Jalan-Jalan ke Jogja, Jangan Lupa Oleh-Oleh Ini Ya!

Wajib Dibaca Juga!

Yogyakarta atau yang biasa disebut dengan Jogja merupakan salah satu destinasi wisata Indonesia yang sangat unik dan khas. Sehingga tidak mengherankan lagi jika setiap tahunnya Jogja tidak pernah sepi pengunjung. 

Setiap teman atau kerabat yang berlibur ke Jogja pasti selalu “titip” oleh-oleh makanan khas Jogja. Tapi, saking banyaknya oleh-oleh dari kota kecil ini kita jadi kebingungan oleh-oleh apa yang sebaiknya dibawa pulang.

Biar tidak bingung lagi, yuk baca artikel ini secara lengkap supaya kamu tidak perlu bingung lagi akan membawa oleh-oleh makanan khas Jogja apa karena ulasannya ada di bawah ini. 

1 Bakpia Pathok

source: www.adira.co.id

Oleh-oleh satu ini memang sudah terkenal banget ya dan wajib banget tidak boleh ketinggalan untuk oleh-oleh teman-teman atau kerabat. Meskipun “bakpia Jogja” sudah menjamur, tapi popularitas dari Bakpia Pathok tidak terkalahkan.

Tapi, hingga kini setidaknya ada beberapa nama bakpia yang selalu menjadi incaran para pelancong yang berwisata di Jogja, di antaranya adalah Kurnia Sari, Citra Premium, Merlino, dan Bakpia 25. Di antara mereka kamu sudah coba yang mana saja?

2 Cokelat Monggo

source: www.adira.co.id

Tak kalah dengan kelezatan cokelat yang dimiliki Belgia, cokelat Monggo merupakan oleh-oleh makanan khas Jogja yang tidak boleh untuk dilewatkan. Cokelat ini merupakan cokelat asli Jogja yang merupakan hasil karya Thierry Detournay.

Dengan menggunakan cokelat asli dari Jawa, Sumatera, dan Sulawesi, cokelat Monggi memiliki ciri khas yaitu menggunakan premium dark chocolate hingga 69 persen. Cokelat ini juga memiliki berbagai varian rasa, seperti cokelat hitam, cokelat putih, mangga, durian, hingga rasa cabai merah. 

3 Gudeg Jogja

source: detikFood

Meski sudah ada banyak gudeg di berbagai kota tapi kamu tidak akan menemui gudeg seperti gudeg Jogja. Oleh-oleh makanan khas Jogja yang satu ini memiliki dua jenis, yaitu gudeg basah dan gudeg kering. Kamu tidak perlu khawatir ya kalau mau bawa pulang gudeg sebagai oleh-oleh karena kamu bisa memilih gudeg kering. 

Gudeg kering bisa bertahan selama tiga hari maka sebaiknya segera simpan gudeg di dalam kulkas. Gudeg yang paling populer di Jogja adalah Gudeg Yu Djum yang terletak di Jalan Kaliurang 5. 

4 Jogja Scrummy

sourcE: Kuliner Wisata

Tren kue yang kekinian juga ada sebagai oleh-oleh makanan khas Jogja. Namanya adalah Jogja Scrummy yang bisa kamu dapatkan di Jalan Brigjen Katamso 198. Jajanan Dude Harlino ini memadukan antara brownies kukus dengan puff pastry. Selain harganya yang affordable jajanan Jogja Scrummy juga memiliki banyak varian rasa.

5 Walang Goreng

source: Phinemo.com

Ingin bawa oleh-oleh yang anti-mainstream? Kalau begitu, walang goreng wajib menjadi oleh-oleh makanan khas Jogja yang harus kamu bawa pulang. Jajanan dari Gunung Kidul ini bisa bertahan hingga satu bulan lamanya.

Dengan rasa yang gurih dan renyah, walang goreng tidak sulit untuk ditemukan dan memiliki harga yang sangat affordable!

Nah, lima jajanan di atas adalah oleh-oleh dari Jogja yang bisa menjadi pilihan kamu untuk dibawa pulang dan dibagikan dengan keluarga, kerabat, dan teman-teman kamu. Dengan jajan oleh-oleh makanan khas Jogja, kamu tidak hanya pulang membawa kenangan tapi juga oleh-oleh yang enak!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer