Enggak Perlu Ribet, 7 Menu Sarapan Rendah Kalori Bisa Kamu Terapkan!

Wajib Dibaca Juga!

Sarapan menjadi salah satu kunci untuk membangun hari yang penuh energi. Namun masih banyak yang melewatkan sarapan. Padahal sarapan adalah hal penting dan kita bisa menyiasatinya dengan makanan rendah kalori.

Ya, menu sarapan rendah kalori merupakan pilihan tepat bagi yang sedang menjaga berat badan ataupun menerapkan hidup sehat.

Berikut daftar sarapan rendah kalori yang bisa kamu coba di rumah:

1. Telur Rebus

Shutterstock/PIMPAN

Sarapan rendah kalori pertama adalah telur rebus. Telur rebus ini sangat pas dijadikan sarapan bagi siapapun termasuk kamu yang sedang menjalani program diet.

Sebab, telur merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh, dapat membuat perut kalian merasa kenyang, dan mencegah untuk cepat merasa lapar sehingga dapat membantu kamu mengontrol makanan yang berlebih pada siang harinya serta mampu mempertahankan massa otot selama dalam masa penurunan berat badan atau diet sehat.

Itu sebabnya, telur rebus sangat baik sekali jadi pilihan menu sarapan untuk hidup sehat.

2. Roti Gandum

Shutterstock/Tamakhin Mykhailo

Roti gandum juga bisa menjadi menu sarapan rendah kalori yang sehat. Makanan ini juga mengandung banyak nutrisi, salah satunya adalah serat.

Serat bisa membantu melancarkan saluran pencernaan kamu dan juga mampu membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Kamu bisa menyantap roti gandum untuk sarapan dengan disertai telur.

3. Sup

Shutterstock/Anna_Pustynnikova

Sup yang berisi sayuran cocok jadi santapan saat sarapan. Makanan rumahan yang satu ini termasuk ke dalam makanan rendah kalori. Karena kuah bening dari sup yang minim bumbu jadi hanya terdapat sekitar 123 kalori dalam satu mangkok sup bening. Lengkap dengan karbohidrat 24,3.

Jika ditambah dengan sayuran seperti wortel atau buncis, kisaran kalorinya tak lebih dari 250. Kuah sup juga berfungsi membuat tubuh merasa lebih kenyang. Jika kamu merasa kurang nikmat dengan sup bening, kamu bisa tambahkan kaldu ayam atau sapi sesuai selera.

4. Dada Ayam

Shutterstock/Oksana Mizina

Bagi banyak orang yang sedang menjalani program diet, dada ayam adalah salah satu menu sarapan rendah kalori andalan. Bagian ayam ini memang rendah lemak dan rendah kalori, tetapi memiliki sumber proteinnya cukup tinggi.

100 gram dada ayam mengandung protein sama dengan 100 gram daging sapi. Namun, kalori daging dada ayam, 25% lebih rendah dari daging sapi. Kisaran kalori dalam 100 gram dada ayam, sekitar 165 kalori saja.

5. Yogurt

Shutterstock/Africa Studio

Yogurt rendah lemak memiliki kandungan protein yang tinggi serta memiliki manfaat untuk menjaga berat badan. Selain protein, yoghurt juga mengandung kalsium, vitamin, hingga probiotik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Yogurt rendah lemak dapat dikonsumsi di pagi hari dengan tambahan rasa manis dari topping seperti pisang, stroberi, dan blueberry sebagai pemanis alami.

6. Buah

Shutterstock/Africa Studio

Buah alpukat dan pisang dikenal dengan kandungan seratnya yang tinggi sehingga mampu memaksimalkan kerja saluran pencernaan. Selain itu, alpukat juga akan membuat kamu kenyang lebih lama dan mampu meningkatkan metabolisme tubuh.

Itu sebabnya, mengonsumsi alpukat dan pisang sebagai menu sarapan adalah salah satu cara hidup sehat serta dapat dinikmati dimana saja.

7. Oatmeal

Shutterstock/Vladislav Noseek

Sarapan rendah kalori yang terakhir adalah oatmeal. Menu satu ini sudah dikenal sebagai makanan sehat yang cocok untuk sarapan pagi. Bukan hanya rasanya yang enak, oatmeal juga memiliki berbagai manfaat seperti mengurangi kadar kolesterol.

Oleh karena itu, mengonsumsi oatmeal merupakan alternatif untuk hidup sehat sekaligus mengontrol berat badan. Jumlah kalori oatmeal terbilang cukup rendah yaitu berkisar 130 kalori dalam empat sendok oatmeal.

Itulah sederet daftar menu sarapan rendah kalori yang bisa membantu kamu dalam mengurangi berat badan atau menjalankan pola hidup sehat. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer