5 Makanan Khas Betawi yang Legendaris, Sudah Pernah Coba?

Wajib Dibaca Juga!

Indonesia adalah negara yang kaya akan kuliner dari berbagai wilayahnya. Dari banyak provinsi di Indonesia setiap makanan memiliki cita rasa yang khas. Resep yang diturunkan dari nenek moyang mereka tetap dijaga dan dilestarikan hingga saat ini.

Walaupun begitu, masih saja banyak makanan tradisional yang masih susah ditemukan. Karena itu jika kamu berkunjung ke Ibu kota Jakarta cobalah makanan khas Betawi yang unik dan legendaris yang akan kami rekomendasikan di bawah ini.

1. Sate Ayam Betawi

Source: PergiKuliner.com

Indonesia terkenal dengan sate dari berbagai wilayahnya seperti sate Lombok, Madura, dan tentunya Betawi tidak ketinggalan. Hampir sama dengan kebanyakan sate lainnya, makanan khas Betawi yang satu ini dimakan dengan bumbu kacang dengan rasa manis dan disantap dengan lontong atau ketupat.

Namun, ternyata sate khas Betawi tidak hanya memiliki satu jenis saja loh. Sate jenis lainnya bernama Sate Lembut yang dibuat dengan daging sapi cincang kelapa parut dan bumbu rempah. Pembuatan sate yang satu ini terbilang cukup sulit sehingga saat ini sudah jarang ditemukan di Jakarta.

2. Nasi Ulam

Source: Media Indonesia

Makanan khas Betawi yang selanjutnya adalah nasi ulam. Nasi ulam adalah nasi putih dengan campuran serundeng kelapa daun kemangi dan kacang-kacangan. Biasa disajikan dengan dua pilihan yaitu kering dan berkuah. Kuah nasi ulam ini didapat dari siraman kuah semur.

Lauk yang digunakan sangat beragam tapi biasanya nasi ulam dimakan dengan empal ayam goreng atau semur. Saat ini sudah tidak banyak penjual nasi ulam di Jakarta. Oleh karena itu, jika kamu menemukannya jangan lupa mampir dan cicipi ya.

3. Kerak Telor

Source: Sajian Sedap – Grid.ID

Makanan khas Betawi yang satu ini mungkin sudah banyak orang tahu tapi apakah kalian sudah mencobanya? Kerak telor adalah hidangan yang dimasak dengan telur dan beras putih lalu dibumbui dengan rempah khusus yang disangrai seperti bawang merah, jahe, kencur, kelapa, cabe merah, dan merica, namun terkadang juga ditambahkan ebi.

Ternyata penggunaan kelapa pada kerak telor ada sejarahnya lho. Ini dari Jakarta yang dulunya disebut Kota Sunda Kelapa nama ini disandang Kota Jakarta karena dulunya kota ini ditumbuhi banyak pohon kelapa sehingga banyak makanan khas Betawi menggunakan campuran kelapa.

4. Soto dan Sop Kaki Kambing Betawi 

Source: Seni Budaya Betawi

Sama dengan sate, Indonesia juga memiliki berbagai macam soto dari berbagai wilayahnya namun apa yang membedakan soto betawi dan soto dari wilayah lain? Yap, Kuah yang khas yang terbuat dari susu dan santan yang sangat legit. Makanan khas Betawi yang satu ini masih mudah ditemukan di Jakarta. Soto ini biasanya dilengkapi dengan isian dari berbagai daging atau jeroan sapi maupun kambing dan ditemani dengan emping.

5. Kue Pancong

Source: SUDIN Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Pusat

Tidak hanya makanan berat, Betawi juga memiliki kue yang khas yaitu pancong. Saat ini, kue pancong khas Betawi sudah mulai sulit ditemukan di Jakarta karena sudah banyak pancong yang dimodifikasi dengan toping-toping modern. Kue pancong Betawi asli biasanya berbentuk agak setengah lingkaran panjang dengan warna coklat kekuning-kuningan.

Kue pancong terbuat dari campuran tepung beras dan santan lalu dibuat dengan cetakan kue pukis menggunakan daun pandan dan kelapa parut. 

Itu dia 5 makanan khas Betawi yang legendaris dan patut dicoba. Jika kamu mendapatkannya segera dicoba ya karena makanan khas Betawi sudah mulai jarang ditemukan. 

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer