Bahaya! Ini 5 Ikan Paling Mematikan di Dunia, Lebih Bahaya Dari Sianida

Wajib Dibaca Juga!

Tidak hanya hewan daratan yang bisa membahayakan dan mematikan untuk manusia. Namun, beberapa hewan yang hidup di air juga bisa sangat berbahaya untuk manusia.

Tidak hanya di laut, di sungai juga terdapat beberapa jenis ikan yang dianggap sangat berbahaya. Usahakan untuk sama sekali tidak berurusan dengan ikan-ikan ini sebab jika melakukan kesalahan kecil, hidup kalian bisa dalam bahaya. 

Ini adalah tujuh jenis ikan yang dianggap sebagai ikan mematikan di dunia, apa itu? Simak sampai habis!

1. Ikan Harimau

Shutterstock/Danny Ye

Ikan bernama Goliath Tigerfish ini adalah salah satu ikan ganas asli perairan air tawar Afrika. Bukan tanpa sebab, ikan ini disebut sebagai harimau laut karena kekuatan menyerangnya yang mengerikan.

Tak hanya itu, gigi taring milik ikan mematikan di dunia satu ini juga dapat mengoyak apapun di depannya. Meskipun memiliki tubuh yang kecil, ikan ini sama sekali tidak takut dengan buaya.

Menurut kesaksian penduduk area sungai Kongo, ikan ini juga ditemukan menyerang manusia. Tak tanggung-tanggung akibat serangan ikan ini bisa sangat berbahaya, bahkan bisa menyebabkan pendarahan hebat yang bisa  berujung pada kematian.

2. Piranha

Shutterstock/Alberto Loyo

Kalian mungkin pernah mendengar kabar-kabar soal piranha yang menakutkan, terutama di sungai-sungai yang dalam di hutan Amazon Brasil. Piranha tentu saja merupakan salah satu spesies ikan paling berbahaya di planet ini, tetapi banyak cerita yang terkadang dilebih-lebihkan. 

Faktanya, piranha adalah omnivora dan bisa memakan apa saja seperti yang dijelaskan di Livescience.com. Piranha juga memakan biji dan cacing tanah kecil yang ditemukan di dasar sungai. 

Beberapa spesies hanya hidup sebagai herbivora dan hanya makan tumbuhan yang hidup di dasar sungai. Namun, beberapa spesies lain sebenarnya adalah spesies ikan liar dan dengan senang hati akan memakan bangkai atau apapun yang masuk ke wilayah mereka.

3. Belut listrik

Shutterstock/tristan tan

Terdengar dari namanya, belut ini sangat berbahaya, apalagi saat keadaan terancam. Dilansir dari Scientific American, belut listrik dapat menghasilkan listrik dalam jumlah besar dari sistem saraf mereka yang sangat kompleks. 

Sebab berhabitat di air, mereka dapat menghasilkan arus listrik yang lebih kuat. Inilah sebabnya mengapa belut listrik dapat menyetrum buaya. 

Jika sedang dalam kondisi tenang, belut listrik menghasilkan arus yang sangat kecil, hanya membuat hewan-hewan di sekitar terkejut. Namun, ketika dalam keadaan terdesak atau terancam, belut listrik dapat  mengeluarkan listrik sebanyak mungkin, dan dapat membunuh predator lainnya.

4. Candiru

Shutterstock/guentermanaus

Ikan mematikan di dunia ada Candiru atau dalam bahasa ilmiah disebut Vandellia cirrhosa. Ini adalah ikan kecil yang biasanya menjadi parasit di insang paru-paru yang lebih besar darinya. Ikan ini berukuran kecil antara 1 hingga 5 cm saja.

BBC menuturkan bahwa ikan ini adalah ikan yang berbahaya, tetapi jarang menyerang manusia. Meski begitu, penyelam Amazon harus berhati-hati karena ikan ini bisa masuk tubuhnya dan menghisap darah seperti lintah.

Oleh karena itu, penyelam profesional di alam liar pasti akan membekali tubuh mereka dengan pakaian renang khusus.

5. Ikan buntal

Shutterstock/Pete Niesen

Ikan buntal adalah salah satu spesies ikan mematikan di dunia. Racun yang terkandung dalam ikan ini dapat ditemukan hampir di seluruh tubuh. Tidak hanya ikan lain, tetapi juga manusia yang memakan ikan ini cukup beracun dan bisa menyebabkan kematian. 

Namun, ikan ini banyak diperdagangkan dan diolah oleh koki profesional di beberapa negara Asia. Racun ikan buntal 1200 kali lebih beracun dari Sianida. Jangan coba-coba mendekati ikan ini apalagi memakannya!

Itulah beberapa ikan paling mematikan di dunia yang hidup di air tawar. Tetap perhatikan kelengkapan renang saat akan ingin menyelam di danau karena banyak bahaya yang mungkin di dekat kalian.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer