Makanan Tradisional Indonesia Ini Sangat Legend, Udah Coba yang Mana Aja?

Wajib Dibaca Juga!

Indonesia merupakan negara kepulauan besar yang memiliki banyak budaya di dalamnya, tak terkecuali makanan tradisional. Makanan ini sudah ada sejak lama sehingga ada secara turun temurun dan juga memiliki citra rasa khas tersendiri. Tak sedikit juga makanan tradisional Indonesia yang berhasil mendunia, loh.

Berbagai daerah di Indonesia memiliki makanan tradisionalnya tersendiri, inilah yang menjadikan alasan orang-orang ingin mencicipi makanan tradisional dari daerah lain. Nah, ini dia makanan tradisional yang wajib dicoba. Kalau kamu sudah coba yang mana saja?

1. Rendang

Source: detikFood-detikcom

Nama rendang pasti sudah tidak diragukan lagi ya menjadi makanan tradisional yang wajib dicoba. Hal ini dikarenakan tidak hanya terkenal di Indonesia saja, melainkan sudah mendunia bahkan menjadi makanan paling enak nomor satu di dunia versi CNN Internasional. Rekor ini mengalahkan makanan sushi khas negara sakura loh!

Rendang adalah masakan daging sapi yang dimasak dengan suhu rendah dalam waktu lama. Bahan utamanya antara lain adalah daging sapi, santan, cabai, dan juga rempah-rempah yang membuat rasa rendang menjadi sangat khas. Tentu kamu sudah mencoba rendang dong ya, karena makanan ini sudah ada di mana-mana.

2. Nasi Goreng

Source: KlikDokter

Asal kamu tahu bahwa nasi goreng adalah makanan tradisional yang juga mendunia karena telah beberapa kali masuk ke dalam daftar makanan terenak di dunia. Dengan cara memasak yang mudah, siapa saja bisa memasak nasi goreng.

Nasi goreng adalah makanan dengan bahan dasar nasi yang digoreng dengan bumbu tambahan sehingga memiliki rasa yang lezat dan gurih. Kini, semakin berkembangnya zaman, makanan tradisional yang wajib dicoba ini memiliki berbagai macam varian rasa, seperti nasi goreng telur, ikan asin, daging, hingga bakso dan sosis.

3. Bakmi Jawa

Source: Kumparan

Sesuai namanya, bakmi ini datang dari Jawa. Makanan tradisional ini merupakan olahan dengan bahan dasar bakmi rebus yang kemudian dimasak dengan bumbu-bumbu khas masakan Jawa. Jika kamu tidak suka dengan bakmi rebus kamu bisa mencoba varian bakmi goreng.

Rasa keduanya sama-sama lezat. Tekstur yang ditawarkan dari bakmi Jawa adalah lembut dan gurih dengan rasa bumbu yang tentunya khas.

Tentu saja bakmi Jawa ini menjadi makanan tradisional yang wajib dicoba terlebih ketika kamu sedang ada di Jogja. Biasanya, kamu bisa mendapati bakmi Jawa ketika menjelang malam hari. Namun, beberapa tempat juga menyediakan ketika siang hari.

4. Nasi Tiwul

Source: Wikipedia

Kamu sudah pernah jalan-jalan ke Gunungkidul? Kalau kamu main ke Yogyakarta atau Jogja maka hendaknya kamu juga berkunjung ke Gunungkidul. Karena wisata yang ditawarkan juga tidak kalah dengan Jogja, salah satunya adalah makanan bernama nasi tiwul.

Tahukah kamu bahwa nasi tiwul ini terbuat dari tepung bernama gaplek atau singkong kering yang terbuat dari proses penggilingan? Tentu saja, nasi tiwul menjadi makanan tradisional yang wajib dicoba ya.

Dulunya, nasi ini menjadi makanan pokok masyarakat di Gunungkidul, namun seiring berjalannya waktu nasi tiwul hadir dengan berbagai varian rasa. Rasa yang tidak bisa dilupakan dari nasi tiwul adalah rasa gurih dan manisnya.

Nah, itu dia empat makanan tradisional yang wajib banget kamu coba ya. Terlebih ketika kamu mengunjungi daerah tertentu yang memiliki makanan tradisional unik.

Tentu saja, ada banyak lagi makanan tradisional yang wajib dicoba lainnya dari berbagai daerah di Indonesia. Dari keempat makanan tradisional di atas, kamu sudah coba yang mana saja?

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer