6 Software Edit Video, Profesional dan Pemula Bisa Pakai!

Wajib Dibaca Juga!

Untuk mengedit video menggunakan PC, berbagai software editing video dapat kalian gunakan. Meskipun editing video saat ini ada banyak untuk smartphone, tetapi belum ada yang mampu menyaingi deretan software PC.

Melakukan editing video di PC, kalian bisa melakukannya dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Tentunya hasilnya pun juga bisa dijamin lebih berkualitas dengan menggunakan software yang memang bagus.

Bagi kalian yang tertarik editing melalui PC, berikut rekomendasi software editing video yang bisa kalian coba.

1. Final Cut Pro

Shutterstock/Aleksey H

Final Cut Pro adalah software editing video yang cocok buat kalian yang sudah familiar dengan Mac. Software yang dirilis sejak 2011 ini memiliki tampilan yang serupa dengan software Mac lainnya.

Kalian juga bisa menggabungkan Final Cut Pro degan koleksi iTunes dan Photos milik kalian. Dan itu akan lebih memudahkan kalian untuk import video yang akan kalian edit.

Secara umum, Final Cut Pro dapat kalian gunakan baik oleh editor video amatir maupun profesional karena fiturnya yang lengkap dan mudah dipahami.

2. Adobe Premiere Pro

Shutterstock/senrakawa

Salah satu software editing video dari Adobe yang sangat populer. Adobe Premiere Pro pasti tidak asing lagi kalian dengar. Serupa dengan software sebelumnya, Adobe Premiere Pro dapat kalian gunakan untuk pemula maupun profesional.

Software yang diluncurkan pada akhir 2003 ini memiliki fitur yang terorganisir dan lengkap. Kalian dapat menemukan dengan mudah tools karena berada dalam satu bagian yang sama dengan tools serupa lainnya.

Buat kalian yang baru belajar mengedit video, kalian perlu menonton beberapa video tutorial untuk dapat menggunakan Adobe Premiere Pro dengan baik. 

3. Sony Vegas

Shutterstock/Tanitka

Sony Vegas merupakan software editing video yang sering dibandingkan dengan Adobe Premiere Pro dan Final Cut Pro. Vegas Creative adalah pengembang software ini dan banyak digunakan oleh editor video profesional karena memiliki pilihan fitur yang lengkap.

Buat kalian yang baru belajar mengedit video, Sony Vegas mudah untuk kalian pelajari karena tampilannya yang sederhana.

Jika kalian tertarik untuk menjadi content creator, vlogger, atau YouTube-ers, Sony Vegas adalah software edit video untuk PC yang menarik untuk dipilih. Karena memiliki keunggulan fitur edit audionya. Ada berbagai pilihan yang dapat membuat video kalin memiliki kualitas audio yang sangat baik.

4. Filmora

Shutterstock/lidiasilva

Untuk kalian para pemula, Filmora adalah software editing video yang sangat cocon kalian gunakan. Karena memiliki fitur yang mudah digunakan dan tampilan yang simpel.

Pada software editing video ini memiliki sekitar 100 transisi yang bisa mempercantik video kalian. Tetapi transisi ini tidak bisa kalian temukan dengan mudah karena tidak ada folder yang membagi sesuai jenisnya. 

Filmora tidak hanya bisa kalian gunakan di PC, karena kini sudah hadir juga versi mobilenya dengan nama Filmora Go.

5. Corel VideoStudio Ultimate

TechRadar

Buat kalian yang bingung memilih software editing video untuk PC, Corel VideoStudio adalah pilihan yang cocok untuk kalian. Software ini sangat cocok digunakan oleh para pemula, karena beragam fitur canggih seperti motion tracking, 4K support, 360-degree VR video support, 3D text editing, multi-cam support, dan masih banyak lagi.

Bukan hanya itu saja, dengan fitur yang hampir sama dibandingkan kompetitornya Adobe Premiere Pro software ini pun relatif lebih murah.

6. HitFilm Express

Softonic

Software editing video HitFilm Express ini bisa kalian download secara gratis dan cocok kalian gunakan di Windows ataupun Mac. Meskipun kalian bisa men download secara gratis, apabila ingin menambah fitur untuk aplikasi ini kalian perlu membayar.

Fitur-fitur yang menonjol dari software ini adalah auto-stabilization yang membuat footage menjadi stabil, color adjustment effect, dan GoPro FX reference effect.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer