5 Patung Nusantara, Jadi Ikon Pariwisata Indonesia!

Wajib Dibaca Juga!

Jika berbicara patung yang terkenal, tentunya kalian akan menyebutkan patung Liberty yang ada di Amerika ataupun Patung Christ the Redeemer di Brazil.

Jika didefinisikan patung merupakan karya sebagai wujud pengekspresian diri, gagasan, dan ide dalam bentuk seni rupa tiga dimensi.

Umumnya, patung merupakan wujud tiruan dari bentuk manusia dan alam dengan menggunakan teknik khusus seperti pahat, cetak, membutsir, dan konstruksi.

Indonesia juga memiliki patung-patung yang dikenal sebagai patung nusantara. Patung yang memiliki ciri khas, mulai dari sejarah yang biasanya berasal dari dari daerah asal-usul patung tersebut, tokoh pahlawan, hingga budaya dan ciri khas suatu daerah.

Nah, berikut patung terkenal di Indonesia yang perlu kamu ketahui.

1. Patung Garuda Wisnu Kencana (Bali)

Shutterstock/Cocos.Bounty

Patung Garuda Wisnu Kencana yang merupakan ikon pariwisata Bali dan Indonesia ini berlokasi di dalam kompleks Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, menjadi salah satu patung terkenal di Indonesia.

Patung ini dibuat langsung oleh pematung terkenal dan juga berasal dari Bali yaitu I Nyoman Nuarta pada tahun 1997.

Walaupun sempat terhenti pembangunannya pada tahun 1998 yang diakibatkan krisis moneter, belum lagi pro kontra yang dialami masyarakat Bali, hingga pada akhirnya pembangunan tersebut dilanjutkan karena banyak yang menganggap bahwa keberadaan patung nusantara ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke pulau Bali.

2. Monumen Selamat Datang (Jakarta)

Shutterstock/Donny Hery

Monumen Selamat Datang adalah sebuah monumen yang terletak di tengah Bundaran Hotel Indonesia, dan menjadi ikon bagi kota Jakarta. Patung terkenal di Indonesia berupa patung sepasang manusia yang sedang menggenggam bunga dan dan melambaikan tangan.

Patung tersebut menghadap ke utara dengan tinggi patung perunggu dari kepala sampai kaki 5 m, sedangkan tinggi seluruhnya dari kaki hingga tangan yang melambai adalah ±7 m, dan tinggi kaki patung adalah 10 m.

Ide pembuatan Patung Selamat Datang ini berasal dari Presiden Soekarno sebagai Monumen Selamat Datang dalam rangka Asian Games IV, dimana para atlet dan official menginap di Hotel Indonesia dan bertanding di komplek Olahraga Ikada (GBK), Senayan.

Rancangan awal ini dibuat langsung oleh Henk Ngantung yang merupakan wakil Gubernur DKI Jakarta pada saat itu.

3. Patung Sura dan Buaya (Surabaya)

Shutterstock/Oyek Photo

Siapa yang tidak kenal dengan legenda Sura dan Baya? Legenda satu ini memang  menjadi ciri khas kota Surabaya.

Hingga dijadikan ikon yang berlokasi di depan Kebun Binatang Surabaya, dimana patung nusantara ini terdiri atas dua hewan yang menjadi inspirasi nama kota Surabaya yaitu ikan sura (hiu) dan baya (buaya).

Sejarah singkat patung terkenal di Indonesia satu ini memang berasal dari cerita rakyat kota Surabaya, dimana terdapat perkelahian antara ikan hiu dengan buaya sehingga memutuskan untuk membagi area pemangsaannya hingga salah satunya yaitu ikan hiu berkhianat dengan mencari makan di area bauaya dan diketahuinya. Keduanya kembali berkelahi dan saling menggigit ekor.

4. Patung Jenderal Sudirman (Jakarta)

Shutterstock/wiyonoprojo

Patung Jenderal Sudirman merupakan salah satu patung nusantara yang berada di Jakarta. Patung ini memiliki tinggi 12 m dan terbuat dari perunggu seberat 4 ton dengan anggaran sebesar Rp3,5 miliar dan dikerjakan oleh seniman sekaligus dosen seni rupa Institut Teknologi Bandung (ITB), Sunario.

Patung Jenderal Sudirman dibuat berdasarkan hasil sayembara patung pahlawan pada tahun 1999 dan memiliki garis lurus yang berujung dari Patung Pemuda Membangun di Kebayoran sampai Tugu Monumen Nasional (Monas).

Pada patung ini tokoh Jenderal Sudirman berdiri kokoh menghormat dan kepala sedikit mendongak ke atas untuk memberikan kesan dinamis.

5. Patung Buddha Tidur (Mojokerto)

Shutterstock/Hani Santosa

Patung terkenal di Indonesia terakhir adalah Patung Buddha Tidur, arca yang menggambarkan Buddha Gautama tengah berbaring menghadap sisi kanan.

Sementata kepala patung bersandar di atas bantal disangga dengan lengan kanannya, posisi ini dipercayai sebagai posisi ketika Sang Buddha Gautama meninggalkan dunia memasuki Nirwana.

Itulah 5 dari sekian banyaknya patung nusantara yang ada di Indonesia. Semoga dapat menambah wawasan kita terhadap negara Indonesia ya!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer