10 Aturan Ketat Negara Singapura, Patuhi atau Sanksi?

Wajib Dibaca Juga!

Setiap negara tentu memiliki aturan yang ketat, hal ini dilakukan untuk membuat ketertiban bagi masyarakatnya. Lalu, apakah kamu sudah tau peraturan ketat yang ada di negara Singapura ? Negara Singapura terkenal dengan negara yang teratur dan tertib melalui penegakan aturan denda bagi para pelanggar aturan sehingga mendapatkan gelar ‘the fine city’. Denda tersebut bermaksud untuk menjadi punishment bagi warga yang tidak taat dan alat kontrol keteraturan kota melalui penggunaan kamera pengawas di pelosok kota. Nah, berikut beberapa peraturan yang diterapkan di negara Singapura.

1. Mengunyah permen karet

Aturan ketat negara Singapura yang paling terkenal adalah adanya aturan mengunyah permen karet. Aturan ini telah dibuat dan diresmikan sejak tahun 1992, saat pemerintah menyadari bahwa permen karet dapat memicu sejumlah gangguan publik seperti tingkah laku masyarakat yang menempelkan sisa permen karet pada sensor pintu kereta Mass Rapid Transit sehingga menyebabkan sensor yang tidak berfungsi dengan benar.

Oleh karena itu, pemerintah negara Singapura melarang warganya menjual ataupun mengimpor permen karet. Sanksi yang diberikan pun tidak main-main, denda yang cukup besar hingga hukuman penjara.

2. Menyalakan Petasan

Menyalakan petasan dengan dentuman keras juga diatur dalam aturan ketat negara Singapura. Namun, dikecualikan pada saat perayaan tertentu seperti festival dalam perayaan kemerdekaan negara Singapura atau National Day setiap tanggal 9 agustus.

3. Shisa

Sejak tahun 2016, shisa yang merupakan metode merokok ala Timur Tengah ini dianggap oleh pemerintah Singapura sebagai awal mula bagi para warga non-perokok menjadi terbiasa merokok atau bahkan menjadi kecanduan tembakau. Sebab itu, shisa dilarang dan menjadi aturan ketat negara Singapura.

4. Rokok Elektrik/Vape

Sama halnya dengan shisa, rokok elektrik/vape juga dilarang oleh pemerintah Singapura dengan alasan yang sama pada larangan shisha. Bahkan jika ketahuan membawa, memiliki dan menggunakan nya walaupun dirumah pribadi, maka akan dikenakan denda yang cukup besar. Hal ini juga melarang dalam pengadaan impor maupun distribusi rokok elektrik tersebut.

5. Telanjang

Larangan bertelanjang di ruang public maupun tempat tinggal pribadi. Maksudnya adalah saat dalam keadaan bertelanjang, jendela harus tetutup rapat sebelum tidak mengenakan pakaian di dalam rumah. Diketahui, jika ketahuan maka orang tersebut harus membayar denda sebesar 2000 dollar Singapura atau setara dengan Rp 21 juta atau kurungan penjara 3 bulan.

6. Memelihara, atau Memperjual belikan Hewan Eksotis

Aturan ketat negara Singapura lainnya adalah memelihara, atau Memperjualbelikan Hewan Eksotis tanpa ada izin akan dikenakan sanksi hingga hukuman penjara. Aturan ini diberlakukan guna melindungi ekosistem dan keanekaragaman hayati yang ada di negara Singapura.

7. Membawa Durian di Transportasi Umum

Durian dikenal dengan baunya yang sangat menyengat. Oleh karena itu, pemerintah Singapura melarang masyarakatnya membawa durian di trsnportasi umum, guna kenyamananya bagi pengguna transportasi umum lainnya.

8. Berkumpul Lebih dari Tiga Orang

Singapura juga melarang masyarakat nya yang berkumpul di ruang publik diatas jam 10 malam. Aturan ketat negara Singapura ini dibuat dengan maksud mencegah resiko pelanggaran hukum.

9. Membeli alkohol setelah pukul 22.30

Sejak tahun 2015, pemerintah Singapura melarang penjualan dan konsumsi alcohol di ruang public diatas jam setengah 11 malam hingga jam 7 pagi. Hal ini juga berlaku pada suatu acara yang menyajikan alcohol, sehingga harus mengantongi izin. Jika ketahuan melanggar, maka akan dikenakan denda sekitar 10.000 dollar Singapura atau Rp 105 juta.

10. Buang Sampah dan Meludah Sembarangan

Peraturan yang sangat umum ini juga menjadi aturan ketat negara Singapura. Bagaimana tidak? Jika melanggarnya saja kamu harus mengeluarkan denda sebesar 500 dollar Singapura atau Rp 5,3 juta. Bahkan larangan meludah juga dapat dikenakan denda 1000 dollar Singapura.

Nah, Itu dia beberapa aturan ketat negara Singapura. Tidak heran ya, jika Singapura menjadi salah satu negara yang disiplin dan ketat menjaga kebersihan. Tetap patuhi peraturan yang ada di sekitarmu, ya!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer