Penemuan Terdahulu, Temuannya Masih Dipakai Hingga Sekarang!

Wajib Dibaca Juga!

Ilmuwan merupakan seseorang yang dapat menciptakan terbaru yang mempunyai daya kreativitas yang tinggi dan dapat menggeluti dengan tekun serta sungguh–sungguh dalam bidang ilmu pengetahuan. Kemajuan teknologi pada saat ini tentu tidak terlepas dari adanya penemuan ilmuwan terdahulu.

Para penemuan ilmuwan terdahulu berani untuk berinovasi dengan menciptakan hal-hal yang sebelumnya dianggap mustahil untuk diwujudkan. Namun, pada akhirnya penemuan ilmuwan terdahulu dapat berhasil dan membuat hal tersebut menjadi kenyataan.

Keinginan dan kegeniusan mereka dapat membuat kehidupan peradaban manusia menjadi jauh lebih mudah hingga saat ini. Penemuan ini pun terus dikembangkan sampai saat ini dan tentunya akan menjadi semakin canggih ke depannya.

Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan nama-nama penemuan ilmuwan terdahulu ini, yuk langsung disimak!

1. Alexander Graham Bell – Penemu Telepon

Shutterstock/Solodov Aleksei

Alexander Graham Bell adalah seorang ilmuwan, pencipta, dan pendiri perusahaan Telepon Bell. Selain karyanya dalam teknologi telekomunikasi, ia juga menyumbangkan kemajuan penting dalam teknologi penerbangan dan hidrofoil.

Graham Bell dikenal sebagai penemu telepon tahun 1876 di Amerika Serikat.

2. James Watt – Penemu Mesin Uap

Shutterstock/catwalker

Mesin pertama ini digunakan untuk menggerakkan pompa dan hanya menghasilkan gerakan bolak-balik untuk menggerakkan batang pompa di bagian bawah poros. Secara komersial, desainnya ini berhasil menuai perhatian.

Selama lima tahun berikutnya, Watt pun disibukkan dengan memasang lebih banyak mesin uap untuk memompa air keluar dari tambang. Keberhasilannya ini telah menjadikan James Watt sebagai penemu pertama mesin uap yang bekerja secara efisien.

3. Charles Francis – Penemu Televisi

Shutterstock/Everett Collection

Charles Francis atau disebut juga dengan naama C.F. Jenkins adalah orang Amerika perintis awal bioskop dan salah satu penemu dari televisi, meskipun ia menggunakan mekanik daripada teknologi elektronik.

Bisnisnya termasuk Charles Jenkins Laboratories dan Jenkins Television Corporation (korporasi yang didirikan pada tahun 1928, laboratorium yang pertama kali diberi lisensi televisi komersial di Amerika Serikat).

Lebih dari 400 paten yang dikeluarkan untuk Jenkins, banyak orang untuk penemuannya yang berhubungan dengan gambar bergerak dan televisi.

4. Alessandro Volta – Penemu Baterai

Shutterstock/Prachaya Roekdeethaweesab

Seorang fisikawan Italia yang berhasil menemukan baterai pada tahun 1779. Penemuan baterai modern miliknya berawal dari ide menumpuk dua jenis logam, dengan cara inilah listrik dapat dihasilkan.

5. Robert William Thomson – Penemu Ban Hidup

Sumber gambar: Historic UK

Pada tahun 1845, seorang insinyur Inggris bernama Thomson, menemukan ban hidup. Ban hidup adalah ban yang berongga dan berisi udara hingga ban jadi “empuk.”

Ban yang dipasang di sekeliling roda itu terbuat dari kulit binatang. Kemudian pada tahun 1870, Dunlop mengganti ban hidup itu dengan karet. Roda dengan ban karet itulah yang digunakan sampai sekarang.

6. Christopher Latham Sholes – Penemu Keyboard Qwerty

Sumber gambar: Wikimedia Commons

Penemuan ilmuwan terdahulu ini suka disebut sebagai Father of the Typewriter. Lebih tepatnya, Sholes mengembangkan mesin komersial praktis pertama. Sholes juga sosok yang mengembangkan keyboard Qwerty yang digunakan sampai saat ini.

7. William Murdoch – Penemu Kereta Api

Sumber gambar: Detikcom

Kereta api ditemukan pada tahun 1784 oleh William Murdoch, seorang ilmuwan berkebangsaan Inggris, lahir pada 21 Agustus 1754 di Lugar, Skotlandia.

Pada awalnya kereta api dikenal sebagai kereta kuda yang terdiri dari satu rangkaian kereta saja, sehingga di buat kereta kuda yang dapat menarik beberapa rangkaian kereta.

Kereta ini sangat dibutuhkan untuk mengangkut bahan tambang, sehingga kereta ini khusus dioperasikan di daerah pertambangan. Supaya dapat meringankan beban yang diangkut, maka kereta kuda ini berjalan dijalur yang dibuat khusus dari besi dan dinamai trem.

Semoga informasinya bermanfaat ya.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer