Keuntungan dan Kerugian Banyaknya Gunung Berapi di Indonesia, yuk simak!

Wajib Dibaca Juga!

Gunung berapi merupakan bentukan alam dari pecahan yang terjadi di bawah permukaan bumi. Sehingga patahan yang terjadi dapat mengeluarkan lava panas, abu vulkanik dan gas yang bisa keluar dari dapur magma yang terdapat di bawah permukaan bumi. Gunung berapi yang meletus juga dapat memicu tsunami, banjir bandang, gempa bumi, semburan lumpur dan bebatuan.

Para ilmuwan telah mengelompokkan gunung berapi menjadi tiga kategori utama: aktif, tidak aktif, dan punah. Gunung berapi aktif adalah gunung berapi yang baru-baru ini meletus dan ada kemungkinan akan meletus kembali dalam waktu dekat. Gunung berapi tidak aktif adalah gunung berapi yang belum meletus dalam waktu yang lama tetapi ada kemungkinan ia bisa meletus di masa depan. Gunung berapi yang telah punah adalah gunung berapi yang telah meletus ribuan tahun yang lalu dan tidak ada kemungkinan erupsi.

Selain dikenal dengan hancurnya hutan dan rumah tinggal, ternak yang mati, serta korban jiwa. Gunung berapi telah melakukan hal-hal luar biasa bagi Bumi seperti mendinginkan bumi untuk menghilangkan panas dari bagian dalamnya. Emisi vulkanik telah menghasilkan atmosfer dan air lautan.

Selain itu, endapan vulkanik juga digunakan sebagai bahan bangunan. Sebagian besar basalt dan diabase digunakan untuk batu pecah, seperti agregat beton, logam jalan, pemberat kereta api, butiran atap, dan riprap. Basal dan agregat diabase dengan denisitas tinggi juga digunakan dalam perisai beton reaktor nuklir. Beberapa diabase digunakan untuk batu granit.

Batu apung dan abu vulkanik digunakan sebagai abrasive, kebanyakan dibuat untuk produk sabun tangan dan pembersih rumah tangga. Nilai terbaik digunakan untuk memoles bagian logam sebelum dilapisi listrik, dan untuk pengerjaan kayu. Di zaman modern batu apung dan abu vulkanik juga digunakan untuk membuat semen untuk proyek konstruksi besar.

Keuntungan:

  1. 80% permukaan bumi diciptakan oleh gunung berapi seperti membetuk daratan atau bahkan dapat membentuk pulau.
  2. Abu vulkanik dapat membantu tanah menjadi subur.
  3. Beberapa orang menggunakan lava sebagai produk kecantikan yang dipercaya dapat membuat kulit mereka kencang dan terlihat lebih sehat dan lebih muda.
  4. Logam mulia ditemukan di dekat gunung berapi, karena gunung berapi memindahkan berlian dan logam ke permukaan.
  5. Bahan baku penambangan seperti berlian, sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan dalam bidang pertambangan.
  6. Pemandangan yang ditawarkan, membuat gunung berapi menjadi tempat wisata.
  7. Ledakan gunung berapi membebaskan karbon dioksida dan gas-gas lain yang pernah ada di tanah untuk membentuk atmosfer.
  8. Menyuburkan tanaman dengan menyebarkan abu, kaya nutrisi (fosfor, kalium, magnesium)
  9. Letusan gunung berapi yang dahsyat dapat menyebebakan terbentuknya lahan baru seperti, dasar samudera baru, pulau, dan perpanjangan garis pantai.
  10. Dapat menghasilkan Pasir hitam yang indah di pantai, karena lava panas bertemu air laut/pasir.

Kerugian:

  1. Gangguan pada pernapasan sering terjadi Ketika terjadi gunung berapi, hal ini karena diakibatkan oleh abu dan asap dari ledakan vulkanik.
  2. Lava bergerak dengan cepat dan menghancurkan segala yang ada di jalurnya.
  3. Memiliki gas beracun yang jauh lebih berbahaya daripada aliran lava.
  4. Letusan gunung berapi dapat menyebabkan korban jiwa.
  5. Orang-orang yang tinggal di kaki gunung berapi, mereka mempertaruhkan bahaya mereka.
  6. Aliran lava dapat mencemari sungai.
  7. Lava juga dapat mengubah suhu air di sungai sehingga dapat membunuh ikan dan hewan lain yang hidup di dalamnya.
  8. Tanah longsor vulkanik dapat hancur di dekat desa.
  9. Ledakan dapat mengirim potongan-potongan batu dan bagian atas gunung berapi terbang. Batuan ini bisa mendarat pada orang dan melukai mereka.
  10. Abu dapat menyumbat mesin mobil dan pesawat.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer