6 Novel Sejarah Indonesia Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Baca!

Wajib Dibaca Juga!

Sejarah adalah apa yang terjadi di masa lalu. Namun, penting untuk mengingat sejarah. Mempelajari sejarah tidak hanya untuk mengenang jasa para pahlawan di masa lalu, tetapi juga membantu kita menghindari kesalahan yang sama.

Selain melihat buku sejarah dan dokumen kuno, Anda juga bisa melihat peristiwa masa lalu melalui karya sastra. Meskipun fiksi sejarah terutama berkaitan dengan cerita fiksi, mereka sering dibahas dalam urutan kronologis. 

Namun, fiksi sejarah tetap dapat dijadikan acuan untuk menggambarkan kondisi geografis, lingkungan sosial, adat istiadat, dan politik saat itu.

Lalu apa sajakah novel sejarah terbaik? Yuk simak artikelnya sampai habis!

1. Laut Bercerita – Leila.S Chudori

Source: SUARA USU

Novel sejarah ini menceritakan tentang Laut, seorang mahasiswa dan aktivis kritis yang berani mengangkat isu-isu sosial di era Orde Baru.

Dianggap berbahaya, Laut dan kelompoknya ditangkap dan disiksa. Meski mendapat hukuman fisik dan mental, dia tetap pada prinsipnya sampai akhir.

Saat membaca novel ini kalian akan merasakan ketegangan dan situasi sosial dan politik saat itu.

2. Gadis Kretek – Ratih Kumala

Source: Suara Merdeka

Tertarik dengan sejarah perkembangan industri kretek di Indonesia? Kalian perlu membaca novel sejarah terbaik satu ini nih.

Berlatar belakang era penjajahan Belanda hingga kemerdekaan, Gadis Kretek menceritakan napak tilas pencarian seorang perempuan misterius bernama Jeng Yah.

Perjalanan Lebas, Karim, dan Tegar untuk menemukan Jeng Yah mengungkap rahasia kelam tentang keluarga mereka.

3. Amba – Laksmi Pamuntjak

Peristiwa G30S seolah menjadi catatan kelam yang tidak akan pernah terlupakan bagi Indonesia dan merugikan banyak pihak yang terlibat.

Ada begitu banyak karya sastra, cerita pendek, puisi, novel, dan lain-lain, yang bertujuan untuk mengingatkan orang akan peristiwa sejarah tersebut.

Salah satunya adalah novel Amba yang ditulis oleh Laksmi Pamuntjak. Novel sejarah terbaik satu ini menceritakan tentang pasangan muda, Amba dan Bhisma, yang terpaksa berpisah karena situasi politik.

“Amba” merupakan novel roman, namun sarat dengan informasi sejarah, seperti menggambarkan umur panjang para tahanan politik yang diasingkan ke Pulau Buru yang berjuang dalam kesengsaraan di waktu yang cukup lama untuk bisa kembali ke tempat asal mereka. 

4. Orang-Orang Proyek – Ahmad Tohari

Source: KutuKata

Kabul merupakan seorang insinyur yang memiliki integritas dan idealisme kuat. Namun ketika ia mengerjakan sebuah proyek jembatan di Indonesia, ia dihadapkan dengan budaya korupsi yang masih.

Pada akhirnya, jembatan itu dibangun tanpa rencana untuk memangkas biaya produksi.

Dalam novel sejarah terbaik ini, Ahmad Tohari ingin menunjukkan betapa bobroknya unsur-unsur korupsi pada masa itu dalam menjalankan proyek untuk kepentingannya sendiri, juga merupakan sindiran kuat terhadap budaya korup.

5. Tetralogi Buru – Pramoedya Ananta Toer

Source: Tirto.ID

Pramoedya Ananta Toer adalah seorang penulis hebat Indonesia dengan lebih dari 50 karya.

Karya Pram merupakan aset yang berharga, selain dikemas dengan pengetahuan tentang sejarah negara yang dapat menjadi renungan bagi kita semua.

Di antara sekian banyak karya Pramoedya Ananta Toer, yang paling terkenal adalah Tetralogi Banteng.

Novel sejarah ini menceritakan perjalanan panjang Mink sebagai pendiri pers pribumi dan gerakan nasional. Tetralogi Pulau Buru terdiri dari empat bagian yakni Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah dan seri terakhir, Rumah Kaca.

6. Max Havelaar – Multatuli

Source: Liputan6.com

Karya Multatuli atau Eduard Douwes Dekker dianggap sebagai bentuk perjuangan melawan penindasan kolonial Belanda.

Novel sejarah ini menceritakan tentang Havelaar, seorang pembantu warga Lebak Banten yang diberhentikan dari jabatannya karena kedapatan menentang sistem tanam paksa.

Banyak yang menganggap Max Haveraal sebagai sindiran. Multatuli dilihat bukan sebagai pejuang kemerdekaan nasional, tetapi sebagai upaya untuk mengembalikan kehormatannya sendiri.

Penulis-penulis hebat menciptakan karya-karya yang luar biasa, ya jadi itulah beberapa rekomendasi novel sejarah terbaik. Kalian suka yang mana?

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer