Gak Pake Mahal! Cukup Keluarin Budget Segini Buat Wisata ke Jogja

Wajib Dibaca Juga!

Ilustrasi Liburan di Jogja

Jogja merupakan kota yang meninggalkan kesan tersendiri bagi masyarakat Indonesia, mengunjungi beberapa tempat wisata disana tentunya memerlukan biaya. Biaya berlibur ke Jogja tentunya dapat kalian sesuaikan berdasarkan kebutuhan, misalnya lama hari, tempat wisata yang dikunjungi dan tempat menginap. Tentunya budget yang kalian keluarkan bisa dibilang murah atau mahal tergantung alokasi biaya yang kalian keluarkan.

Berikut merupakan budget liburan di Jogja selama tiga hari dua malam dengan harga terjangkau yang bisa kalian nikmati. Cocok untuk kalian yang sedang backpacker dari Jakarta ke Jogja berdua.

1. Transportasi

Budget liburan di Jogja tentunya transportasi. Kalian bisa menggunakan kereta yang ditempuh kurang lebih selama 8 jam 39 menit, dengan rute Stasiun Senen,Jakarta menuju Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta.

Kalian bisa menggunakan Kereta Bengawan yang merupakan harga paling murah Rp. 74.000 per orang. Kereta ini berangkat dari Stasiun Senen 11.20 WIB dan sampai di Lempuyangan 19.42 WIB.

Tiket kereta Bengawan, hari Jumat total dua orang seharga Rp. 148.000. Apabila kalian menggunakan kereta yang sama, total Pergi-Pulang (Jakarta-Yogyakarta) Rp. 296.000.

2. Kendaraan Bermotor

Dengan menyewa kendaraan bermotor pastinya akan menekan budget liburan di Jogja dengan kisaran harga sewanya Rp. 60.000 hingga Rp. 120.000. Namun, kalian bisa saja mendapatkan yang lebih murah atau lebih mahal karena cukup bervariasi. Untuk syarat sewa sepeda motor, biasanya diberikan tiga pilihan sebagai jaminan, di antaranya KTP, STNK asli, Kartu Pegawai, KK atau NPWP.

Misalnya, kalian menyewa motor Beat dengan harga Rp. 60.000/ hari. Total biaya untuk menyewa selama 3 hari 2 malam Rp. 120.000, harga ini belum termasuk BBM.

3. Penginapan

Rekomendasi penginapan untuk budget liburan di Jogja adalah Hotel Makuta (Makuta Guest House) yang berlokasi di Jl. Prawirotaman 2 No. 839, Jalan Prawirotaman, Mergangsan, Yogyakarta. Biaya sewa di hotel ini Rp. 190.000/hari dengan jarak tempuh dari alun-alun kidul memakan waktu 5 menit, menggunakan motor.

Hotel berbintang satu ini cukup murah, dengan fasilitas yang lumayan bagus. Kalian bisa menikmati sarapan gratis untuk dua orang, kopi dan teh gratis, air mineral, AC dan Wifi gratis. Total biaya yang akan kalian keluarkan, apabila menginap selama tiga hari dua malam sekitar Rp. 380.000 saja. Dan pemesanannya bisa kalian akses di Traveloka, Tiket.com dan lainnya.

4. Makanan

Budget liburan di Jogja adalah makanan. Kota ini terkenal akan dunia kuliner khasnya. Jika pergi ke Jogja, kalian jangan sampai melewatkan makanan khasnya selain gudeg yaitu angkringan. Beragam menu makanan di angkringan dijual dengan harga yang cukup murah mulai dari Sego Kucing atau Nasi Kucing Rp 1.500-Rp 3.000 per porsinya dengan lauk mulai dari Rp.500 – Rp.2000. Jika ditotal, kalian tidak akan menghabiskan banyak biaya makan di angkringan. Kalian hanya perlu membawa budget sekitar Rp 30.000 untuk dua orang dan sudah mengenyangkan perut.

Selain angkringan, kalian juga bisa mengunjungi restoran dengan harga murah di antaranya Moelih Ndeso di Jl. beringin 1 Denokan, Maguwoharjo, Depok, Sleman. Harga makanan mulai dari Rp.11.000/porsi

5. Berapa total biaya?

Jika ditotal, budget liburan di Jogja yang akan kalian keluarkan adalah biaya kereta Rp. 296.000, biaya sewa motor selama 3 hari 2 malam Rp. 120.000, Penginapan Rp. 380.000, makan dan liburan ke tempat wisata sekitar Rp. 400.000 selama 3 hari. dan oleh-oleh sekitar Rp.200.000. Total yang kalian gunakan untuk berlibur selama 3 hari 2 malam sebesar Rp. 1.396.000.

Gimana nih? menurut kalian budget liburan di Jogja Rp. 1.396.000 selama 3 hari 2 malam terbilang murah atau mahal menurut kalian.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer