Liburan Tetap Nyaman Saat Musim Hujan, Yuk Ikuti 6 Cara Ini!

Wajib Dibaca Juga!

Musim hujan kerap menjadi kendala untuk berlibur, tetapi bukan berarti kalian tidak bisa traveling sama sekali. Persiapan yang matang akan membuat liburan kalian tetap nyaman meskipun turun hujan. Berikut beberapa tips liburan di musim hujan agar perjalanan kalian tetap nyaman.

1. Cek ramalan cuaca

Shutterstock/OSORIOartist

Buat kalian yang berencana mengunjungi wisata alam, tips liburan di musim hujan adalah dengan memeriksa prakiraan cuaca sebelum bepergian akan membantu kalian mengantisipasi masalah cuaca  di destinasi tujuan.

Namun kalian juga harus bersiap dengan semua situasi, karena hal itu merupakan risiko dari liburan di musim hujan. Dengan mengecek prakiraan cuaca, kalian bisa merencanakan kunjungan ke destinasi wisata.

Misalnya, pilihlah waktu keliling objek wisata saat prakiraan cuaca menunjukkan cuaca terang. Kalian juga harus sadar bahwa prakiraan cuaca tak selalu benar, dan kalian juga harus bersiap dengan kondisi terburuk.

2. Pilih pakaian cepat kering

Shutterstock/1989studio

Pakaian basah kuyup adalah hal yang tidak nyaman dan itu bisa saja jika  terjadi ketika kalian berlibur di musim hujan. Jadi, kalian harus mempersiapkan mental dengan kondisi tersebut.

Tips liburan di musim hujan agar kalian tetap nyaman adalah membawa pakaian dengan bahan yang cepat kering. Misalnya, dengan menggunakan pakaian berbahan katun ringan tentu lebih menguntungkan daripada pakaian jeans atau wol. Dan ini akan mempermudah kalian mengeringkan pakaian di penginapan dalam waktu singkat.

3. Bawa payung dan jas hujan

Shutterstock/Hanhalo Yehor

Tips liburan di musim hujan berikutnya dengan membawa perlengkapan yang wajib dibawa saat musim hujan, yaitu payung dan jas hujan. Kalian bisa memilih payung lipat sehingga barang bawaan tetap efisien.

Pastikan kedua barang itu berada di tempat yang mudah dijangkau, sehingga kalian tidak perlu repot membongkar tas ketika turun hujan secara tiba-tiba.

Selain payung dan jas hujan, sebaiknya kalian juga menggunakan tas anti air yang akan menjaga barang bawaan kalian terjaga tetap kering.

4. Bawalah vitamin untuk tubuh

Shutterstock/1989studio

Cuaca yang tidak menentu berisiko pada Kesehatan tubuh kalian. Oleh sebab itu, kalian harus  membawa sejumlah vitamin saat di liburan di tengah musim hujan. Hal ini merupakan tips liburan di musim hujan yang harus kalian ingat.

Hal tersebut untuk memastikan kondisi tubuh kalian tetap fit meskipun dengan cuaca tidak menentu. Selain it, kalian harus pastikan menjaga asupan makanan selama perjalanan.

Jangan sampai tumbang saat liburan karena hal tersebut justru akan membuat perjalanan kalian berantakan.

5. Pilihlah lokasi indoor

Shutterstock/Salvador Maniquiz

Agar liburan kalian tetap nyaman meskipun di tengah musim hujan, kalian bisa mensiasati dengan memilih destinasi wisata dalam ruangan atau indoor. Karenanya, kalian perlu membuat rencana perjalanan dengan matang khususnya saat berlibur pada musim hujan.

Saat ini, banyak destinasi wisata indoor yang menyediakan fasilitas tak kalah menarik dengan obyek wisata outdoor. Bahkan sejumlah destinasi wisata indoor telah dilengkapi dengan wahana, taman bermain, dan lainnya serupa dengan obyek wisata outdoor. Jadi, kalian tetap bisa menikmati liburan meskipun di luar ruangan turun hujan.

6. Siapkan dana ekstra

Shutterstock/bangoland

Tips liburan di musim hujan yang terakhir adalah dengan harus memiliki dana ekstra. Sebab, cuaca yang tidak menentu juga bisa membuat pengeluaran membengkak, dan kalian membutuhkan dana ekstra.

Misalnya, ketika hujan turun kalian harus menyewa mobil padahal pada rencana awal perjalanan bisa dijangkau menggunakan motor atau jalan kaki. Alhasil, kalian harus mengeluarkan biaya ekstra untuk transportasi. 

Itu adalah enam tips liburan di musim hujan yang dapat kalian coba agar perjalanan tetap nyaman. Hal yang paling utama adalah dengan mempersiapkan mental bahwa dalam perjalanan bisa saja kalian kehujanan sehingga perjalanan terkendala.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer