Bepergian Aman Naik Kereta di Tengah Pandemi Gunakan 5 Tips Ini

Wajib Dibaca Juga!

Memiliki urusan yang tak bisa terhindarkan di luar kota? Tenang saja, Anda tetap bisa menggunakan jasa kereta api saat pandemi corona ini. Tentunya dengan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi.

PT KAI sudah membuka rute antarkota mereka untuk para penumpang. Meski begitu, kereta tetaplah transportasi umum yang akan diisi oleh banyak orang yang memungkinkan Anda dapat tertular virus corona.

Kali ini kami akan memberikan tips naik kereta saat new normal yang aman untuk tetap terhindar dari virus corona selama perjalanan. Yuk, simak tips berikut ini.

1. Beli tiket online

Source: Pexels

Tips naik kereta saat new normal yang pertama adalah dengan membeli tiket secara online. Pasalnya, ini akan lebih mudah dan tidak menguras waktu untuk pergi ke stasiun langsung.

Terlebih lagi, pembelian tiket secara online juga dilengkapi dengan fitur e-boarding yang mengurangi kontak fisik selama di stasiun kereta api.

2. Siapkan surat bebas Covid-19

Source: Liputan6.com

Tips naik kereta saat new normal yang selanjutkan adalah dengan mempersiapkan surat keterangan yang menyatakan Anda bebas COVID-19. Menurut Surat Edaran no. 9 Tahun 2020, orang yang ingin melakukan perjalanan jarak jauh di dalam negeri dengan menggunakan kendaraan umum harus memberikan surat keterangan sehat.

Surat tersebut seperti tes PCR atau rapid test dengan hasil negatif dengan ketentuan berlaku yang sudah ditentukan. Namun, saat ini PT KAI juga sudah menyiapkan tes COVID-19 yaitu GeNose yang harga nya cukup terjangkau hanya Rp30 ribu saja.

3. Menggunakan alat pelindung

Source: Pexels

Menggunakan alat pelindung diri adalah salah satu syarat yang harus Anda ikuti jika ingin bepergian menggunakan kereta di saat pandemi corona masih melanda.

Sebab, tips naik kereta saat new normal satu ini termasuk ke dalam protokol kesehatan. Alat pelindung diri yang dimaksud disini tidak hanya masker, usahakan pakai face shield dan sarung tangan agar tetap terjaga. Apalagi jika perjalananmu memerlukan waktu yang lama.

Jangan lupa untuk membawa masker ganti, agar lebih efektif mencegah virus dan Anda lebih nyaman di perjalanan.

4. Bawa perlengkapan pribadi

Source: Pexels

Hingga saat ini virus corona masih merebak di Indonesia. Angkanya juga semakin melambung tinggi.

Nah, Jika Anda ingin bepergian tentu harus menyiapkan perlengkapan pribadi. Perlengkapan yang dimaksud disini adalah tisu kering, tisu basah, hand sanitizer, disinfektan, masker cadangan, dan perlengkapan kebersihan lainnya.

Tips naik kereta saat new normal ini juga disarankan untuk membawa peralatan makan dan minum sendiri, agar mengurangi resiko terkena virus.

Kebiasaan saat pandemi yang satu ini harus Anda selalu ikuti, karena hal ini tak hanya mencegah penyebaran virus, tapi juga bakteri yang berada di manapun.

5. Jaga jarak dengan orang lain

Source: Pexels

Nah, untuk tips naik kereta saat new normal yang terakhir adalah ingat untuk tetap jaga jarak. Baik saat menunggu kereta, di dalam kereta, maupun sudah sampai tujuan Anda harus tetap memperhatikan protokol kesehatan yang satu ini.

Untuk mengurangi kontak fisik saat naik kereta Anda bisa menggunakan celana dan baju lengan panjang, serta sarung tangan untuk perlindungan ekstra dari virus corona.

Nah jadi itu dia lima tips naik kereta saat new normal yang bisa Anda ingat untuk selalu menjaga diri agar tidak tertular virus corona. Intinya adalah tetap menjaga kesehatan diri Anda dan selalu patuhi protokol kesehatan di manapun Anda berada.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer