Pengen Liburan? Coba Nabung Pake 7 Tips Ini Yuk!

Wajib Dibaca Juga!

Pergi berlibur ke tempat baru adalah hal yang menyenangkan. Apalagi dilakukan setelah penat dengan melakukan aktifitas seperti pekerjaan yang melelahkan, momen liburan adalah hal yang sangat dinantikan.

Untuk pergi berlibur tentu saja kita memerlukan biaya lebih dan terkadang tidak murah. Jadi, jika ingin pergi berlibur dengan maksimal tentunya kita harus menyiapkan uangnya.

Berikut kami rangkum cara nabung buat liburan yang bisa kamu coba untuk melancarkan liburan impian.

1. Tentukan tujuan

Source: Pexels

Cara nabung buat liburan yang pertama adalah dengan menentukan destinasi yang ingin kamu tuju. Dengan mengetahui tempat-tempat berliburmu nanti, kamu dapat memperkirakan uang yang dibutuhkan.

2. Sisihkan uang gaji

Source: Pexels

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyisihkan uang gajimu. Usahakan pisahkan uang di awal gajian hingga uang gaji tidak akan ludes terlebih dahulu. Usahakan untuk membuat rencana anggaran untuk liburanmu.

3. Tulis rinci biaya perkiraan liburan

Source: Pexels

Ketika kamu punya rencana untuk liburan cara nabung buat liburan yang selanjutnya adalah merinci biaya perkiraan liburan. Ketika ingin berlibur hendaknya kamu tahu kisaran jumlah total biaya hingga dapat mempermudah mencapai target nabung.

Hitung keseluruhan biaya seperti akomodasi seperti tiket pesawat pulang-pergi, biaya hotel untuk beberapa hari biaya masuk tempat wisata dan masih banyak lagi.

4. Konsisten menabung

Source: Pexels

Jika niatmu menabung untuk liburan tentunya kamu menginginkan liburan secepatnya bukan? Nah, jika ingin cepat berangkat berlibur cara nabung buat liburan yang bisa kamu ingat adalah konsisten. Tak masalah jika uang yang disisihkan tidak sama, namun setidaknya kamu tetap menabung setiap hari.

5. Tingkatkan motivasi menabung

Source: Pexels

Ketika sudah di tengah perjalanan menabung, mungkin kamu akan merasa malas dan tidak bersemangat lagi. Ada banyak godaan yang akan mengganggumu untuk tidak menabung bahkan menggunakan uang itu misalnya untuk membeli barang diskon atau barang branded yang menggoda.

Jika kamu sudah mengalami gangguan-gangguan semacam ini mungkin kamu perlu mengingat cara nabung buat liburan yang selanjutnya, yaitu tingkatkan motivasi menabungmu.

Caranya cukup mudah, kamu bisa print foto tempat wisata yang akan kamu tuju dan letakkan ditempat yang mudah kamu lihat seperti dinding kamar atau meja kerja, sehingga kamu akan mengingat dan makin bersemangat untuk menabung.

6. Mengumpulkan uang receh

Source: Pexels

Banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat menabung sehingga bisa berlibur ke tempat wisata yang kamu idamkan. Salah satu cara nabung buat liburan yang cukup efektif adalah dengan mengumpulkan uang receh.

Biasanya uang receh dapat dari uang kembalian yang sering kali diabaikan. Padahal jika kamu mengumpulkannya atau menabung uang receh dalam jangka waktu tertentu itu bisa kamu jadikan sebagai dana liburan.

Mulai sekarang, saat kamu punya uang receh masukkan ke dalam kaleng atau celengan dan kumpulkan. Yakin deh, lama-lama menjadi bukit.

7. Cegah pengeluaran yang tak perlu

Source: Pexels

Cara nabung buat liburan yang terakhir adalah mulai belajar untuk mengurangi pengeluaran yang tidak begitu penting. Sebisa mungkin mulai saat kurangilah pengeluaran yang tidak penting, misalnya jika biasanya hampir setiap hari kamu mengeluarkan uang untuk nongkrong dan ngopi.

Mulai sekarang mulai batasi kegiatan itu, tentu tetap boleh nongkrong bareng teman namun tidak perlu sering-sering. Itu bisa membuat uangmu jadi mudah terkumpul untuk segera pergi berlibur. Yuk mulai berhemat!

Itulah beberapa tips cara nabung buat liburan yang bisa kamu lakukan. Semoga Informasi yang kami bermanfaat.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer