8 Makanan Khas Jepang Yang Populer Di Seluruh Dunia

Wajib Dibaca Juga!

Jepang merupakan salah satu negara di Asia Timur yang terkenal dengan anime-nya. Tak hanya itu, makanan khas Jepang juga digemari di berbagai negara. Beberapa makanan khas Jepang bahkan mudah ditemukan di Indonesia.

Kalian bisa menemukan makanan Jepang ini disajikan mulai dari restoran cepat saji, kedai, hingga tenda kaki lima. Berikut beberapa pilihan yang wajib untuk dicoba:

1. Sushi

Shutterstock/Natalia Lisovskaya

Siapa yang tidak mengetahui sushi? Sushi menjadi salah satu makanan khas Jepang yang sangat mendunia. Restoran atau bahkan kedai sushi sangat mudah ditemukan di Indonesia.

Sushi terbuat dari nasi dengan rumput laut, telur, dan sayuran segar. Meskipun penampilannya sederhana, sushi punya rasa yang nikmat. Sushi biasanya dinikmati dengan wasabi dan/atau kecap asin.

2. Sashimi

Shutterstock/norikko

Makanan khas Jepang lainnya yang hampir mirip dengan sushi adalah sashimi. Perbedaan keduanya terletak pada nasi.

Sashimi merupakan makanan mentah murni yang tidak perlu tambahan, hanya cukup disantap dengan kecap asin dan/atau wasabi. Sashimi terbuat dari hewan laut dan banyak jenisnya.

3. Shabu-shabu

Shutterstock/Net Kitbordin

Shabu-shabu adalah makanan khas Jepang yang berisi irisan tipis daging, tahu, jamur, dan sayuran. Daging yang biasa digunakan adalah daging sapi, dapat juga menggunakan daging ayam, ikan, atau gurita.

Jika kalian mengunjungi restoran shabu-shabu, biasanya di restoran tersebut selalu menyediakan tiga jenis bumbu rebusan, yaitu spicy miso, kara miso dan dashi stock.

4. Ramen

Shutterstock/sasazawa

Siapa yang tidak mengenal ramen? Ramen adalah salah satu makanan khas Jepang yang sangat terkenal. Ramen sering terlihat di banyak serial kartun Jepang atau anime. Ramen berbeda dengan udon.

Perbedaannya ada pada ukuran mie. Ramen adalah mie khas Jepang yang ukuran mienya medium. Ramen memiliki banyak pilihan rasa dan penggunaan topping juga bervariasi, tergantung selera penikmatnya.

5. Onigiri

Shutterstock/Brent Hofacker

Onigiri atau nasi kepal adalah makanan khas Jepang berbahan dasar nasi putih. Cara pembuatan onigiri adalah dengan memadatkan nasi dengan tangan atau pencetak khusus.

Biasanya onigiri dibungkus dengan lembaran nori (rumput laut), lalu diisi dengan udang atau salmon yang ditambahkan dengan mayonaise, daun bawang, dan mentaiko atau telur ikan terbang.

6. Takoyaki

Shutterstock/sasazawa

Takoyaki adalah jajanan khas Jepang. Adonan Takoyaki berbahan dasar tepung terigu, kemudian dimasak dalam cetakan khusus yang berbentuk seperti cekungan setengah bola. Isian takoyaki antara lain gurita, keju, dan daun bawang.

Setelah matang, takoyaki akan diberi tambahan saus mayonaise, remahan rumput laut atau nori, dan serutan ikan yang akan menambah cita rasa yang nikmat saat disantap.

Takoyaki bukanlah makanan asing di Indonesia karena sudah banyak yang menjadi pedagang takoyaki.

7. Mochi

Shutterstock/VasiliyBudarin

Sebagai hidangan pencuci mulut yang berasal dari Jepang, mochi terbuat dari tepung beras ketan yang dibuat seperti pasta yang kemudian dibentuk agak pipih. Di Jepang, mochi dihidangkan pada saat acara tradisional yang bernama “Mochitsuki”.

Yang membuat menarik dalam acara tersebut adalah pembuatan mochi ini. Para pengunjung dapat melihat pertunjukan pembuatan mochi tradisional secara sederhana, tetapi dibuat dengan penuh semangat.

Pembuatan mochi tradisional dilakukan dengan cara ditumbuk sampai halus. Isian mochi sangatlah beragam, bahkan sekarang sudah ada mochi yang berisi es krim dan coklat.

8. Dorayaki

Shutterstock/Gatot Adri

Dorayaki merupakan salah satu makanan yang terdapat di film kartun terkenal Doraemon. Dorayaki termasuk makanan khas Jepang berbentuk kue. Dorayaki memiliki bentuk dan tekstur seperti pancake yang diberi isian kacang merah.

Tetapi, sudah banyak Dorayaki yang telah dimodifikasi dengan berbagai isian yang lebih beragam.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer