Kerak Telor, Jajanan Omelet Khas Betawi yang Sudah Jarang Dijumpai

Wajib Dibaca Juga!

Sebagai salah satu negara yang terkenal akan keragaman cita rasa dan budayanya, berbagai wilayah di Indonesia memiliki makanan yang khas yang sulit ditemukan di kota lainnya. Salah satunya adalah kerak telor yang berasal dari Jakarta.

Makanan khas Betawi kerak telor jadi salah satu makanan yang erat dengan Kota Jakarta, apalagi saat momen Ulang Tahun Jakarta, penjual akan terlihat di banyak tempat. Kudapan dengan cita rasa gurih ini kabarnya sudah disajikan sejak zaman penjajahan Belanda, lho.

Bagaimana kerak telor tercipta

Kerak Telor merupakan makanan tradisional yang keberadaannya sudah bisa ditelusuri mulai tahun 1970-an. Namun, hingga kini makanan khas Betawi kerak telor masih jadi ikon kuliner khas Betawi yang masih bertahan.

Dikutip dari berbagai sumber, dikatakan bahwa kerak telor tercipta secara tidak sengaja. Awalnya adalah rakyat Betawi yang melihat banyaknya pohon kelapa di tanah Jakarta, sehingga sekelompok warga mencoba untuk mengolah dan memanfaatkan kelapa untuk dijadikan makanan.

Di daerah Jakarta Pusat khususnya wilayah Menteng banyak kebun kelapa. Melimpahnya buah di Jakarta pada saat itu membuat hidangan khas Betawi banyak menggunakan campuran kelapa, dan salah satunya yaitu kerak telor.

Source: Blog Omiyago

Baru mulai 1970-an, makanan khas Betawi kerak telor dijual oleh orang-orang asli Betawi di dekat Tugu Monas. Semenjak inilah banyak orang-orang suka dengan hidangan yang disebut omelet khas Betawi ini. Dengan ciri khas, beras yang renyah, telur dan kelapa yang menjadi ciri khasnya.

Kerak telor masa kini

Source: Jacatranet

Tidak hanya wisatawan, namun kerak telor juga diminati oleh banyak kaum elit di Jakarta. Dengan ciri khas pedagang yang memakai pikulan untuk menjajakannya makanan khas Betawi kerak telor ini semakin banyak saat itu. Di masak langsung di tempatnya dan makan kerak telor saat masih hangat menjadi favorit banyak orang.

Kini kerak telor sudah mulai sulit dijumpai, namun hidangan ini tidak pernah absen untuk hadir saat perayaan Ulang Tahun Kota Jakarta. Selain itu, makanan khas Betawi kerak telor juga kerap hadir saat pagelaran Festival Kebudayaan Betawi dan acara lainnya.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer