7 Pendakian Gunung Termahal di Dunia, Nomor 3 Punya Indonesia!

Wajib Dibaca Juga!

Mendaki salah satu keajaiban di dunia adalah sesuatu yang membanggakan bagi banyak orang. Mendaki gunung sampai ke puncak akan tetap ada dalam daftar keinginan banyak pelancong pemberani.

Namun, tampaknya tantangan fisik bukan sebuah halangan seseorang tidak jadi menggapai mimpinya untuk sampai di puncak gunung-gunung raksasa. Dari beberapa penelitian menyebutkan mendaki beberapa puncak paling aspiratif di dunia memerlukan biaya hingga Rp1,2 miliar untuk satu perjalanan.

Hal ini untuk mempertimbangkan biaya bergabung dengan grup pendakian berpemandu, serta berapa banyak peralatan yang kalian perlukan untuk dibeli atau disewa.

Buat kalian yang penasaran dengan biaya naik gunung termahal di dunia, berikut daftarnya.

1. Gunung Everest, Nepal

Shutterstock/Daniel Prudek

Menempati urutan teratas, gunung Everest adalah puncak tertinggi dan pendakian paling terkenal di dunia. Tapi, yang mungkin lebih mengejutkan kalian adalah harganya. Dengan biaya naik gunung sekitar Rp1,2 miliar, pendaki baru bisa sampai ke puncaknya.

Untuk memasukkan ini ke dalam konteks, gaji tahunan rata-rata untuk seseorang di Eropa adalah Rp350,1 juta, maka satu perjalanan ke gunung Everest setara dengan gaji tiga setengah tahun.

2. Gunung Vinson, Antartika

Shutterstock/Lua Carlos Martins

Gunung Vinson di Antartika adalah salah satu puncak yang lebih mudah untuk dilalui, terletak di salah satu benua yang paling sulit dipahami.

Namun, biaya naik gunung, transportasi dan kebutuhan pemandu untuk membantu navigasi medan yang unik, kalian perlu membayar hingga Rp676 juta.

Tapi setidaknya, kalian hanya mengeluarkan setengah lebih murah dari biaya mendaki puncak Gunung Everest.

3. Puncak Jaya, Indonesia

Shutterstock/Almazoff

Puncak Jaya di Papua adalah puncak tertinggi dari negara kepulauan mana pun. Ketinggiannya mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut dan di sekitarnya terdapat gletser Carstensz, satu-satunya gletser tropika di Indonesia.

Biaya naik gunung yang harus kalian keluarkan pun sama tingginya, yakni sekitar Rp398,2 juta untuk satu kali perjalanan menuju puncak.

4. Monte San Lorenzo, Argentina

Shutterstock/Pablo Rodriguez Merkel

Terletak di perbatasan Argentina dan Chili terdapat Monte San Lorenzo. Gunung ini merupakan yang terkecil dalam daftar, namun bukan berarti biaya naik gunung yang dibutuhkan untuk menyentuh puncaknya bisa dikatakan murah.

Kalian butuh sekitar Rp133,7 juta untuk satu kali perjalanan menuju puncaknya.

5. Denali, Amerika Serikat

Shutterstock/Steve Allen

Puncak tertinggi di Amerika Utara, nama gunung ini baru saja diubah dari Mount McKinley menjadi nama aslinya, Denali. Nama tersebut diberikan oleh penduduk asli Koyukon yang mendiami gunung tersebut selama berabad-abad.

Gunung ini berdiri di ketinggian 6190 meter, biaya naik gunung ini kemungkinan akan menelan biaya sekitar Rp175,3 juta untuk perjalanan mendaki puncak bersalju ini.

6. Mera Peak, Nepal

Shutterstock/K_Boonnitrod

Nepal merupakan negara yang terkenal dengan pemandangan mengesankan dan cuaca yang ekstrim, Puncak Mera di Nepal ini berdiri di ketinggian 6.476 meter diatas permukaan laut.

Kalian dapat melihat lima gunung tertinggi ketika berdiri di puncak gunung ini. Namun, untuk dapat menyaksikan pemandangan yang luar biasa tersebut, biaya naik gunung yang perlu kalian keluarkan sekitar Rp130,6 juta.

7. Cho Oyu, Tibet

Shutterstock/Daniel Prudek

Cho Oyu, yang berarti ‘Dewi Pirus’ dalam bahasa Tibet, adalah gunung tertinggi keenam di dunia, dan terletak di tepi perbatasan antara China dan Tibet.

Dengan sejarah panjang longsoran, kegagalan teknis, dan kecelakaan fatal, pendaki harus membayar dalam jumlah cukup besar untuk memastikan mendapat perjalanan yang aman. Biaya naik gunung diperkirakan sekitar Rp489,2 juta.

Itulah daftar biaya naik gunung yang ada di dunia, pastikan siapkan biaya lebih ya untuk hal yang tak terduga.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer