Tips Aman Naik Gunung Untuk Para Pemula, Nomor 2 Wajib Diingat!

Wajib Dibaca Juga!

Gunung adalah tempat favorit yang banyak dikunjungi kalangan remaja, baik yang sudah atau belum berpengalaman. Mendaki gunung tidak hanya dilakukan para pencinta alam saja, kegiatan ini disukai oleh banyak kalangan, termasuk sebagai hiburan penghilang penat.

Uji kemampuan pasti akan kalian lakukan saat mendaki gunung karena membutuhkan kekuatan, kecerdasan, keterampilan, dan kegigihan untuk melewati semua bahaya dan tantangan dalam pendakian kalian.

Untuk kalian para pemula, ini beberapa tips mendaki gunung yang bisa kalian jadikan referensi sebelum melakukan olahraga ekstrem ini.

1. Membawa peralatan yang mumpuni

Shutterstock/Alex SG

Tips naik gunung pemula adalah dengan memilih medan yang tidak terlalu sulit dan ditingkatkan secara bertahap. Tentunya jika kalian sudah terbiasa mendaki gunung.

Baik medan yang mudah ataupun sulit, memerlukan persiapan yang matang dan salah satunya adalah peralatan yang mumpuni seperti ransel tahan air, alat navigasi, air kemasan, makanan ringan, senter, obat-obatan, dan peralatan lainnya.

2. Membawa pakaian hangat

Shutterstock/Sotnikov Misha

Saat mendaki gunung kesalahan yang sering dilakukan adalah memakai pakaian biasa. Pakain tersebut belum tentu melindungi diri kalian dari medan berat yang kalian hadapi saat mendaki.

Tips naik gunung pemula yang harus kalian kenakan adalah sepatu khusus mendaki, jaket tahan air dan hangat, kaos kaki, dan celana panjang tahan air.

3. Makanan dan minuman yang cukup

Shutterstock/Aleksey Matrenin

Bagi kalian yang baru akan mengawali pendakian pertama kalian, banyaknya makanan yang harus dibawa menjadi hal yang membingungkan. Khawatir kurang jika sedikit, tetapi semakin berat beban jika membawa terlalu banyak.

Tips naik gunung pemula adalah dengan membawa makanan ringan yang tinggi kalori dan karbohidrat. Dan untuk minumnya, kalian bisa mengkonsumsi 1 liter air setiap 2 jam pendakian. Jumlah konsumsi air ini tergantung medan dan suhu yang kalian lewati.

4. Ketahui cara aman mendaki

Shutterstock/Jacob Lund

Bagi kalian para pemula, tips naik gunung pemula yang tidak boleh disepelekan adalah mengetahui rute dan medan gunung yang akan didaki, membawa sejumlah peralatan, pakaian yang mumpuni, ketahui prakiraan cuaca setempat sebelum mendaki, lakukan dengan hati-hati dan konsisten.

5. Perhatikan langkah

Shutterstock/Monkey Business Images

Saat melakukan pendakian, tips naik gunung pemula adalah memperhatikan Langkah kaki agar tidak terkilir karena medan yang tidak rata. Pasalnya, risiko terbesar yang dialami pendaki adalah melangkah di tempat yang salah.

Bukan hanya terkilir ataupun tersandung akar pohon, kalian juga bisa saja menginjak satwa liar seperti ular beracun.

6. Beritahu orang terdekat saat akan melakukan pendakian

Shutterstock/Ground Picture

Tips naik gunung pemula adalah dengan memberitahu orang terdekat saat ingin pergi mendaki. Beritahu mereka tentang kapan dan dimana kalian akan melakukan pendakian. Hal tersebut untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti tersesat ataupun terjebak di atas gunung.

Dan hal tersebut dapat meningkatkan peluang untuk ditemukan apabila sesuatu yang buruk terjadi.

7. Hal yang tidak dan harus kalian lakukan

Shutterstock/Rawpixel.com

Kalian para  pendaki pemula harus bisa menghormati alam dan pendaki lain dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, tidak meninggalkan apapun kecuali jejak kaki, jangan merusak pohon, buang air besar di jalur pendakian, jangan membuat  bising atau mendengarkan musik keras, jangan mengambil apapun kecuali gambar atau foto.

Setelah melakukan pendakian kalian juga harus melakukan beberapa hal seperti melakukan peregangan otot untuk pemulihan, konsumsi banyak cairan untuk menghidrasi tubuh, konsumsi makanan sehat bergizi seimbang, mencuci dan membersihkan peralatan yang kalian gunakan.

Poin terpenting adalah jangan sampai keinginan kalian untuk refresh pikiran dengan mendaki gunung menjadi hal yang bisa  merusak alam.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer