Liburan Pantai Aman dan Nyaman di Tengah Pandemi? Berikut 5 Tipsnya!

Wajib Dibaca Juga!

Saat liburan tiba atau saat sedang ingin menenangkan pikiran banyak orang memilih pantai sebagai tempat tujuan mereka. Namun, setelah pandemi COVID-19 mulai  pada tahun 2020 lalu berwisata atau bepergian ke berbagai tempat wisata masih dianggap tidak cukup aman.

Kini tahun sudah berganti, meski virus COVID-19 masih mewabah sektor pariwisata dalam negeri sudah mulai kembali pulih. Dengan sejumlah tempat wisata yang mulai dibuka kembali dan para wisatawan mulai merencanakan perjalanan mereka.

Saat berwisata tentu kita akan bertemu dengan banyak orang dan membuat kita was-was akan penyebaran COVID-19.

Untuk itu, perlu tips berwisata ke pantai yang aman dari COVID-19. Berikut ini kami rangkum tips-tipsnya untuk kamu!

1. Periksa aturan

Source: Pexels

Tips berwisata yang pertama adalah periksa aturan yang berlaku di tempat tujuan wisata. Persyaratan terkait pengendalian COVID-19 mungkin berbeda di berbagai tempat.

Seperti mungkin beberapa tempat membebaskan aturan melakukan semua aktivitas namun ada juga yang melakukan pembatasan dengan hanya boleh berlari, berjalan-jalan saja. Tidak diizinkan untuk piknik atau bermalam di area pantai.

Beberapa daerah juga melakukan pengendalian pandemi dengan cara membatasi tempat parkir atau kapasitas pengunjung dibatasi 50 persen dan menjual sedikit tiket.

Jika kalian benar-benar ingin berwisata ke pantai, tips berwisata yang penting adalah jangan lupa tetap membawa peralatan anti pandemi seperti tisu desinfektan dan pembersih tangan, serta jangan lupa untuk mencuci tangan dan mandi setelah sampai di rumah.

2. Jaga jarak

Source: Pexels

Tindak pencegahan yang satu ini sama seperti saat kalian berbelanja  di pasar, taman atau tempat umum lainnya yang juga berlaku saat berkunjung ke pantai.

Lakukan jaga jarak dengan wisatawan atau orang-orang di pantai dengan jarak setidaknya enam kaki demi keselamatan dan Kesehatan dari bahaya pandemi COVID-19. Ini menjadi tips berwisata yang harus dilakukan di manapun dan harus dilakukan.

3. Usahakan jangan pakai fasilitas umum

Source: Pexels

Tips berwisata yang selanjutnya adalah sebisa mungkin untuk menghindari fasilitas umum. Ini harus dilakukan sebab kita semua tahu bahwa fasilitas umum memiliki banyak permukaan dengan sentuhan tinggi.

Beberapa permukaan yang sering disentuh seperti, gagang pintu, pegangan toilet atau keran toilet. Saat mendesak menggunakan fasilitas umum jangan lupa untuk langsung segera membersihkan tangan dengan tisu desinfektan.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh England Journal of Medicine pada bulan Maret jumlah virus corona yang dapat hidup di permukaan plastik dan baja tahan karat hingga 72 jam.

4. Berenang dengan aman

Source: Pexels

Salah satu perantara infeksi yang potensial adalah air liur atau lendir dari orang yang terinfeksi COVID-19 yang mungkin saja di di air tempat kalian akan berenang.

Meski tidak ada data mengenai ketahanan virus corona di dalam air, Penelitian yang dilakukan oleh profesor virologi dan ilmu lingkungan di University of Arizona di Tucson, Charles Gerba, menunjukkan bahwa virus corona dapat menyebabkan flu biasa bisa bertahan di air tawar hingga 3 hari lamanya.

Lantas ini masuk dalam tips berwisata untuk mencegah COVID-19 sebab bahaya masih mengintai dan kemungkinan terpapar virus bisa saja terjadi.

5. Gunakan Kendaraan Pribadi

Source: Pexels

Menggunakan transportasi umum seperti kereta api atau pesawat memang memudahkan kita untuk lebih cepat sampai tempat tujuan. Namun, menaiki transportasi umum tersebut memiliki risiko yang terbilang tinggi terhadap penularan virus corona karena pasti ada kerumunan penumpang lainnya yang naik transportasi umum tersebut.

Untuk menghindari hal ini, kalian bisa menaiki kendaraan pribadi jika tujuan wisata masih terjangkau atau terbilang dekat. Tips berwisata kali ini selain lebih aman, juga bisa lebih santai menikmati pemandangan selama perjalanan menuju lokasi wisata.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer