Jalan-jalan Sambil Belajar? Bisa kok, Yuk Kunjungi 5 Tempat Wisata Ini

Wajib Dibaca Juga!

Pergi wisata tak hanya tentang jalan-jalan dan mendapatkan liburan. Ada banyak hal yang bisa kamu dapat saat sedang berwisata. Mulai dari melihat hal yang belum pernah kamu lihat sebelumnya, sampai berkenalan dengan orang baru. Jika kamu ingin ingin liburan yang berbobot wisata edukasi bisa jadi pilihan tepat.

Saat ini Indonesia banyak memiliki wisata edukasi yang dapat menjadi tempat liburan sekaligus belajar. Lokasinya pun tersebar di banyak daerah di Indonesia dan tentunya juga dengan berbagai tema dan konsep yang berbeda pula.

Untuk kamu dan keluarga yang berminat untuk berwisata sembari menambah wawasan tepat sekali, berikut ini kami rangkum beberapa tempat wisata edukasi yang bisa kamu kunjungi.

1. Taman Pintar, Yogyakarta

Source: Republika

Tempat wisata yang mengedukasi pertama adalah Taman Pintar Yogyakarta. Wisata satu ini terletak di Jalan Panembahan Senopati nomor 1-3, berdekatan dengan kawasan Benteng Vredeburg. Taman ini dikelola oleh pemerintah setempat sebagai sarana belajar bagi para siswa dan orang yang ingin memperdalam ilmu pengetahuan dengan cara yang menyenangkan.

Objek wisata satu ini dibagi jadi beberapa zona dan wahana. Masing-masing zona punya tema khusus seperti zona otomotif, zona replika, zona pengolahan minyak bumi dan masih banyak lagi. Meski menyediakan banyak wahana, biaya masuk Taman Pintar ini tidak mahal.

2. Museum Angkut, Malang

Source: Pesona Keindahan Alam Indonesia

Jika sedang liburan ke Kota Malang sayang rasanya jika tak mengunjungi Museum Angkut. Destinasi liburan sekaligus wisata edukasi di Indonesia satu ini sedang naik daun beberapa tahun kebelakang.

Memadukan konsep hiburan serta edukasi, pengunjung bisa belajar mengenai alat transportasi dari masa ke masa dari banyak negara di dunia. Karena keunikannya, museum ini disebut sebagai satu-satunya tempat wisata yang menggunakan konsep angkutan di Asia Tenggara.

3. Kota Tua, Jakarta

Source: Megapolitan-kompas.com

Wisata edukasi yang akan dibahas selanjutnya ada di Ibukota. Jakarta memiliki banyak destinasi bersejarah yang cocok untuk wisata sambil belajar yang sayang banget jika kamu lewatkan.

Salah satunya yang digemari adalah wisata Kota Tua yang terletak di Jakarta Barat. Tempat wisata satu ini banyak memberi pengalaman sejarah yang mendalam tentang Jakarta di masa lampau.

Banyak spot menarik yang bisa dikunjungi mulai dari Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, Stasiun Jakarta Kota yang sudah buka sejak tahun 1929 dan lain-lain.

4. Planetarium dan Observatorium, Jakarta

Source: IDN Times

Buat kamu yang mau berwisata edukasi untuk mempelajari tentang planet dan ruang angkasa, kamu bisa datang ke Planetarium dan Observatorium Jakarta. 

Berdiri pada tahun 1969, wisata edukasi yang diprakarsai oleh Presiden Soekarno ini menyuguhkan ruang pameran benda-benda ruang angkasa hingga pertunjukan Teater Bintang yang canggih. Tempat liburan satu ini bisa kamu temukan di kawasan Taman Ismail Marzuki.  

5. Kidzania, Jakarta

Source: Viator

Nah wisata edukasi terakhir yang akan dibahas adalah Kidzania. Tempat ini sangat cocok untuk media belajar sekaligus berlibur untuk anak-anak. Banyak yang bisa dilakukan di tempat ini yang akan menambah pengetahuan dan pengalaman anak-anak. Disini anak-anak bisa menjalankan berbagai profesi seperti pemadam kebakaran, pilot dan masih banyak lagi dengan atribut lengkap menjadikan mereka seperti pekerja asli. Wisata ini berada di pusat perbelanjaan sehingga seluruh keluarga bisa melakukan berbagai aktivitas lain.

Jad itulah lima wisata edukasi yang bisa kamu kunjungi. Selain mendapat hiburan, tempat-tempat wisata ini juga bisa menambah pengetahuan kamu.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer