Lucu Banget! Ini 5 Jenis Kucing Persia yang populer di Indonesia

Wajib Dibaca Juga!

Kucing persia memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Hewan berbulu ini dikenal banyak orang sebagai salah satu kucing domestik dengan kelucuan dan sifatnya yang tenang. 

Mereka cukup ramah dan berinteraksi ramah dengan pemiliknya, meskipun mereka lebih suka berada di sekitar anak-anak. Sifat mereka sangat manja dan menggemaskan, mereka akan dengan senang hati duduk di pangkuan pemiliknya saat dibelai. 

Namun, merawat kucing satu ini membutuhkan lebih banyak tantangan dan perawatan, karena bulunya yang tebal dan panjang sering mudah rontok jika tidak dirawat dengan benar.

Jika kalian ingin memelihara kucing persia, yuk kenali beberapa jenis kucing Persia berikut ini!

1. Persia Bicolor

Shutterstock/ANURAK PONGPATIMET

Jenis kucing persia pertama ada Bicolor, yang tidak umum dan tidak mudah ditemukan. Kucing jenis ini lumayan sulit ditemukin karena sangat mencolok dan unik, bahkan jika kalian melihatnya, akan mudah untuk mengenali kucing ini, karena sangat berbeda.

Uniknya, kucing ini memiliki dua warna pola bulu di badannya. Kucing jenis ini juga memiliki mata yang istimewa, sebab kucing ini memiliki mata berwarna keemasan sehingga sangat mencolok dibandingkan jenis yang lain.

2. Persia Peaknose

Shutterstock/AZ Project

Jenis kucing persia selanjutnya ada persia Peaknose yang memiliki harga luar biasa. Namun, orang-orang tetap senang dan berlomba-lomba untuk bisa merawat jenis kucing ini.

Persis dengan namanya, kucing ini memiliki hidung kecil dan datar. Uniknya, makin kecil hidung kucing Peaknose ini maka harga jualnya juga semakin mahal, lho. Biasanya harga kucing ini dibanderol dengan harga kisaran Rp10 juta.

Ketika ingin merawat kucing ini, kalian juga harus memahami bahwa kucing ini memiliki daya tahan tubuh yang rentan. Bila dibandingkan dengan jenis lainnya, kucing ini harus rutin melakukan vaksinasi agar tidak cepat sakit.

3. Persia Medium

Shutterstock/Apipteguh Mustofa

Di Indonesia, persia Medium adalah salah satu spesies yang paling umum dan mudah ditemukan. Kucing tersebut memiliki ciri khasnya khusus. Dibandingkan dengan jenis lainnya, ia memiliki hidung yang tidak rata tetapi tidak terlalu lancip. 

Jenis kucing persia ini memiliki bulu yang sangat tebal dan panjang, sehingga kalian harus memperhatikannya lebih telaten agar tidak kotor dan mudah rontok. Meski perawatan ekstra tubuh perlu dilakukan, dari segi sistem kekebalan tubuh persia ini jauh lebih baik dari yang lain.

4. Persia Flat Nose

Shutterstock/Hyung min Choi

Jenis kucing persia Flat Nose adalah salah satu yang populer. Tidak hanya di Indonesia, kucing jenis ini juga populer hingga ke mancanegara, lho. Persis namanya, kucing ini memiliki ciri wajah yang unik dan mungil serta hidungnya kecil dan mukanya rata.

Spesialnya, kucing ini memiliki mata dan hidung yang sejajar lho. Bulu tebalnya juga perlu jadi perhatian juga kalian ingin merawat kucing jenis ini. Rajinlah dibersihkan agar terhindar dari kutu, perhatikan juga barang-barang di sekitarmu agar tidak pecah belah karena kucing.

5.  Persia Himalaya

Shutterstock/ecuadorplanet

Varietas yang satu ini juga  populer di tipe medium. Persia Himalaya mudah dibedakan dengan  pola warna pada wajah, kepala dan bagian tubuh lainnya. 

Bentuknya sangat menarik karena bagian kaki, wajah dan sebagian kepalanya berwarna gelap. Bulunya tebal dan panjang, sehingga membutuhkan perawatan yang lebih banyak, namun daya tahan tubuhnya  kuat dan sehat, bahkan persia Himalaya dikatakan bisa hidup hingga  15 tahun.

Jadi itulah beberapa jenis kucing persia yang lucu-lucu banget. Apakah kamu punya salah satunya? Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer