6 Wanita Ini Tak Lelah Pertahankan Hak Perempuan, Ada Najwa Shihab!

Wajib Dibaca Juga!

Di saat ini hak perempuan masih dianggap tabu oleh banyak masyarakat dunia. Masih banyak sekali kasus kekerasan seksual, pelecehan wanita dewasa hingga di bawah umur dengan kasus yang sangat tinggi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Selain itu, kasus KDRT juga semakin tinggi di seluruh dunia. Menurut, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkap bahwa sepertiga wanita atau 736 Juta telah mengalami kekerasan fisik, maupun seksual. 

Hal itu, tentunya tidak bisa terus dibiarkan terus-menerus. Wanita juga ingin bangkit dari kekejaman dan ketidakadilan tersebut, dan menyuarakan haknya di mata dunia, serta menegakkan keadilan di mata hukum.

Oleh sebab itu, lahirlah para aktivis wanita dari berbagai belahan dunia untuk memperjuangkan hak-hak dan keadilan untuk wanita. Siapa sajakah mereka? Berikut nama-nama aktivis perempuan di bawah ini. 

1. Malala Yousafzai

Shutterstock/SN040288

Malala Yousafzai adalah seorang mahasiswa dan aktivis dari Pakistan. Dia ditembak tiga kali di kepala oleh Taliban di dalam bus. Pada saat itu, Malala sedang berbicara dengan teman-temannya tentang pekerjaan rumahnya dan sedang dalam perjalanan pulang.

Malala dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian 2013 untuk karyanya dalam membela hak anak-anak untuk kembali ke sekolah. Dia juga berpidato di Majelis Umum PBB dan menerbitkan buku pertamanya, I Am Malala. Dia sebelumnya menulis untuk Blog BBC. Fantastis!

2. Emma Watson

Shutterstock/Denis Makarenko

Emma Watson adalah seorang aktris dan aktivis Inggris. Dia terpilih sebagai Duta Wanita PBB atau Goodwill Ambassador United Nation tahun 2014. Selain itu, ia berbicara di konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 2016 untuk kampanye HeForShe, Forum Ekonomi Dunia, dan One Young World.

Emma terkenal karena perannya sebagai Hermione Granger dalam serial film Harry Potter. Dalam kehidupan nyata, Emma suka membaca dan telah membaca buku-buku Malala Yousafzai. 

3. Muniba Mazari

Instagram/muniba.mazari

Muniba Mazari adalah penyandang disabilitas, aktivis perempuan dan ibu dari Pakistan. Dia ditunjuk sebagai Duta Wanita PBB Nasional Pakistan. Dia juga masuk dalam daftar Wanita Inspiratif BBC tahun 2015, dan Forbes 30 Under 30 tahun 2016. 

Ia dinyatakan tidak bisa berjalan dan akan menggunakan kursi roda selamanya. Muniba telah lama mengadopsi seorang anak bernama Nael Mazari dan telah menceraikan suaminya. Muniba merasa sangat bahagia hanya memiliki seorang putra.

4. Najwa Shihab

Instagram/najwashihab

Najwa Shihab adalah seorang reporter terkenal dan pendiri Narasi TV di Indonesia. Dia sangat berani berbicara tentang isu-isu perempuan dan isu-isu sosial di Indonesia.

Melalui program beritanya, Najwa terus melindungi korban pelecehan dan kekerasan seksual yang terus terjadi di Indonesia. Dia adalah inspirasi perempuan yang kuat bagi masyarakat Indonesia. 

5. Emma Goldman

Sumber gambar: PBS

Emma Goldman adalah seorang aktivis dan penulis wanita asal Rusia. Dia menjadi majalah wanita berpengaruh bernama Mother Earth pada saat itu dan menulis buku biografi berjudul Living My Life sebelum menjadi ikon bagi wanita di dunia.

Emma dikenal atas kontribusinya dalam memperjuangkan hak-hak perempuan sebagai aktivis perempuan pertama di dunia.

6. Raden Ajeng Kartini

Sumber gambar: Liputan6.com

Raden Ajeng (RA) Kartini adalah pelopor hak-hak perempuan di Indonesia. Saat itu kesetaraan hak perempuan di Indonesia masih sangat rendah dan dianggap tabu oleh masyarakat Indonesia.

Saat itu, muncul sosok perempuan Indonesia bernama Raden Ageng Kartini yang aktif memperjuangkan kesetaraan hak bagi perempuan. Selain itu, Kartini juga banyak menulis surat kepada teman-temannya di Belanda dan kemudian  J.H. Abendanon. Perempuan cerdas!

Sejatinya, hak wanita hanyalah ingin hidup dengan tentram tanpa membeda-bedakan status, maupun pandangan, dan kesetaraan hidup bersama laki-laki.

Itulah beberapa aktivis di berbagai dunia yang tidak henti melawan ketidak-setaraan gender. Perempuan juga manusia!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer