Jepang Dikenal Sebagai Pemilik Transportasi Umum Terbaik Di Dunia, Ini Penjelasannya!

Wajib Dibaca Juga!

Jepang dikenal dengan transportasi umum terbaik di dunia. Jepang memiliki transportasi umum yang beragam dan merata di setiap kota Jepang. Untuk mengetahui apa saja transportasi umum dan bagaimana sistem yang diterapkannya. Yuk simak penjelasan berikut ini.

Sistem Transportasi di Jepang

Sistem perkeretaapian yang telah menjangkau keseluruh penjuru Jepang, jalan tol nasional yang sangat modern, serta transportasi udara di Jepang juga sangat maju dan sibuk. Hal ini telah dipikirkan oleh pemerintah Jepang dalam mobilisasi masyarakatnya.

Alasan Naik Transportasi umum di Jepang

Alasan utama harus naik transportasi umum di Jepang adalah karena ini cara paling mudah dan murah untuk berpindah tempat. Bisa dikatakan, kebijakan yang dikeluarkan pemerintah Jepang ini memaksa orang-orang yang ada di Jepang untuk menggunakan transportasi umum. Selain itu, tarif parkir dan tol juga dipasang dengan harga mahal. Hasilnya pun membuat masyarakat di Jepang lebih memilih menggunakan transportasi umum dibandingkan membeli mobil.

Cara Naik Transportasi Umum di Jepang

Bagi kamu yang baru pertama kali berkunjung ke Jepang tidak perlu khawatir akan tersesat dan salah naik angkutan umum di Jepang. Banyak petunjuk, artikel, arahan dan juga informasi yang bisa kamu peroleh untuk memandu perjalanan kamu selama di Jepang. Namun, alangkah baiknya jika kamu mempelajari sedikit Bahasa Jepang.

1. Shinkansen

Kereta peluru kebanggaan warga Jepang ini memang memikat bagi wisatawan. Naik Shinkansen tentunya tidak sama dengan naik kereta dalam kota atau subway. Pertama, tentukan dulu stasiun keberangkatan dan juga jadwal keberangkatannya. Kamu bisa memesan tiketnya melalui situs-situs resmi pemesanan tiket Shinkansen.

2. Subway

Subway juga merupakan transportasi umum di jepang yang mudah dan praktis. Subway dioperasikan oleh Tokyo Metro dan Toei Subway. Perbedaan dari dua perusahaan pengoperasian Subway ini adalah pada tarif dan destinasinya. Jika kamu menaiki transportasi umum satu ini, tidak semua stasiun dilalui oleh kedua perusahaan subway di atas. Misalnya, ada stasiun yang dilalui hanya oleh Toei Subway dan JR. Sedangkan ada juga yang dilalui oleh JR dan Tokyo Metro saja.

Pembelian tiketnya pun mudah, hanya melalui mesin tiket yang ada di stasiun dengan memilih destinasi yang dituju ataupun membeli kartu yang berisikan saldo.

3. Bus

Bus terkenal sebagai transportasi yang mudah dan murah sehingga cocok untuk turis yang berhemat. Cukup membeli kartu transportasi umum Jepang yang berisikan saldo, kamu bisa menaiki bus menuju destinasi di Jepang. Bus di Jepang bervariasi ada yang memiliki rute umum ataupun rute yang hanya melintasi area tertentu atau juga terdapat bus untuk keperluan tour ke tempat wisata.

4. Taksi

Transportasi umum di jepang satu ini memang terkenal sangat mahal. Namun, hal ini dapat membantu kamu ketika membawa banyak orang. Biasanya taksi berada di sekitar hotel ataupun stasiun yang menjadi tempat favorit untuk mangkal. Namun, ada juga taksi yang dapat dipesan secara online melalui aplikasi Uber dan LINE Taxi. Pembayaran taksi melalui layanan Uber hanya bisa dilakukan dengan kartu kredit. Sedangkan LINE Taxi dibayar dengan menggunakan LINE Pay.

Aturan Bertransportasi di Jepang

Aturan bertansportasi di Jepang sama halnya dengan yang ada di negara lainnya. Tentunya harus memiliki tiket, tidak merokok di dalam transportasi umum dan di tempat umum, menjaga kebersihan. Selain itu, utamakan penumpang yang turun, serta tertib dalam antrian juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Sebenarnya, aturan-aturan ini juga tertulis di stasiun atau terminal.

Kemudahan yang ditawarkan oleh pemerintah Jepang pada mobilitas masyarakatnya, membuat para pemula atau turis mancanegara yang baru berkunjung akan merasa aman dan nyaman. Semoga bermanfaat ya informasinya.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer