Tips Wisata Murah Bromo, Cocok Untuk Berlibur di Akhir Bulan

Wajib Dibaca Juga!

Berwisata ke Bromo memang menjadi pilihan dari banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Wisata alam ini memang menawarkan anda suasana asri pegunungan dengan view yang luar biasa indah. Gunung Bromo masih tergolong gunung berapi aktif, dengan ketinggian 2.329 MDPL. Karena sudah dikelola oleh pemerintah setempat, sehingga lokasi wisata alam ini dibuat semudah mungkin untuk diakses para wisatawan. Kamu bisa berswapoto dengan pemandangan yang sangat indah disana.

Dibalik keindahan feeds kamu di media social dengan latar belakang bromo yang indah, tentunya tidak seindah biaya yang akan kamu keluarkan untuk menikmati pemandangan tersebut. Terlebih lagi jika kamu hanya memiliki budget minim. Nah, untuk mensiasati hal tersebut, kamu bisa mencontoh tips wisata murah Bromo ala backpacker dengan membawa ransel dan perlengkapan seperlunya ini biasanya akan meminimalisir barang bawaan dan menghindari hal – hal yang tidak terlalu penting dalam berwisata.

Nah, berikut tips wisata murah Bromo tetap menyenangkan, walaupun dengan budget yang minim:

1. Pilih transportasi yang murah

Memilih transportasi yang murah bisa menjadi tips wisata murah Bromo yang pertama, seperti kamu yang berdomisili di Jakarta bisa menggunakan kereta api ekonomi jurusan Jakarta – Malang dengan kisaran Rp 109.000 saja berangkat dari Stasiun Pasar Senen.

2. Tidak Bingung Saat Sampai Di Bromo

Saat kamu berwisata kemanapun salah satunya Bromo. Kamu jangan menunjukan raut wajah yang bingung, meskipun memang kamu sedang bingung terkait mencari sesuatu. Hal ini dapat dengan mudah dibaca oleh para calo dan dapat mengecohkan pilihan kamu.

3. Cari Penginapan Murah

Tips wisata murah bromo selanjutnya adalah memilih penginapan murah seperti homestay atau rumah penduduk dengan budget Rp 75.000 – Rp 150.000 yang berada di Cemoro Lawang, Bromo.

4. Pertimbangkan untuk Menyewa Jeep

Jalur penanjakan Bromo memang tidak bisa dilewati oleh kendaraan biasa, sehingga kamu perlu menyewa mobil Jeep untuk dapat menikmati keindahan di kaki gunung Bromo. Tarif sewa mobil jeep yang ditawarkan sekitar Rp 600.000 untuk mengunjungi 4 spot wisata dan membayar harga tiket masuk Taman Nasional Rp 32.000 per orang.

5. Tidak Perlu Khawatir Soal Makanan

Tips wisata murah Bromo selanjutnya dengan memilih makanan yang murah. Selain mie instant, warung-warung di sekitar Bromo juga menjual Nasi Pecel, Soto Ayam, Bakso, dll dengan harga yang murah sekitar Rp 10.000 – Rp 25.000 saja.

6. Jangan Ragu untuk Jalan Kaki

Selain menyewa mobil jeep sebagai alternatif sampai Pananjakan 1 yang berjarak 7 KM, kamu bisa memilih untuk berjalan kaki. Namun, kamu perlu berjalan dari waktu subuh supaya kamu menyaksikan sunrise yang indah dengan latar belakang Gunung Bromo, Gunung Batok, Gunung Kursi, dan Gunung Semeru dari Pananjakan 1.

7. Kunjungi Spot Menarik Di Gunung Bromo

Pada spot Pananjakan 1, kamu bisa mengabadikan keindahan alam Bromo dari beberapa view point. Spot Seruni Point, Bukit Cinta, Puncak B29 Bromo, Bukit Kingkong, Kawah Gunung Bromo, Padang Savana, dan bukti Teletubbies juga bisa menjadi spot menarik yang harus kamu kunjungi selama di Gunung Bromo. Spot menarik ini bisa mempercantik feeds Instagram kamu, lho!.

8. Bawa Baju Hangat dan Perlengkapannya

Baju hangat lengkap dengan sarung tangan, topi, hingga kaos kaki menjadi perlengkapan wajib yang harus kamu bawa ketika berlibur ke Bromo. Pasalnya suhu di Bromo berkisar antara 11 – 17 derajat Celsius.

9. Selalu Sedia Uang Tunai

Sebelum memulai perjalanan berlibur kamu, kamu perlu menyediakan uang tunai, karena disana tidak ada mesin ATM dan semua toko disana tidak menyediakan mesin EDC untuk menggesek kartu kredit kamu, ya!.

10. Bawa Perlengkapan Fotografi

Karena gunung menrupakan spot menarik untuk diabadikan, hunting foto bisa jadi aktivitas yang menyenangkan ketika kamu di Bromo. Kamu bisa menyiapkan perlengkapan lengkap fotografi ataupun kamera smartphone saja.

Itulah tips wisata murah untuk berlibur ke Gunung Bromo, jangan lupa dicatat ya!.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer