Pedas Nikmat! Ini Rekomendasi Makanan Pedas Kuah yang Gugah Selera Makan

Wajib Dibaca Juga!

Banyak jenis makanan yang bisa kalian santap saat cuaca dingin, salah satunya yang jadi favorit adalah makanan kuah pedas. 

Makanan dengan rasa pedas tak hanya membuat tubuh penikmatnya hangat tapi juga bisa membantu meningkatkan nafsu makan, khususnya bila sedang musim hujan atau terkena flu.

Tak hanya itu, makanan pedas juga bisa jadi alternatif agar sumbatan di hidung bisa lancar. Beberapa rekomendasi makanan pedas berkuah ini juga murah dan mudah dibuat lho. 

Nah, kira-kira apa saja ya rekomendasi makanan pedas berkuah tersebut? Untuk itu, berikut ini rekomendasi makanan pedas berkuah yang cocok banget dikonsumsi saat musim hujan. Yuk simak sampai habis!

1. Seblak kuah 

Shutterstock/Astri Photoworks

Nah makanan satu ini telah menjadi favorit banyak orang saat musim hujan. Makanan khas Jawa Barat ini biasanya dilengkapi dengan bahan dasar kerupuk, kwetiau, mie atau yang lain.

Ini juga bisa dikreasikan dengan berbagai macam topping seperti bakso, sosis, ayam suwir, cheese ball hingga ceker. Untuk bumbunya biasanya seblak khas dengan bawang putih, kencur, dan cabai yang bisa ditakar sesuai selera.

2. Ramyeon Kuah Pedas 

Shutterstock/KT studio

Ramyeon atau ramyun adalah mie instan asal Korea Selatan yang bisa disajikan dengan kuah pedas. Makanan sangat ini cocok disantap saat udara dingin.

Untuk membuatnya cukup rebus ramyun instan, lalu tambahkan daun bawang dan telur. Jika punya saus gochujang atau gochugaru bisa kalian tambahkan.

3. Baso Aci  

Shutterstock/Siti Mutmainah

Makanan pedas berkuah selanjutnya ada baso aci. Makanan ini biasanya disajikan dengan kuah yang segar dan pedas. Untuk membuat kuah makanan khas Jawa Barat ini cukup mudah lho.

Hanya perlu tambahkan rebusan air dengan kaldu sapi, tetelan, dan berbagai daun wangi. Racikan baso aci juga cukup simple yaitu cabai, bawang merah, bawang putih, dan kunyit.

4. Bakso Taichan

Shutterstock/Radita Jully

Hidangan kali ini cukup berbeda, namun bisa jadi inspirasi makan makanan pedas. Bakso dapat disantap dengan kuah taichan yang pedasnya mantap.

Cara membuat makanan pedas berkuah satu ini cukup simpel, mirip seperti bakso pada umumnya. Namun racikan bumbu kuahnya tentu berbeda, yaitu pakai bawang merah dan cabai rawit. 

5. Mie Kuah Pedas 

Shutterstock/Nungning20

Nah kalau makanan yang satu ini pasti tidak boleh ketinggalan. Ada banyak kreasi mie instan yang bisa dinikmati saat hujan turun. Salah satunya adalah mie instan dengan kuah pedas.

Resep mie ini sangat simple bahkan sama seperti memasak mie instan biasa. Bedanya, kalian hanya perlu menambahkan cabai segar, cabai bubuk, dan bawang putih parut. Sebagai pelengkap, juga bisa menambahkan kornet sapi dan telur. Wah bikin ngiler ya?

6. Ceker Mercon 

Shutterstock/Julian Somadewa

Untuk kalian para pecinta makanan kuah medok atau nyemek, ini wajib banget kalian coba. Ya, ceker mercon bisa kalian sajikan dengan kuah pedas. Sebelum dimasak, ceker harus direbus terlebih dahulu pakai bawang dan jahe.

Itu dilakukan untuk menghilangkan bau amisnya. Lalu, masak dengan bumbu halus super pedas dan beri air sesuai selera untuk kuahnya.

7. Cilok Goang 

Shutterstock/Nia Kayyis

Cilok goang adalah pentol aci yang disajikan dengan kuah sambal goang pedas. Bumbu khas dari makanan pedas kuah satu ini ada pada penggunaan kencur pada kuah sambal goangnya. Ini membuat aromanya semakin wangi dan rasanya pun khas. Bikin ngiler ya?

Jadi itulah beberapa makanan pedas berkuah yang cocok untuk jadi teman saat udara dingin. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer