Sederet Tokoh Emansipasi Wanita Indonesia Saat Ini Yang Sangat Insipiratif

Wajib Dibaca Juga!

Dalam buku Revolusi Senja (2021) oleh Korry El-Yana, emansipasi wanita adalah proses pelepasan diri para wanita dari kedudukan sosial, ekonomi rendah atau pengekangan hukum yang membatasi ruang geraknya untuk maju. 

Tujuannya adalah untuk membebaskan perempuan dari semua jenis perbudakan dan eksploitasi sosial, politik, dan ekonomi. 

Emansipasi wanita di Indonesia tentu juga tak lepas dari sosok Raden Ajeng Kartini yang merupakan sosok tokoh yang menuntut persamaan hak-hak kaum wanita terhadap hak-hak kaum pria. 

Namun, emansipasi wanita tidak berhenti pada sosok Raden Ajeng Kartini saja. Beberapa nama tokoh emansipasi wanita masa kini yang hebat serta patut dijadikan inspirasi karena sederet prestasi dan pencapaiannya:

1. Sri Mulyani Indrawati

Shutterstock/Ronny Kwok

Tokoh emansipasi wanita masa kini yang pertama adalah Sri Mulyani Indrawati. Sri Mulyani berhasil membawa banyak perubahan bagi sistem perpajakan di Indonesia. Salah satu pencapaiannya adalah terbentuknya surat pemberitahuan pajak via online, sehingga masyarakat menjadi rajin membayar pajak.

Pencapaian ini sukses membawa nama Ani masuk ke deretan wanita inspiratif versi majalah Forbes pada 2019. Hal ini membuktikan jabatan yang diembannya sebagai menteri keuangan berhasil menjadi tangga untuk memperjuangkan kesetaraan gender.

2. Susi Pudjiastuti

Shutterstock/Bagus upc

Meski hanya lulusan SMP, Susi Pudjiastuti mampu menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia periode 2014-2019. Ketegasan dan kecerdasannya di sektor kelautan Indonesia membuat ia dinobatkan sebagai wanita inspiratif oleh BBC pada 2017.

Selama masa jabatannya, Susi berhasil menangani pencuri ikan ilegal, bahkan berani menenggelamkan kapal asing yang datang ke perairan Indonesia. Selain itu, dia juga menegaskan larangan pukat untuk menangkap ikan. Oleh karena itu, Susi Pudjiastuti menjadi tokoh emansipasi wanita di modern ini.

3. Tri Rismaharini

Shutterstock/wisnupriyono

Tokoh emansipasi wanita Indonesia yang satu ini sudah dikenal oleh banyak orang. Tri Rismaharini adalah sosok pemimpin daerah yang tegas.

Dengan keberanian, kejujuran dan ketegasannya, Ibu Risma semakin dipercaya menjadi Walikota Surabaya dan kini menjabat sebagai Menteri Sosial Republik Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju yang mulai menjabat sejak 23 Desember 2020.

Gaya kepemimpinannya yang merakyat dan juga rendah hati membuat Ibu Risma berhasil meraih titel sebagai walikota terbaik nomor 3 menurut The City Mayor Foundation pada tahun 2014.

4. Najwa Shihab

Instagram/najwashihab

Nana, sapaan akrab Najwa, merupakan sosok wanita tegas yang terkenal kerap melontarkan pertanyaan kritis di layar kaca dan menjadikannya sebagai tokoh emansipasi wanita modern kini.

Selain di televisi, Najwa Shihab terus menyalurkan ide dan semangatnya melalui YouTube dengan mengembangkan akun Narasi TV dan tetap berkarya lewat platform tersebut.

5. Angkie Yudistia

Instagram/angkie.yudistia

Sebagai seorang yang tuli, Angkie Yudistia berhasil ditunjuk menjadi Staf Kepresidenan Jokowi periode 2019-2024. Partisipasinya dalam meningkatkan kesetaraan sosial untuk kaum disabilitas.

Pencapaian lainnya diwujudkan dengan pembangunan Thisable Enterprise, Angkie Yudistia selaku penemu dan CEO berharap organisasi tersebut dapat menjadi wadah pengelolaan sumber daya manusia, baik dari kaum disabilitas maupun tidak.

6. Dian Sastrowardoyo

Instagram/therealdisastr

Dian Sastrowardoyo yang terkenal sebagai seorang aktris dari berbagai film terkenal, mampu menuangkan emansipasinya terhadap perfilman Indonesia.

Pencapaiannya dalam industry perfilman pun tidak diragukan dengan pernah menjadi juri festival film internasional Macau yang diselenggarakan di Macau, Cina. Namanya bahkan ditorehkan dalam deretan Inspiring Women versi majalah Forbes tahun 2016.

7. Maudy Ayunda

Instagram/maudyayunda

Tokoh emansipasi wanita yang lainnya adalah Maudy Ayunda yang juga merupakan penyanyi dan pemain film.

Pencapaiannya pun sudah tidak diragukan lagi, mulai dari prestasi akademik, prestasi didunia hiburan, menjadi salah satu deretan Forbes 30 Under 30 Asia 2021 hingga menjadi Juru Bicara Presiden di Konferensi G20 baru-baru ini.

Itulah tujuh tokoh emansipasi wanita Indonesia masa kini. Semoga prestasi dan pencapain mereka senantiasa menginspirasi kita semua untuk terus berkarya dan menyuarakan emansipasi wanita di tengah era digital saat ini iya.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer