6 Makanan Khas Korea Selatan yang Populer di Indonesia, Enak Semua!

Wajib Dibaca Juga!

Saat ini ketenaran dunia hiburan asal Korea Selatan sedang menyita perhatian dunia. Tak hanya budaya dan bahasanya yang membuat orang penasaran untuk mengetahuinya lebih dalam tapi juga kulinernya yang khas.

Seiring dengan dunia hiburan yang mendunia, makanan asal Korea Selatan juga ikut populer di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Penasaran apa saja kuliner Korea yang banyak diminati orang Indonesia? Berikut beberapa daftarnya.

1. Bibimbap

Source: The Spuce Eats

Untuk kebanyakan orang Korea, makanan Korea hits di Indonesia satu ini adalah hidangan wajib pada malam Tahun Baru Imlek.

Makanan satu ini terbuat dari campuran nasi dan berbagai sayuran, daging, kimchi, saus gochujang, dan masih banyak lagi.

2. Kimbap

Source: The Spuce Eats

Tampilannya seperti sushi, namun jangan salah Korea juga punya yaitu Kimbap atau Gimbab. Jika dilihat sekilas bentuknya memang sangat mirip dengan sushi.

Ini adalah makanan rumahan yang sangat mudah dibuat. Isi kimbap dapat berupa sayuran, daging, ikan, telur, acar dan banyak lagi dan dibungkus dengan rumput laut kering yang disebut Kim di Korea.

3. Kimchi

Source: Maangchi

Jika membahas makanan Korea hits di Indonesia satu ini pasti banyak orang sudah tak asing lagi. Makanan Korea yang satu ini terbuat dari sawi putih atau lobak yang sudah difermentasikan dan diberi bumbu khusus khas Korea.

Untuk masyarakat Korea sendiri biasanya digunakan untuk makanan pendamping saat makan siang, dan malam. Uniknya, di Korea ada 187 jenis kimchi yang berbeda lho. Namun yang paling terkenal adalah kimchi lobak dan sawi putih.

4. Jajangmyeon

Source: Asian Food Network

Banyak negara memiliki hidangan mie yang khas, tak terkecuali Korea Selatan. Tak kalah lezat, Korea Selatan memiliki hidangan yang mirip dengan mie ayam bernama jajangmyeon.

Hidangan ini disajikan dengan saus pasta kacang hitam dengan rasa yang asin. Makanan Korea hits di Indonesia yang satu ini muncul pada tahun 1905 di kawasan Incheon.

5. Tteokbokki

Source: Asian Food Network

Makanan Korea hits di Indonesia selanjutnya adalah Tteokbokki. Hidangan satu ini adalah kue beras dengan citarasa pedas yang terbuat dari tepung beras dan dibumbui dengan bumbu Korea yang khas yaitu gochujang.

Tteokbokki biasanya dihidangkan bersamaan dengan ramen, odeng, dan keju. Supaya lebih nikmat, biasanya juga ditambah telur rebus atau fish cake.

6. Bulgogi

Source: Selerasa.com

Bulgogi adalah salah satu makanan asal Korea yang populer yang berisi daging tipis dan biasanya dipanggang dengan lada hitam, kecap, wijen, dan bawang. Biasanya, bulgogi menggunakan daging babi, ayam atau sotong.

Dikutip dari berbagai sumber, Bulgogi ditetapkan sebagai makanan khas Korea sejak periode Goguryeo dari 37 Sebelum Masehi.

Itu dia 6 makanan Korea hits di Indonesia yang wajib dicoba. Kira-kira kalian akan coba yang mana dulu nih?

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer