Wajib Kalian Coba! 5 Kuliner Khas Jawa Timur yang Populer

Wajib Dibaca Juga!

Kuliner khas Jawa Timur sangatlah beragam. Rasa dari tiap makanan khasnya juga dipengaruhi dari bermacam kebudayaan di daerah. Makanan tradisional Jawa Timur sendiri identik dengan rasa gurih dan pedas.

Jika kalian berkunjung ke Jawa Timur, jangan lupa untuk mencicipi aneka kuliner tradisionalnya. Untuk referensi, berikut merupakan daftar kuliner khas Jawa Timur paling populer yang wajib kalian coba!

1. Rujak Cingur

Source: Pikiran Rakyat

Mendengar nama rujak cingur kalian pasti langsung teringat dengan provinsi Jawa Timur. Makanan tersebut memang sangat identik dengan daerah tersebut.

Kuliner khas Jawa Timur ini dibuat  dengan mencampurkan cingur atau daging pada mulut sapi yang direbus, lalu dicampurkan dengan irisan tempe, tahu, timun, nanas, lontong, sayuran, bumbu kacang serta petis.

2. Pecel Madiun

Source: Unilever Food Solutions

Kuliner khas Jawa Timur ini terbuat  dari berbagai macam sayuran yang direbus dan diberi bumbu sambal kacang.

Jenis sayuran yang ada di dalamnya antara lain kacang panjang, tauge, mentimun, serta daun singkong. Juga tidak ketinggalan, salah satu pelengkap makanan ini adalah peyek kacang.

3. Rawon

Source: Pikiran Rakyat

Bagi sebagian besar kalian mungkin sudah tidak  asing lagi dengan makanan satu ini. Rawon sebenarnya kini bisa dengan mudah ditemukan di beberapa daerah di Indonesia. Kuliner khas Jawa Timur ini identik dengan kuahnya yang berwarna hitam.

Warna hitam pada rawon tersebut tidak lain berasal dari bumbu khas yaitu kluwek. Makanan tradisional ini memiliki ciri rasa yang gurih dan juga segar.

4. Lontong Kupang

Source: Detikcom

Kuliner khas Jawa Timur ini mudah ditemukan di Surabaya, Pasuruan dan Sidoarjo. Makanan ini terbuat dari kupang putih, yaitu sejenis hewan laut seperti kerang. Kupang putih tersebut dimasak dengan berbagai bumbu-bumbu yang sangat menggugah selera kalian.

5. Soto

Source: Detikcom

Setiap daerah di Indonesia hampir memiliki kuliner soto dengan ciri khasnya masing-masing. Seperti soto Lamongan yang memiliki ciri taburan koya diatasnya.

Soto kuliner khas Jawa Timur biasanya berkuah bening tidak menggunakan santan seperti halnya soto Betawi atau beberapa daerah lain.

Meski begitu, rasanya tetap nikmat dan khas dengan bumbu yang terdiri dari ketumbar, jinten, sereh, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, merica, garam dan kemiri, dan tidak lupa bawang goreng sebagai pelengkap.

6. Rujak Soto

Source: Masak Apa Hari Ini?

Kuliner khas Jawa Timur ini berasal dari Banyuwangi. Seperti namanya, makanan ini merupakan perpaduan antara rujak dan soto kuning. Rujak petis dengan rasa terasi yang khas dan kuah soto kuning gurih bakal menghasilkan kombinasi rasa yang cukup enak dan unik.

7. Sego Tempong

Source: DetikFood

Masih berasal dari Banyuwangi, tempong artinya tampar dalam bahasa Osing. Nama ini  diberikan karena sambal di nasi tempong memiliki rasa yang sangat pedas dan membuat kalian serasa ditampar saat memakannya.

Kuliner khas Jawa Timur ini terdiri dari nasi yang disajikan bersama sayuran rebus seperti bayam, kubis, kenikir, didampingi lauk, dan dilengkapi sambal.

Ada beberapa jenis sambal yang kini diolah untuk nasi tempong, yakni sambal kacang dengan aroma kencur yang kuat serta sambal terasi pedas. Sedangkan lauknya pun beragam, seperti tahu, tempe goreng, ayam goreng, ikan jambal, dan sebagainya.

8. Nasi Krawu

Source: Fimela

Kuliner khas Jawa Timur ini berasal dari Gresik dan disajikan dengan daun pisang. Dalam nasi krawu terdapat isian berupa daging sapi, seperti semur daging, jeroan sapi, sambal terasi serta dilengkapi serundeng.

Itulah 8 masakan khas Jawa Timur yang wajib kalian nikmati, mana nih makanan yang belum pernah kalian coba ?

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer