Jadi Mahakarya Terbaik, 6 Novel Ini Cocok Untuk Kamu Baca!

Wajib Dibaca Juga!

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengisi waktu luang kita, salah satunya dengan membaca novel terbaik sepanjang masa. Dengan membaca novel, kamu diajak untuk berkespresi atas imajinasi atau khayalan dari para pembaca masing-masing.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), novel adalah karangan prosa yang berhubungan dengan pengalaman manusia secara imajinatif dan ditulis secara naratif. Novel terbagi menjadi beberapa genre, mulai dari fantasi, komedi, romantis, dan masih banyak lagi.

Nah, berikut beberapa referensi bacaan novel terbia sepanjang masa dari berbagai genre menurut The Greatest Book untuk mengisi luang kamu.

1. In Search of Lost Time

Gambar: Deepak Nagaraj

Novel In Search of Lost Time merupakan karya Marcel Proust dalam bahasa Prancis sejak 1906 hingga 1922 pada tahun wafatnya. Novel ini diterbitkan dalam tujuh jilid cerita dan diterbitkan secara resmi kepada khalayak ramai pada tahun 1913-1927.

Novel ini menjadi novel terbaik sepanjang masa yang berceritakan mengenai pengalaman narrator yang tumbuh dewasa, mulai mempelajari seni, berpasrtisipasi dalam masyarakat, dan jatuh cinta, sayangnya nama narrator dalam novel tersebut tidak diketahui pastinya.

2. Hamlet

Gambar: Hillsdale College

The Tragedy of Hamlet, Prince of Denmark, atau kerap disingkat Hamlet adalah sandiwara tragedi karya William Shakespeare yang ditulis pada 1599-1601. Novel drama ini menceritakan mengenai seorang raja yang meninggal secara misterius, kemudian istrinya menikah dengan saudaranya.

Dan ternyata arwah sang raja menghantui istana kerajaan dan meminta anaknya untuk membalaskan dendam ayahnya.

Novel ini terdapat terjemahan Bahasa Indonesia yang diterjemahkan oleh Trisno Sumardjo dengan judul Hamlet, Pangeran Denmark. Kini novel ini menjadi salah satu novel terbaik sepanjang masa.

3. One Hundred Years of Solitude

Gambar: The First Edition Rare Books

One Hundred Years of Solitude adalah novel karya Gabriel García Márquez yang dipublikasikan pada tahun 1967. Novel ini menceritakan kisah multi-generasi keluarga Buendía, dimana José Arcadio Buendía mendirikan kota (fiktif) Macondo.

Pencapaian dari karya novel ini adalah sering disebut sebagai salah satu pencapaian tertinggi dalam sastra, tak heran menjadi salah satu novel terbaik sepanjang masa yang cocok untuk kamu baca.

4. War and Peace

Gambar: Russia Beyond

Bagi yang menyukai sejarah dan filsafat, novel ini cocok untuk kamu jadikan referensi acaan kamu. Novel karya Rusia Leo Tolstoy bermula diterbitkan secara serial dan kemudian diterbitkan secara keseluruhan pada tahun 1869.

Hingga novel ini dianggap sebagai salah satu pencapaian sastra terbaik Tolstoy dan tetap menjadi sastra klasik dunia yang dipuji secara internasional.

5. The Divine Comedy

Gambar: Facsimile Finder

The Divine Comedy merupakan puisi naratif yang panjang hasil karya Dante Alighieri, penulisannya pun dilakukan selama 12 tahun dalam Bahasa Toskano (Bahasa Italia Baku).

Novel terbaik sepanjang masa ini menceritakan tentang kehidupan setelah kematian dalam tiga bagian, yaitu Inferno, Purgatorio, dan Paradiso. Hingga pada tahun 1321 Dante Alighieri wafat. Puisi ini secara luas dianggap sebagai karya unggulan dalam sastra Italia, dan dipandang sebagai salah satu karya terbesar sastra dunia.

6. Madame Bovary

Gambar: Mental Floss

Madame Bovary adalah novel perdana karya penulis dan sastrawan Prancis Gustave Flaubert, yang diterbitkan pada 1856. Novel ini telah berulang kali diadaptasi ke dalam film dalam bahasa Inggris maupun bahasa Prancis, hingga ke dalam opera.

Bukan hanya dikenal sebagai salah satu novel terbaik sepanjang masa, novel ini bahkan diakui sebagai mahakarya paling penting dalam khasanah kesastraan dunia.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer