8 Tempat Wisata Dieng yang Instagramable Patut Dikunjungi

Wajib Dibaca Juga!

Bicara soal tempat wisata kekinian, wisata Dieng yang berada dua wilayah yaitu Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara, Jawa Tengah, ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit.

Dikenal dengan bentangan alam yang sangat indah, ada banyak tujuan objek wisata di Dieng yang yang bisa dimasukan ke dalam daftar liburan.

1. Telaga Warna

Source: Travelspromo

Tempat wisata yang pertama adalah Telaga Warna, berada di wilayah Kejajar, Wonosobo, lokasi ini adalah salah satu tujuan wisata terfavorit.

Yang menarik dari wisata ini adalah warna air dari telaga ini bisa berubah-ubah karena kandungan belerang di dalamnya. Terlebih lagi telaga warna ini dikelilingi oleh hamparan alam yang asri, yang menambah keindahan wisata satu ini.

2. Gunung Prau

Source: Get Lost ID

Bagi para pendaki gunung atau para petualang, Dieng memiliki lokasi pendakian yang cukup ramai dikunjungi, yaitu Gunung Prau. Wisata Dieng yang satu ini memiliki puncak ketinggian 2.565 mdpl.

Di gunung ini para pendaki dapat menikmati keindahan momen matahari terbenam yang menarik, serta di pagi hari bisa melihat cantiknya matahari yang akan terbit.

3. Bukit Sikunir

Source: Tani Jiwo

Wisata Dieng yang tak kalah populer adalah Bukit Sikunir, wisata ini berlokasi di Desa Sembungan dan merupakan salah satu desa tertinggi di Pulau Jawa. Lokasi yang satu ini jadi tempat favorit para penggemar fotografi untuk memotret indahnya matahari terbit atau terbenam yang sangat mengagumkan.

4. Candi Arjuna

Source: Dieng Banjarnegara

Tak hanya memiliki keindahan alam, Dieng juga menawarkan destinasi wisata sejarah yang juga menarik. Berlokasi di Dieng Kulon, Banjarnegara, wisatawan bisa berkunjung ke Candi Arjuna. Candi ini adalah peninggalan kuno dari Kerajaan Mataram yang dulunya digunakan untuk menyembah Dewa Siwa.

5. Gua Semar

Source: Youtube

Selanjutnya ada Gua Semar, terletak di kawasan perbukitan antara Telaga Warna dan Telaga Pengilon, wisatawan bisa mengunjungi gua yang dipercaya merupakan tempat pertapaan para raja dan pemimpin negara di masa lalu.

Ini adalah destinasi wisata Dieng yang dikeramatkan, gua ini tak hanya menyimpan cerita mistis, tapi juga memiliki pemandangan tak kalah indah dari beberapa lokasi lain yang bisa membuat para pengunjung penasaran untuk menelusurinya.

6. Air Terjun Sikarim

Source: Indikator News

Tak hanya ada telaga, gua atau bukit wisata Dieng juga memiliki air terjun atau curug. Salah satu air terjun yang indah di Dieng adalah Curug Sikarim.

Curug ini terletak di Sembangun, dikelilingi oleh perbukitan berselimut pepohonan rindang yang sangat asri. Ditambah lagi dengan aliran air yang jernih, menambah kesegaran tempat wisata satu ini.

7. Museum Kailasa Dieng

Source: Wikipedia

Dieng tak hanya memberikan pemandangan yang indah lho, tapi di Dieng juga ada Museum Kailasa untuk mempelajari sejarah dataran tinggi Dieng.

Museum ini menyimpan banyak koleksi seperti artefak-artefak yang berasal dari candi kuno seperti arca, kemuncak, lingga, dan yoni dan berbagai macam patung dan benda bersejarah lainnya.

Tak sampai disitu, Museum ini juga menyimpan informasi sejarah terbentuknya dataran tinggi Dieng juga seni dan budaya yang masih dilestarikan oleh masyarakat setempat hingga saat ini.

8. Lubang Sewu

Source: Kompasiana.com

Terbentuk dari tumpukan bebatuan putih dengan tekstur berlubang, destinasi satu ini sering dijuluki sebagai Grand Canyon Mini Wonosobo. Saat musim hujan, bebatuan ini akan terendam air dari Bendungan Wadaslintang. Namun, saat air surut, wisatawan bisa menikmati keindahan eksotis dari bebatuan wisata Dieng yang instagramable ini.

Jadi, destinasi mana saja yang sudah kamu masukkan ke dalam list jalan-jalan kamu? Dengan banyak pilihan destinasi, wisata Dieng selalu ada untuk mengisi kenangan jalan-jalan kamu!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer