kecap.

Sate ini biasanya disajikan bersama dengan lontong atas nasi dan tak lupa taburan bawang merah goreng membuat sate terasa lebih nikmat.

5. Nasi Goreng

Shutterstock/Bvlena

Menu kuliner kali ini juga menjadi salah satu menu terfavorit di kalangan wisatawan mancanegara dan juga di Indonesia. Nasi goreng ini menjadi menu sarapan di pagi hari.

Pembuatannya yang simple itulah yang menjadi favorite dan juga cita rasa nya, bahan nya pun sangat mudah yaitu cukup nasi, kecap, bawang putih, bawah merah dan bumbu dapur lainnya serta tambahan toping seperti bakso, sosis, sayuran dan kerupuk lebih nikmat.

Nah, itulah beberapa menu kuliner wajib Indonesia yang harus kamu coba dan khusus bagi wisatawan mancanegara bis ini menjadi referensi ketika berlibur di Indonesia. Selamat mencoba dan liburan. 

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer