6 Makanan Pedas Asal Korea Yang Cocok Dengan Lidah Orang Indonesia

Wajib Dibaca Juga!

Negara Korea menjadi salah satu tujuan yang banyak diminati oleh para pelancong dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Dengan sejuta pesona yang ditawarkannya Korea menjadi salah satu destinasi yang cocok untuk berswa foto dan menjadi spot untuk bersantai.

Korea juga dikenal dengan makanan yang khasnya yang telah tersebar diberbagai kanal media.

Berikut sederet makanan khas Korea bagi kamu yang menyukai rasa pedas:

1. Kimchi

Shutterstock/Anchalee Wiangkao

Makanan ini sangat disukai oleh warga Korea karena terdapat cita rasa khas lidah orang Korea, yakni asam dan pedas. Makanan pedas Korea ini cocok buat kamu yang suka dengan acar sayuran.

Makanan ini sekarang sudah tersebar di berbagai negara, termasuk Indonesia. Kamu bisa mencoba kimchi di restoran-restoran ala Korea atau dapat dibeli dalam bentuk kemasan.

Kimchi juga cocok dimakan bersama mie goreng, sushi, hot dog, hamburger, dan taco. Karena kimchi sendiri merupakan makanan pelengkap, bukan sajian utama.

2. Sundubu Jjigae

Shutterstock/becky’s

Makanan pedas Korea yang berbentuk sup dengan menghidangkan tahu pedas. Sundubu jjigae juga dilengkapi dengan olahan seafood lainnya seperti kerang dan udang.

Selain olahan laut, ada juga pelengkap lain seperti suwiran daging ayam atau sapi serta telur setengah matang. Untuk semangkuk sundubu jjigae biasanya dimakan bersama nasi putih sangat cocok sebagai hidangan saat cuaca bersalju atau hujan.

3. Nakji bokkeum

Shutterstock/TMON

Salah satu dari sekian banyak makanan pedas Korea yang dijadikan incaran adalah nakji bokkeum. Nakji bokkeum adalah hidangan berbahan dasar gurita yang digoreng sampai kering.

Penyajian udang goreng kering nya juga dilakukan bersama tumisan sayur atau dijadikan menu pendamping untuk mie khas Korea. Nakji bokkeum menyimpan karakteristik dan dikenal sebagai makanan pedas karena rasanya yang pedas bisa menggugah selera makan agar semakin lahap menyantapnya.

Rasa pedas yang dimiliki merupakan hasil dari penggunaan pasta cabai yang membumbui gurita dan tumisan sayur. Karena rasa pedasnya, tak jarang para penikmat nakji bokkeum memakannya dengan nasi agar pedasnya bisa berkurang.

4. Tteokbokki

Shutterstock/Nur El Imany

Tteokbokki merupakan makanan pedas korea yang terbuat dari tepung beras yang dimasak bersama bumbu gochujang pedas manis.

Gochujang sendiri sangat terkenal di Korea sebagai bumbu yang sangat penting dan hampir selalu ada pada setiap makanan khas Korea yang mempunyai cita rasa pedas. Cita rasa tteokbokki masa itu berbeda dengan tteokbokki berbumbu cabai yang dikenal sekarang.

5. Budae jjigae

Shutterstock/gowithstock

Makanan ini berupa sup buatan Korea yang dimasak dengan bahan utama daging yang kemudian dimasak dengan bumbu khas Korea, yakni gochujang sehingga mempunyai cita rasa yang sangat pedas.

Penduduk lokal biasanya merebus makanan pedas ini dalam panci besar yang menjadikannya makanan tradisional ini ternyata masih tetap bertahan hingga sekarang.

Di Korea Selatan sendiri, banyak restoran yang menyertakan hidangan ini dalam menunya. Untuk saat ini, sudah banyak variasi-variasi budae jjigae seperti terdapatnya tambahan bahan semisal jamur, sayuran, mie instan remyeon, kimchi, makaroni, tteok, dan keju.

6. Agujjim atau agwijjim

Shutterstock/Jacob Ea

Makanan pedas Korea dibuat dengan cara dikukus serta dikombinasikan dengan tauge kacang soya, mideodeok, dan minari hingga menjadi cita rasa yang menyegarkan dan wangi.

Bumbu yang biasa dipakai untuk agujjim terbuat dari serbuk cabai pedas, doenjang, bawang putih cincang, daun bawang cincang, dan ganjang.

Menurut cerita yang beredar, agujjim pertama kali hadir di bandar Masam, Gyeongsang Selatan di mana para nelayan setempat biasanya meminta juru masak dari kedai-kedai makan di pasar untuk membuat hidangan lezat dari ikan yang para nelayan tersebut diberikan.

Itulah 6 makanan pedas korea yang bisa kamu coba, mana yang jadi favorit kamu?

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer