Hindari! Ini 5 Kesalahan Umum Saat Camping

Wajib Dibaca Juga!

Kegiatan camping adalah salah satu liburan yang santai dan sederhana. Ini juga kesempatan emas untuk mempererat hubungan kalian dengan keluarga atau orang terdekat. Dengan sedikit menjauh dari kebisingan kota dan mendekat dengan megahnya alam sambil tidur di bawah bintang-bintang, wah mengasyikan bukan?

Namun dibalik kesenangan itu, ada momen yang bisa membuatnya jadi kacau, lho. Alih-alih pergi untuk menenangkan pikiran, istirahat, dan rekreasi malah jadi pengalaman yang sangat tidak menyenangkan seperti kepanasan, kelaparan, kedinginan, dan lain-lain.

Meski bermalam di balik tenda, itu bisa membuat kalian tidur aman dan nyaman. Tapi untuk para pemula yang ingin melakukan kegiatan camping mungkin akan melakukan beberapa kesalahan saat camping.

Nah untuk itu berikut kita bahas 5 kesalahan saat camping yang sering dilakukan oleh para pemula. Simak sampai habis ya!

1. Salah pilih tempat

Saat melakukan kegiatan camping di alam terbuka kita akan lebih dekat dengan keadaan yang mungkin tidak membuat nyaman. Contohnya panas, hujan banjir, hewan lintah, jamur beracun, lumpur, dan masih banyak lagi. Banyak orang tidak paham bahwa pemilihan lokasi camping adalah hal yang sangat penting.

Sebelum memutuskan membentangkan tenda ditempat yang kalian pilih, pelajari terlebih dahulu ekosistem di sekitar lokasi seperti tumbuhan dan binatang (hewan buas). Kalian bisa mencari informasi ini di internet. Di beberapa tempat camping yang resmi biasanya akan ada informasi umum mengenai aturan-aturan, biaya, regulasi serta ekosistem flora fauna di sana.

Untuk pemasangan tenda kalian perlu memilih area tenda yang baik yaitu, memiliki peneduh (ranting atau pohon besar), rerumputan, dan tanah datar.

2. Persiapan seadanya

Salah satu kesalahan saat camping adalah banyak orang tidak mempersiapkan peralatan dengan baik. Ini tentunya sangat fatal sebab ini membuat liburan menjadi sangat tidak nyaman.

Kalian harus perhatikan beberapa poin, misalnya saja pilih ukuran tenda 2-3 kali lebih besar dari klaim kapasitas tenda dibanding dengan orang yang mengisi tenda tersebut. Misal tenda ukuran tiga orang dewasa, itu hanya bisa diisi satu orang saja sebab perlu meletakkan peralatan camping juga di dalamnya.

Bawa bantal, jika kalian memang tidak bisa tidur tanpa bantal. Peralatan tidur yang seadanya justru akan membuat kalian sulit tidur. Cek juga prakiraan cuaca untuk hari-hari untuk menyesuaikan baju yang akan dibawa. 

3. Mengandalkan GPS

Aduh! Ini sangat fatal sebab kalian akan camping di alam itu akan minim sinyal dan bisa jadi malapetaka! Oleh sebab itu, kalian perlu bawa kompas atau peta manual, untuk ini tentu saja kalian harus belajar bagaimana cara menggunakanya. 

4. Lupa bawa kotak P3K

Beraktivitas di lingkungan terbuka dengan berbagai kegiatan seperti hiking, lari atau tracking memungkinkan kalian terluka. Hindari kesalahan saat camping ini dengan membawa kotak P3K dengan isi salep dan perban.

Selain itu, bawalah persediaan obat-obatan seperti ibuprofen, benadryl, dan krim hydrocortisone. Kegita obat tersebut berguna untuk segala situasi, seperti sakit kepala, otot tertarik, gigitan serangga, hingga ruam kemerahan di kulit. Selain itu, jangan lupa membawa obat jika kalian punya penyakit khusus seperti diabetes atau darah tinggi.

5. Kekurangan makanan dan cairan

Sumber air bersih sulit ditemukan di alam liar. Oleh sebab itu, kalian bisa membawa tablet iodin atau filter, jika perlu, untuk menyaring air. Jangan mencoba untuk minum air kencing atau alkohol sekalipun kehabisan suplai air bersih. Urin bersifat diuretik, dan minuman alkohol, dapat menyebabkan kalian mudah kehilangan suhu tubuh. 

Jadi itulah beberapa kesalahan saat camping yang harus kalian tahu. Tetap utamakan keselamatan dan kesehatan saat camping. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat. 

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer