Bikin Bangga! Ini Deretan Kopi Indonesia yang Mendunia

Wajib Dibaca Juga!

Tahukah kamu bahwa negara kita menjadi salah satu produsen kopi terbesar dengan urutan keempat di dunia? Yup, cita rasa kopi yang dimiliki oleh Indonesia memang berbeda dengan negara-negara lain di dunia.

Kopi Indonesia yang mendunia pun menjadi hal yang tidak mengherankan lagi karena kopi Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke memiliki cita rasa yang unik.

Tentu saja membanggakan, apa saja kopi Indonesia yang mendunia?

1 Kopi Toraja

source: Madiunpos.com

Tidak hanya mendunia, di Indonesia sendiri berbagai kopi instan telah memiliki cita rasa dari kopi Toraja. Kopi yang satu ini berasal dari pegunungan Toraja di Sulawesi Selatan. Memang, pegunungan di Toraja telah dikenal dengan lahannya yang sangat subur dan baik untuk tanaman kopi.

Faktanya, dua jenis kopi terbaik di dunia dihasilkan pada daerah ini lho, yaitu Kopi Arabika Toraja dan Kopi Arabika Robusta. Yang membedakan adalah pada kandungan kafein dari kopi tersebut. Kopi Indonesia yang mendunia ini selain memiliki citarasa asam dengan kadar tinggi kopi ini juga memiliki citarasa dengan unsur tanah, yang menjadikan ciri khas utama dari kopi Toraja.

2 Kopi Kintamani

source: Kintamani.id

Tak kalah populer dari kopi Toraja, kopi yang berasal dari Kintamani, Bali ini juga masuk ke dalam daftar kopi Indonesia yang mendunia. Khas utama dari kopi Kintamani terletak pada tekstur rasanya yang segar sekaligus memiliki rasa asam yang berbeda.

Diketahui, hal tersebut dikarenakan penanaman biji kopi dilakukan dengan sistem tumpangsari, yakni penanaman biji yang dicampur dengan aneka sayuran.

3 Kopi Aceh

source: Omiyago

Varian yang terkenal dari kopi Aceh adalah Kopi Aceh Gayo. Dihasilkan dari wilayah dataran tinggi Gayo, kopi ini memiliki citarasa yang sangat khas yakni memiliki tekstur rasa kopi seperti rempah-rempah. Hal ini juga yang membuat banyak pelancong dunia jauh-jauh ke Aceh untuk sekedar merasakan kenikmatan kopi Aceh Gayo.

4 Kopi Sumatera

source: Lifestyle Kompas

Pulau Sumatera memang telah dikenal sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia. Kopi Indonesia yang mendunia ini, kopi Sumatera, menghasilkan berbagai jenis kopi yang sangat khas, di antaranya adalah kopi Mandailing dan kopi Lintong. Kopi-kopi tersebut memiliki citarasa dengan tekstur rasa halus yang bercampur dengan rasa kakao atau tembakau.

5 Kopi Jawa Barat

source: Republika Network

Tahukah kamu bahwa Jawa Barat menjadi salah satu provinsi penghasil kopi dengan predikat terbaik di dunia saat ini? Bahkan kopi ini pun bersaing dengan kopi Indonesia lainnya, seperti kopi Toraja, kopi Aceh, dan kopi Sumatera.

Citarasa manis yang dihasilkan dari kopi Jawa Barat menjadi ciri khas dan banyak disukai oleh banyak orang.

Sebagai penghasil kopi terbesar keempat di dunia sudah sepatutnya kita turut bangga dengan kopi Indonesia yang mendunia. Kita sendiri bisa mulai menikmati kopi Indonesia untuk mendorong industri kopi di Indonesia.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer