Jangan Salah! Begini Cara Merawat Kucing yang Benar

Wajib Dibaca Juga!

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang disukai banyak orang. Kehadiran hewan menggemaskan ini bisa menciptakan suasana baru di rumah para pemiliknya. Namun, untuk kalian yang memiliki kucing di rumah, tidak boleh sembarangan merawatnya.

Selain rumah dan makan, ada hal-hal yang juga harus diperhatikan dalam merawatnya. Pastikan kucing kalian terlindungi dari penyakit yang dapat membahayakan dirinya atau anggota keluarganya di rumah. 

Nah, untuk kalian yang memelihara kucing perlu kesetiaan dan kesabaran. Jadi bagaimana cara merawat kucing dengan baik? Tanpa basa-basi lagi, inilah jawabannya.

1. Berikan makanan yang tepat

Shutterstock/Veera

Untuk kalian yang baru akan merawat kucing, hal yang paling utama adalah harus mengerti kebutuhan nutrisi untuk kucing.

Beri kucing peliharaan kalian makanan yang berkualitas dan bergizi. Sebab, kucing membutuhkan taurin dan asam amino esensial agar mata dan jantungnya tetap sehat.

Karena kucing suka makan daging, kalian bisa memberi mereka makan daging, ikan, atau ayam. Bisa juga memberi makanan instan basah atau kering, yang banyak tersedia di toko hewan peliharaan atau toko perlengkapan hewan peliharaan. 

Namun, hindari memberi kucing coklat, anggur, kismis, bawang merah, bawang putih, kacang macadamia, alkohol atau xylitol, karena dapat menjadi racun bagi kucing.

2. Siapkan air untuk minum

Shutterstock/Creative Cat Studio

Satu hal yang tak kalah penting dalam cara merawat kucing yang benar adalah menyediakan air bersih. Pastikan untuk mencuci dan mengisi ulang wadah air kucing kalian setiap hari untuk menghindari infeksi kuman. 

Jika kucing kalian tidak ingin minum dari mangkuk, bisa coba menawarkan gelas yang lebih tinggi karena beberapa kucing tidak suka membungkuk untuk minum. Tips cara merawat kucing ini tidak kalah pentingnya.

3. Sikat Bulu Kucing Teratur

Shutterstock/Koltsov

Cara merawat kucing yang harus kalian tahu adalah menyikatnya secara rutin. Ini dapat membantu kalian menjaga bulu kucing agar tetap bersih, meminimalisir kerontokan, dan membersihkan bulu rontok.

Ini dapat dilakukan dengan  sisir yang lembut. Menyikat  secara teratur juga akan membantu kalian melihat perubahan pada tubuh kucing, seperti  benjolan atau bintik-bintik, yang mungkin perlu diperiksa oleh dokter hewan.

4. Menyiapkan rumah kucing

Shutterstock/Switlana Sonyashna

Kucing pasti punya tempat khusus untuk tidur dan istirahat. Nah, kalian bisa menyiapkan rumah atau tempat khusus untuk kucing. 

Kucing dapat ditutupi dengan selimut yang lembut dan hangat. Namun, pastikan untuk membersihkan rumah kucing secara teratur agar terhindar dari kuman.

5. Pastikan memiliki kotak pasir

Shutterstock/Svetlana Rey

Kucing membutuhkan kotak kotoran untuk digunakan sebagai toilet. Pastikan untuk meletakkannya di tempat yang tenang dan mudah dijangkau. Usahakan tidak memindahkan kotak, kecuali  benar-benar diperlukan. 

Kucing tidak mau menggunakan kotak kotoran yang kotor dan bau. Jadi, bersihkan kotoran di toilet tray setidaknya sekali sehari. Juga, saat merawat kucing rumahan, cuci kotak pasir dengan deterjen dan isi ulang kotak kotorannya seminggu sekali agar tetap bersih. 

6. Melatih kucing menggaruk tiang garukan

Shutterstock/Afiraz

Secara umum, kucing suka menggaruk sofa atau karpet. Hal ini dapat merusak perabotan di rumah. Karena itu, kalian harus melatihnya untuk menggaruk tiang garukan.

Selain mencegah cedera, ini juga dapat membantu kucing meregangkan otot dan menjaga cakarnya dalam kondisi prima.

Jadi itulah beberapa tips cara merawat kucing agar tetap sehat dan nyaman untuk kucing dan orang-orang di rumah. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk kalian.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer