8 Fungsi lain Es Batu untuk kebutuhan Rumah Tangga

Wajib Dibaca Juga!

Es batu punya beragam manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Biasanya es batu digunakan untuk minuman dingin, sehingga semakin menyegarkan saat diminum. Namun, bagaimana bila ternyata es batu memiliki banyak kegunaan lain dalam rumah tangga.

Nah, berikut beberapa manfaat lain dari es batu yang bisa kamu coba dalam kehidupan sehari-hari :

1. Membantu memanaskan nasi

Biasanya jika nasi mengering, kamu bisa Kembali memanaskannya di microwave bukan? Nah, ketika kamu sedang memanaskanya, kamu bisa menggunakan es batu yang diletakkan di atas nasi saat kamu memasukkannya ke dalam microwave. Es batu akan mencair saat nasi dipanaskan Kembali, hal ini dapat membuat nasi lembap dan Kembali pulen.

2. Untuk menyiram tanaman di pot gantung

Ketika menyiram tanaman di pot gantung yang susah dijangkau, biasanya kita menggunakan bangku atau tangga untuk membantunya. Manfaat es batu lainnya adalah kamu bisa melemparkan es batu ke dalam pot gantung tersebut dan es batu akan mencair dan menyirami tanaman. Hal ini juga tidak membuat hujan tiba-tiba dari lubang drainase pot gantung.

3. Menghilangkan lekukan di karpet

Manfaat es batu lainnya adalah ketika kamu harus menata ulang furnitur di ruang tamu, dan beberapa furniture diantaranya memiliki volume yang berat sehingga dapat meninggalkan lekukan jelek di karpet. Es batu dapat digunakan untuk menghilangkan lekukannya. Cukup ;etakkan es batu di tempat kursi, sofa, atau kaki meja berdiri. Biarkan meleleh, lalu sikat bagian lekukan pada karpet.

4. Membantu menghilangkan kerutan

Saat menyetrika pakaian seringkali pakaian penuh dengan kerutan, sementara kamu tidak mempunyai lebih banyak waktu untuk menyetrika. Solusinya, nyalakan setrika dan bungkus es batu dengan kain lembut. Gosok kerutan tepat sebelum kamu menyetrika dan pakaian akan menjadi halus. Hal ini disebabkan karena akan menghasilkan uap yang banyak dan pakaian jadi lebih mudah untuk disetrika.

5. Mengangkat permen karet dari pakaian

Manfaat es batu lainnya adalah permen karet yang menempel pada pakaian memang menjengkelkan. Namun tenang saja, cukup tempelkan es batu pada bagian pakaian yang terkena permen karet. Gosok hingga permen karet mengeras, lalu kerok dengan sendok.

6. Solusi saluran air yang sedikit mampet

Penumpukan lemak pada saluran air pencuci piring membuat pekerjaan menjadi tidak optimal. Dengan manfaat es batu yang dapat diterapkan dalam kehidupan rumah tangga, kamu cukup memasukan beberapa es batu ke dalam saluran pembuangan. Kemudian lemak akan menempel pada es batu dan membuat saluran air bebas residu.

7. Mengangkat lemak makanan

Manfaat es batu untuk kebutuhan rumah tangga lainnya yaitu bisa membantu mengangkat lemak pada makanan. Teknik ini sering digunakan untuk mengangkat lemak pada makanan yang berkuah dan memiliki kandungan lemak dari minyak, santan, atau sisa olahan daging.

Cukup taruh beberapa buah es batu ke centong sayur, kemudian tempel bagian bawah centong dingin ke permukaan air hasil rebusan daging yang sudah dingin. Nantinya lemak-lemak akan menempel ke centong dan lemak jadi lebih mudah dibuang.

8. Mendinginkan ruangan

Perangkat air cooler, dapat membuat es batu menjadi pengganti ice pack yang belum sempat kamu bekukan. Hal ini dapat bermanfaat sebagai pendingin suhu ruangan.

Nantinya es batu tinggal dimasukkan ke tangki air cooler, lalu nyalakan seperti biasanya sampai suhu ruangan menurun dan jadi lebih sejuk.

Itulah beberapa manfaat es batu yang lain dari penggunaan biasanya. Kamu bisa terapkannya dirumah lho!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer